Nasi Kucing ala Daerah – Daerah di Indonesia, Semuanya Murah dan Mengeyangkan

Advertisement

Tidak hanya Jogja, beberapa daerah di Indonesia ini ternyata juga memiliki nasi bungkus dengan porsi kecil khas daerah masing – masing. Hanya bermodalkan tidak lebih dari Rp. 10.000, pecinta kuliner bisa menjajal nasi kucing ini. Inilah 4 nasi kucing khas Indonesia. Selamat membaca !

Sego Angkruk, Ponorogo

Sego Angkruk via Instagram @jeber22

Selain sate ayam dengan bumbu khas Ponorogo, kabupaten ini juga dikenal karena sego angkruk-nya. Sego berarti nasi, sedangkan engkruk berarti ditumpangkan. Pecinta kuliner bisa menemukan Sego Angkruk di kawasan Pulung, yang memang asal mula nasi ini berasal. Awalnya panganan ini diperuntukkan bagi penduduk yang bekerja di hutan, karena praktis dan tahan lama. Sesuai dengan namanya, satu porsi Sego Angkruk berisi nasi kemudian lauknya ditumpangkan di atas nasi. Lauk Sego Angkruk biasanya sambal teri, ayam suwir, dan lauk lain sesuai selera penikmat nasi bungkus ini. Penjual Sego Angkruk biasanya juga menyediakan tempe goreng dan tahu goreng untuk pendamping.

Nasi Jinggo, Bali

Nasi Jinggo via Instagram @medyagustina

Nasi Jinggo merupakan nasi bungkus khas Bali. Satu porsi Nasi Jinggo berisi sedikit nasi ditambah ayam suwir, serundeng, tempe goreng, dan mie yang dibungkus oleh daun pisang. Harga satu porsi Nasi Jinggo hanya Rp. 3.000. Sangat ramah di kantong. Pecinta kuliner bisa menemukan penjual Nasi Jinggo di berbagai daerah di Bali seperti di kawasan Uluwatu, Denpasar. Ada pula penjual yang menyediakan Nasi Jinggo rasa sambal hijau, tentu pedasnya nikmat. Rata – rata penjaja panganan ini mulai membuka kedainya malam hari hingga dini hari. Sangat cocok dijadikan menu makan malam.

Sego Gegog, Trenggalek

Sego Gegog via Instagram @ibnu_maulana04

Sego Gegog memiliki kepanjangan Sego Genem Godhong Gedhang berarti nasi yang dibungkus daun pisang, merupakan makanan khas Trenggalek. Merupakan nasi yang belum tanak tapi sudah bisa dimakan kemudian ditambah sambal di atasnya.

Nasi Kucing Berbagai Daerah di Indonesia
Nasi Kucing Berbagai Daerah di Indonesia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Keistimewaan sego gegog terletak pada taburan parutan kelapa di atas lauk serta bungkusnya yang terbuat dari daun pisang. Pecinta kuliner bisa memilih varian sambal seperti sambal teri dan sambal tuna. Sego Gegog yang paling nikmat banyak ditemui di Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Sego Kucing, Jogja

Sego Kucing via Instagram @alfianchang

Nama nasi bungkus satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga pecinta kuliner. Sego kucing merupakan nasi bungkus khas Jogja yang pasti ditemui di angkringan. Memiliki porsi kecil dengan pilihan beraneka ragam lauk. Sego kucing di Jogja dewasa ini biasanya dibungkus menggunakan bungkus kertas walau ada beberapa angkringan yang menggunakan daun pisang. Pecinta kuliner bisa memilih berbagai lauk yang disediakan di angkringan ini, sebut saja sate usus, ceker ayam, sate telur puyuh, gorengan, dan lauk – lauk lain.

Teman traveler tidak perlu takut isi ATM terkuras ketika mengunjungi daerah yang telah diulas di atas, karena bisa makan nasi kucing yang super terjangkau. Selamat menikmati nasi kucing !

Advertisement
Tags
Bali Indonesia kuliner nasi Jinggo Nasi Kucing Sego Angkruk Sego Gegog Sego Kucing
Share