Museum Barli, Surganya Karya Seni Milik Seniman Sejati

Advertisement

Bandung terkenal sebagai kota kreatif. Ini terbukti dari banyaknya seniman yang lahir di Bandung. Salah satunya adalah Barli Sasmitawinata yang kini karya-karyanya dipajang di sebuah museum. Namanya adalah Museum Barli. Banyak sekali hal istimewa yang dapat kalian temukan di sini. Kalau tak percaya, bisa simak ulasan berikut.

Perkenalan Barli Sasmitawinata

museum barli
Lambang Kodam III/Siliwangi merupakan karya Barli Sasmitawinata (c) Listya Dara/Travelingyuk

Barli Sasmitawinata adalah seorang maestro seni lukis Indonesia. Sebagai seorang pelukis, Barli dan kawan-kawan berperan untuk membuat visualisasi berita dan karya-karya untuk meningkatkan semangat para pejuang pada zaman dulu. Tidak hanya itu, beliau juga membuat sketsa untuk lambang Kodam III/ Siliwangi, yaitu kepala harimau yang bertahan sampai saat ini.

Lokasi dan Tiket Masuk

museum barli
Bagian depan museum (c) Listya Dara/Travelingyuk

Museum Barli terletak di Jalan Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukasari, Bandung. Museum ini buka setiap Senin sampai Sabtu dari pukul 10.00 sampai
17.00. Untuk masuk ke sini, Teman Traveler cukup membayar Rp20.000.

Pengunjung Bisa Belajar Seni

museum barli
Karya seni buatan anak (c) Listya Dara/Travelingyuk

Selain sebagai museum, bangunan ini juga digunakan untuk belajar
seni. Di ruangan ini kalian bisa melihat berbagai karya anak-anak. Mulai dari lukisan di dinding sampai dengan seni dari tanah liat.

dscf9383_resize_1_gNY.jpg
Lukisan karya anak-anak (c) Listya Dara/Travelingyuk

Apabila beruntung, kalian bisa melihat prosesnya secara langsung. Anak-anak awalnya akan diminta membuat karya berdasarkan tema, barulah setelah melewati beberapa tahapan, mereka akan belajar pola dan teknik lainnya.

Bisa Nostalgia dengan Mainan Zaman Dulu

dscf9426_resize_17_J1J.jpg
Mainan dari masa ke masa (c) Listya Dara/Travelingyuk

Masih di lantai yang sama, masuk ke bagian belakang terdapat dua sayap
ruangan. Di sayap sebelah kanan, kalian akan menemukan beragam mainan dari masa ke masa. Ada mobil-mobilan, action figure, kartu, komik, sampai game console.

dscf9405_resize_44_QHB.jpg
Koleksi pahlawan super (c) Listya Dara/Travelingyuk

Untuk penyuka action figure, berbahagialah kalian di sana. Pasalnya, ada banyak sekali tokoh-tokoh pahlawan super yang dikoleksi. Baik dari dalam negeri seperti Gundala atau bahkan luar negeri seperti Spiderman.

Ada Galeri Lukisan Keluarga Barli

dscf9413_resize_74_v9C.jpg
Ruang lukisan karya anak Barli (c) Listya Dara/Travelingyuk

Beralih ke sayap sebelah kiri, Teman Traveler akan melihat deretan
lukisan dan karya lain dari anak-anak Barli. Semuanya indah dengan keunikan masing-masing. Dari sini sudah sangat menjelaskan, kalau darah seni memang mengalir turun temurun sampai ke anak dan cucunya.

Ada Ruangan Sang Maestro

dscf9438_resize_89_IK9.jpg
Ruangan sang maestro (c) Listya Dara/Travelingyuk

Di lantai paling atas, terdapat ruangan Sang Maestro. Di dalamnya terdapat profil Barli, beragam karya yang beliau buat, foto, dan berbagai penghargaan yang beliau peroleh. Namun, ada aturan penting yang perlu kalian perhatikan saat masuk ke sini. Yaitu dilarang memotret karya dalam jarak dekat.

Terdapat Cafe untuk Nongkrong dan Kumpul Komunitas

dscf9455__1__resize_45_qDg.jpg
Suasana di Cafe Barli (c) Listya Dara/Travelingyuk

Setelah puas berkeliling museum, ada baiknya mampir ke Cafe Barli. Di sini kalian bisa melepas penat sejenak dengan nyaman serta suasana yang menyenangkan. Kalian juga bisa berfoto-foto ria di sana, lantaran semua spotnya sangat instagenic. Ada sofa berwarna-warni, tempat duduk dari batang pohon, hingga kursi unik.

dscf9463_resize_60_lde.jpg
Nasi Goreng Tuna (c) Listya Dara/Travelingyuk

Untuk menunya, ada bermacam-macam. Salah satunya adalah Nasi Goreng Tuna yang tidak boleh kalian lewatkan. Rasanya enak dan porsinya cukup banyak. Sehingga kalian tidak akan rugi.

Itulah ulasan mengenai Museum Barli. Jika Teman Traveler berkunjung ke
Bandung, jangan lupa untuk mampir ke sini.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor museum barli Wisata
Share