Nasi Langgi Pak Man di Jogja, Sudah Legendaris Sejak Tahun 1988

Advertisement

Benar memang, membahas kuliner Jogja seakan tidak ada habisnya. Ada saja sajian dari berbagai sudut Jogja yang bisa diulas. Mulai dari kuliner tradisional yang ditawarkan, hingga makanan kekinian dengan beragam inovasinya. Di sekitaran Kampung Pingit, ada tempat makan yang legendaris, namanya adalah Nasi Langgi Pak Man.

Tempat Makan yang Telah Dirintis Sejak 1988

Nasi Langgi Pak Man, via Instagram/jogjabikinlaper
Nasi Langgi Pak Man, via Instagram/jogjabikinlaper

Buat kamu pecinta makanan pedas, Nasi Langgi Pak Man ini jadi salah satu rekomendasi yang pantas untuk dicicipi. Warung nasi langgi ini dirintis oleh pasangan suami istri, Mugiman dan Wakinah.

Penamaan Nasi Langgi Pak Man memang mengambil nama panggilan dari Mugiman, yakni Pak Man. Lokasinya memang sederhana, namun telah menjadi jujukan banyak orang jika ingin mencicipi nasi langgi di Jogja.

Nasi Langgi Hidangan Ala Keraton

Nasi langgi murah meriah, via Instagram/jogjaculinary
Nasi langgi murah meriah, via Instagram/jogjaculinary

Nasi langgi adalah singkatan dari Nasi Menjelang Pagi. Karena itulah, tidak mengherankan jika tempat ini dijual pada malam hari sampai dini hari. Asalnya dari Solo yang merupakan hidanan Keraton berisikan nasi gurih yang disajikan dengan lauk pauk, seperti kering tempe, kedelai hitam, abon, srunderng, empal, dan ketinggalan lalapan. Enak sekali.

Nasi Langgi Versi yang Murmer (Murah Meriah)

Pilihan kuliner pedas Jogja, via Instagram/yuk.dolan.jogja
Pilihan kuliner pedas Jogja, via Instagram/yuk.dolan.jogja

Nasi langgi memang identik dengan hidangan Keraton. Namun untuk nasi langgi versi Pak Man ini dimodifikasi dengan harga yang murah meriah. Nasi langgi di sini dipadukan dengan bahan-bahan yang lebih murah, tidak menggunakan abon dan juga empal.

Jadi, untuk mengganti lauknya, ada beragam jenis yang bisa dipilih. Misalnya rica-rica tulang ayam, telur, oseng teri, dan juga gorengan.

Sudah memiliki cabang, via Instagram/kartika_yuswadi
Sudah memiliki cabang, via Instagram/kartika_yuswadi

Dalam satu porsi nasi langgi di sini ada nasi putih yang disajikan dengan aneka ragam lauk pauk. Misalnya oseng-oseng sayut, gorengan, kering tempe, oseng jamur, oseng teri, bihun dan lain-lain. Harganya mulai dari Rp5.000 saja. Kamu akan kenyang dengan uang yang tak seberapa.

Alamat Nasi Langgi Pak Man yang Legendaris

Rasa jawara, via Instagram/rickxs_
Rasa jawara, via Instagram/rickxs_

Nasi Langgi Pak Man ini berada di perkampungan padat penduduk di Kampung Pingit, Kelurahan Bumijo, Jogja. Patokannya, dari Toko Elektronik A Takrib ke utara kurang lebih 150 meter, warungnya sebelum jembatan. Bukanya mulai jam 16:00 hingga 22:00 WIB.

Warung makan ini telah memiliki cabang di Jl. Magelang Km. 4, buka mulai dari pukul 17:30 hingga 22:30 WIB. Siap melayani setiap hari, kecuali Minggu.

Jika ingin menikmati kuliner yang murah meriah dan legendaris, kamu bisa mencicipi ke Nasi Langgi Pak Man ini ya. Harga ekonomis dan rasa begitu menggiurkan.

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Jogja Nasi Langgi Pak Man
Share