Mie Khodon Teluk Betung Lampung, Kuliner Legendaris Setia Menemani Selama Hampir 60 Tahun

Kalau mendengar kata Lampung, apa sih yang terbersit di benak Teman Traveler? Mungkin ada yang kepikiran Way Kambas, ya? Tempat tersebut memang tersohor dengan gajahnya. Tidak hanya itu, Teman Traveler harus cobain salah satu kuliner Lampung legendaris yaitu Mie Khodon Teluk Betung. Memang apa keistimewaanya? Yuk, dibaca dulu ulasan berikut.

Mie Khodon Teluk Betung Berdiri Sejak Tahun 1960an

Gerai Mie Khodon Teluk Betung via Instagram @kurir_mkr
Gerai Mie Khodon Teluk Betung via Instagram @kurir_mkr

Mie Khodon berlokasi di Jalan Ikan Bawal Nomor 22, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung. Tempat kuliner satu ini memang terbilang legendaris. Mereka sudah setia menemani para pelanggannya selama hampir 60 tahun. Saat ini, pengelolanya adalah generasi ketiga dari sang pemilik.

Mie dan Bahan Baku Dibuat Sendiri

Mie dan Bahan Baku Bikin Sendiri via Instagram @aji_suryanto
Mie dan Bahan Baku Bikin Sendiri via Instagram @aji_suryanto

Mie Khodon sendiri merupakan sajian mie dengan diameter tebal, yang kurang lebih mirip dengan bakmie Jawa. Namun tentu ia mempunyai keistimewaan yang membuatnya bertahan hingga saat ini.

Salah satunya adalah bahan baku mie basahnya diolah sendiri, tanpa pengawet buatan. Jadi aman, deh. Bumbu khas Mie Khodon adalah bumbu udang kering. Sudah terbayang bagaimana rasanya?

Sejarah Dinamai Khodon

Mie Kuah via Instagram @kuliner_lampung
Mie Kuah via Instagram @kuliner_lampung

Ternyata ada cerita menarik dibalik penamaan Khodon. Dahulu sang pemilik berjualan keliling di area Teluk Betung pada tahun 1960an. Orang-orang di sana memanggilnya dengan sebutan Khodon. Sejak saat itulah, kuliner legendaris ini disebut Mie Khodon Teluk Betung. Namun mereka sudah tidak jualan keliling, melainkan menetap di sebuah gerai.

Menyantap Mie Khodon Teluk Betung

Mie Goreng via Instagram @fajrinherris
Mie Goreng via Instagram @fajrinherris

Gerai kuliner ini menyediakan beberapa varian, seperti mie rebus, mie goreng, bihun rebus, dan bihun goreng. Menu di sini juga halal, kok. Teman Traveler tidak usah khawatir mengenai budget yang harus dikeluarkan. Harganya sekitar Rp20 ribuan. Cukup terjangkau, bukan? Saat hari biasa gerai ini buka mulai jam 13.00.

Kalau pengin cobain harus cepat-cepat karena saking ramainya, pukul 18.00 saja biasanya sudah habis. Teman Traveler tidak usah khawatir nyasar, tinggal tanya saja ke orang sekitar karena tempatnya terkenal. Setelah makan, jika mau sekalian berwisata boleh mampir ke Vihara Amurwa Bhumi Graha, yang indah dan punya beberapa spot foto menarik.

Siapa, nih, yang sudah pernah cobain kelezatan Mie Khodon Teluk Betung? Bagaimana menurut Teman Traveler? Layak untuk diulangi, kan. Kalau wisata kuliner ke sana, maunya mengajak siapa?

Tags
Bandar Lampung Indonesia kuliner Kuliner Legendaris Lampung Mie Khodon Teluk Betung
Share