Nasi Kentut, Kuliner Unik Khas Medan yang Khasiatnya Bikin Terkejut

Melisa

Melisa

On Indonesia
Kuliner Medan, Nasi Kentut

Selain wisata, Indonesia diperkaya dengan kuliner khas. Nama, penyajian, hingga rasanya yang unik menjadi daya tarik bagi turis untuk datang dan mencoba sendiri. Sebut saja nasi goreng yang sangat terkenal di luar negeri. Belum lagi yang ekstrim seperti kuliner sate ulat dan belalang goreng. Namun, ada satu lagi yang bikin penasaran, yaitu Nasi Kentut. Wah, apa itu?

Kenapa Diberi Nama ‘Kentut’?

Ilustrasi Nasi Kentut Medan [image source]
Saat traveling ke Medan, rasanya rugi jika tak mencicipi sendiri bagaimana rasanya Nasi Kentut. Kenapa ya diberi nama yang jorok? Ternyata alasannya ada pada cara memasak yaitu dengan menggunakan daun sembukan yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera. Daun tersebut digunakan sebagai camuran nasi, kemudian dibungkus dengan daun pisang saat dibakar. Aromanya pun sangat khas dan menggoda.

Nasi Kentut
Nasi Kentut [image source]

Makanan Khas Medan dengan Banyak Khasiat

Nasi Kentut, Medan
Nasi Kentut, Medan [image source]
Ada banyak manfaat yang terkandung dalam daun sembukan. Di antaranya cukup bagus untuk sariawan dan juga penyakit lambung. Ada juga rempah lain, seperti kunyit yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yang membedakan Nasi Kentut dengan kuliner lain adalah lauk yang ada di dalamnya. Ada beragam pilihan, seperti ikan pepes, ayam goreng, bahkan ikan teri. Mirip dengan dengan Nasi Kucing yang biasa kamu temukan di Angkringan Jogja, ya?

Ilustrasi Nasi Kentut Medan [image source]

Teman Nasi Kentut

Campuran nasi kentut
Campuran nasi kentut [image source]
Tak hanya lauk sebagai isian yang membuat hidangan ini menjadi lebih enak. Agar cita rasanya semakin sempurna, biasanya disajikan dengan berbagai sambal sebagai teman santap. Di antaranya ada sambal hijau yang sudah identik dengan Sumatera, juga ada sambal terasi yang aromanya sangat menggoda. Harga dari kuliner Medan ini sangat terjangkau, yaitu berkisar dari Rp5.000 hingga Rp15.000 saja. Wah, bisa habis banyak porsi, nih.

Ilustrasi Nasi Kentut Medan [image source]

Kuliner Legendaris Medan Enak Lainnya

Mie Balap Wahidin
Mie Balap Wahidin [image source]
Kuliner Medan memang tak perlu diragukan kenikmatannya. Ada banyak pilihan makanan enak yang menarik untuk dicoba satu per satu. Di antaranya ada Mie Balap yang berlokasi di Jalan Wahidin. Meski hanya dengan modal gerobak sederhana, pelanggannya selalu penuh dan memaksamu untuk antri. Karena sudah buka sejak jam 6.30 pagi, kamu bisa menggunakan menu ini untuk sarapan. Jangan datang terlalu siang kalau tak mau kehabisan, ya.

Mie Balap Wahidin, Medan
Mie Balap Wahidin, Medan [image source]

Wisata Sejarah yang Ada di Medan

Istana Maimun, Medan
Istana Maimun, Medan [image source]
Medan adalah surga bagi pecinta fotografi. Ada banyak bangunan lawas yang cantiknya tetap berkelas di segala zaman. Di antaranya Istana Maimun yang berada di Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid. Jangan lupa juga untuk berpose di depan rumah Tjong A Fie yang klasik nan indah. Medan juga memiliki salah satu masjid terindah di Indonesia, Wah, kamu akan butuh memori handphone atau kamera yang besar nih untuk menyimpan foto-fotomu.

Tjong A Fie Mansion, Medan
Tjong A Fie Mansion, Medan [image source]
Nasi Kentut

Lokasi: Jln. Wahidin No.24, Medan

Nah, catat ini baik-baik agar tak lupa saat berkunjung ke Medan, ya! Siapkan perut kosong dan juga banyak kostum keren untuk foto-foto. Bagaimana, jadi kapan nih mau berangkat?