4 Museum Bersejarah di Jakarta, untuk Wisata Sambil Puasa

Advertisement

Puasa bukan berarti menjadi halangan untuk berwisata. Justru dengan berkegiatan seperti itu, ibadah puasa terasa lebih singkat. Namun pemilihan destinasi juga harus diperhatikan. Jangan sampai memilih destinasi yang malah menguras tenaga, museum dapat menjadi salah satu pilihannya. Berikut ini adalah empat museum bersejarah di Jakarta yang dapat kamu kunjungi sembari berwisata.

1. Museum Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah tampak depan via instagram
Museum Fatahillah tampak depan via instagram/@katie.one

Museum Sejarah Jakarta menjadi tempat yang tepat jika ingin melihat sejarah Jakarta dari masa prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta pada tahun 1527. Museum yang dikenal dengan Museum Fatahillah ini terletak di Kawasan Kota Tua Jakarta. Tempat yang penuh dengan benda sejarah ini menempati gedung Balai Kota zaman Belanda, dengan arsitektur klasik perpaduan gaya Eropa, Tiongkok dan Indonesia.

2. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti di sore hari via instagram
Museum Taman Prasasti di sore hari via instagram/@dienansilmy

Beberapa orang menggemari genre dark tourism, yaitu tipe wisata yang identik dengan tempat-tempat tragedi, bencana, dan kematian. Museum Taman Prasasti adalah salah satu destinasi yang tepat dikunjungi traveler jenis tersebut. Dulu tempat ini bernama Pemakaman Kebun Jahe Kober, makam Belanda seluas 5,5 hektar. Namun jenazah yang ada di sini telah dipindahkan sejak tahun 1970-an. Meski begitu, kamu tetap dapat menemukan nisan-nisan megah yang masih tertata dengan rapi.

3. Museum Bank Indonesia

Bangunan Museum Bank Indonesia yang megah via instagram
Bangunan Museum Bank Indonesia yang megah via instagram/@soimahrachma

Di dalam museum ini, pengunjung bisa melihat perjalanan sejarah bangsa dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat higga terbentuknya Bank Indonesia di tahun 1953. Penyajian koleksi dan pemaparan sejarah yang dikemas sedemikian rupa dengan display elektronik, membuat tempat ini menarik. Koleksi-koleksi mata uang juga bisa ditemukan lengkap di dalam Museum Bank Indonesia.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Bagian Museum Seni Rupa dan Keramik tampak depan via instagram
Bagian Museum Seni Rupa dan Keramik tampak depan via instagram/@ppmidkijakarta2017

Letaknya ada di sebelah kiri dari Museum Fatahillah. Museum ini memajang keramik lokal dan internasional, serta lukisan dari karya pelukis ternama Indonesia seperti Raden Saleh. Sebelumnya tempat ini adalah bangunan yang dipergunakan sebagai pusat pemerintahan dari masa pendudukan Jepang hingga tahun 1967. Baru pada tahun 1976, Presiden Soeharto meresmikan tempat ini sebagai Gedung Balai Seni Rupa.

Berwisata saat puasa tentu dapat menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan. Museum adalah salah satu tempat yang dapat masuk dalam itenerary-mu. Destinasi yang berada di dalam ruangan tentu saja tidak membuat badanmu terpapar matahari. Punya rencana pergi ke mana saat puasa?

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta Museum Wisata
Share