Nasi Empal Terlezat di Jogja dan Magelang, Bikin Ngiler Deh

Advertisement

Gudeg merupakan salah satu kuliner Jogja yang khas. Dari pinggir jalan hingga restoran mewah, makanan ini selalu disajikan sempurna dan menggoda mata. Namun, yang enak tidak hanya Gudeg. Kamu perlu coba nasi empal yang juga legendaris. Wah, lalu di mana saja sih kedai empal paling populer di Jogja dan Magelang?

Empal Mbok Wignyo

Sop Empal Mbok Wig Jogja
Sop Empal Mbok Wig Jogja [image source]
Jalan-jalan ke Tugu Jogja, tapi telat sarapan? Atau bingung mencari makan siang saat ke sini? Coba saja mampir ke Warung Makan Mbok Wigno yang terkenal legendaris di dekat kawasan tersebut. Bukan seperti warung biasanya, kedai yang berada di gang kecil ini memiliki menu enak yaitu sop empal berupa nasi berkuah yang ditaburi suwiran empal bacem dan aneka lauk lainnya. Kamu pun bisa memilih sendiri menu sesuai dengan seleramu. Soal harga murah meriah dan rasanya dijamin bikin ketagihan.

Sop Empal Mbok Wig
Sop Empal Mbok Wig [image source]
Lokasi : Jl. Laksda Adisucipto Gg. Abimanyu (belakang Bank Mandiri, seberang Lippo Plaza), Yogyakarta
Jam Buka : 07.00 – 15.00
Harga : mulai Rp8.000,-

2. Warung Bu Warno

Warung Bu Warno
Warung Bu Warno [image source]
Selain Warung Mbok Wignyo, ada satu lagi tempat makan yang legendaris di Jogja dengan menu empal. Kedai tersebut bernama Warung Bu Warno yang berada di Pasar Beringharjo. Dibuka sejak tahun 1967 dan telah diwariskan pada anak cucuknya. Pun demikian, rasanya tidak pernah berubah dan tetap enak. Selain empal goreng yang menjadi andalannya, di sini juga terdapat menu lain seperti iga, babat, dan juga paru goreng. Sambalnya juga bermacam-macam dari korek hingga bumbu petis. Nah, jika sedang berkunjung ke Pasar Beringharjo, kamu wajib mampir ke kedai di lantai dua ini, buka dari pukul 08.00 pagi hingga sore hari.

Warung Bu Warno Jogja
Warung Bu Warno Jogja [image source]
Lokasi : Pasar Beringharjo Lantai 2 (Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta)
Telepon : 0274-552936 / 0274-7133267
Harga : Rp 17.000

3. Sop Empal Yoeni

Sop Empal Yoeni
Sop Empal Yoeni [image source]
Jalan-jalan di Jogja, paling enak menyantap makanan yang menyegarkan. Seperti sop campur dengan kuah gurih di Warung Yoeni. Tidak hanya bihun dan potongan bawang merah goreng yang menggoda, empal di sini juga terkenal lezat. Karena itu pula, warung yang juga menyediakan aneka lauk lainnya tersebut selalu ramai hingga jam 2 siang. Nah, jika kamu berniat untuk berburu kuliner ke sini, lebih baik berangkat saat pagi menjelang siang agar tidak kehabisan.

Sop Empal Yoeni, Jogja
Sop Empal Yoeni, Jogja [image source]
Lokasi : Jl. Prof. Dr. Sardjito, Beberapa Puluh Meter Dari Perempatan AM Sangaji Arah UGM, Yogyakarta
Harga : Rp 23.000

4. Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal Muntilan Magelang
Sop Empal Muntilan Magelang [image source]
Tidak hanya Jogja, Magelang juga memiliki tempat berburu kuliner empal enak dan legendaris. Bertempat di daerah Muntilan, kedai sederhana yang tidak pernah sepi pengunjung ini bernama Warung Sop Empal Bu Haryoko. Dipadukan dengan satu mangkuk sop bihun, rasa dari empalnya empuk dan rempahnya sangat terasa. Saat berburu makanan di sini, kamu pun bisa memilih sop paru-paru goreng yang tidak kalah enak. Yang jelas, jika berkunjung ke Borobudur, kamu wajib menyantap makanan di sini. Selain rasanya mantap, lokasinya juga dekat dan hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Candi.

Sop Empal Muntilan
Sop Empal Muntilan [image source]
Alamat: Veteran No.9, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56411
Telepon: 0812-2775-770
Jam buka: 06.00–15.00

Tekstur daging yang empuk memang membuat siapapun jatuh cinta. Tidak heran, beberapa kedai di atas tidak pernah sepi pengunjung. Nah, liburan ke Jogja dan Magelang jangan hanya mencari Gudeg, coba juga nasi dan sop empal yang menggiurkan.

Advertisement
Tags
kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share