Nasi Krawu Buk Tiban, Pilihan Kuliner Melegenda di Gresik yang Buka 24 Jam

Advertisement

Nasi krawu merupakan salah satu dari kuliner Gresik yang banyak dicari. Perpaduan antara nasi putih dengan suwiran daging sapi atau juga jerohan akan membuat makan makin nikmat. Ada banyak tempak makan nasi krawu di Gresik, ada salah satu yang melegenda, adalah Nasi Krawu Buk Tiban. Apa istimewanya, ya?

Kuliner yang Sudah Ada Sejak Tahun 1979

Nasi Krawu Buk Tiban, via Instagram/ocha_roisah
Nasi Krawu Buk Tiban, via Instagram/ocha_roisah

Nasi Krawu Buk Tiban sudah sangat kondang di Gresik. Kenapa? Karena kehadirannya meramaikan dunia kuliner Gresik sudah sejak tahun 1979 yang lalu. Konon, pelanggan nasi krawu ini bahkan sampai istana kepresidenan RI. Padahal, lokasi pusatnya hanya menumpang di depan sebuah warung kopi sederhana.

Ciri Khas Nasi Krawu Buk Tiban

Menggugah selera, via Instagram/bagoes_aja84
Menggugah selera, via Instagram/bagoes_aja84

Ciri khas Nasi Krawu Buk Tiban ini adalah cita rasa nasinya yang sangat punel. Ditambah dengan suwiran dagingnya yang memiliki rasa pas dan nendang. Ditambah lagi dengan sambal petisnya yang benar-benar mantap, kombinasi yang ciamik antara cabai dan petis. Rasanya memang pas di lidah orang Jawa Timur, pedas dan ada sedikit manisnya.

Bikin air liur mengucur, via Instagram/dad_dish
Bikin air liur mengucur, via Instagram/dad_dish

Satu hal lagi yang membuat nasi krawu ini istimewa. Yakni penyajiannya dengan menggunakan daun pisang yang membuat aromannya harum. Jika ingin merasakan sensasi kenikmatan yang lebih nyata, kamu bisa tinggalkan sendok dan garpu kemudian menyantapnya dengan tangan. Mantap, kan?

Nasi Krawu Buk Tiban Buka 24 Jam

Kenikmatan yang tak bisa ditampik, via Instagram/thenekatchef
Kenikmatan yang tak bisa ditampik, via Instagram/thenekatchef

Selain menawarkan nasi krawu sebagai menu utamanya, tempat makan di Gresik ini juga menyuguhkan pilihan lain. Sebut saja ada Soto Madura, Rawon Balungan, dan lain-lain. Rasanya tak kalah nikmat kok. Asyiknya, tempat makan ini melayani selama 24 jam. Langsung saja datang ke Jalan Veteran No. 118 Gresik.

Informasi Umum Nasi Krawu Buk Tiban

Nasi Krawu legendaris, via Instagram/amazingindonesiafood
Nasi Krawu legendaris, via Instagram/amazingindonesiafood

Alamat pusat Nasi Krawu Buk Tiban ini sudah memiliki 4 warung. Baik itu yang berada di Gresik dan Surabaya. Alamatnya antara lain;

  • Jalan Veteran No. 118 Gresik (Buka 24 jam)
  • Jalan H Abdul Karim 49 Gresik
  • Jalan Kayun 33 Surabaya,
  • dan Jalan Perumahan Purimas Ruko B12/37 Surabaya.

Harganya juga tidak terlalu mahal. Satu porsi nasi krawu di sini dipatok harga Rp20.000 saja. Harganya berbeda jika tambah lauk yang lainnya.

Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun lamanya, tak salah jika Nasi Krawu Buk Tiban ini jadi salah satu favorit para wisatawan. Jangan sampai dilewatkan jika jalan-jalan ke Gresik, ya.

Advertisement
Tags
Gresik Indonesia Jawa Timur Kuliner Gresik Nasi Krawu Buk Tiban
Share