Mercusuar Sembilangan, Spot Fotogenik di Bangkalan

Advertisement

Indonesia dikenal sebagai surganya pulau-pulau yang indah. Selain Bali yang sudah dikenal luas, tanah air kita ini masih memiliki Belitung yang eksotis atau Karimun Jawa yang dikenal dengan lautnya yang super jernih. Selain itu, ada juga Pulau Madura yang memiliki pesona sendiri yang tak kalah indah. Ditambah, belakangan makn banyak wisata yang bisa dieskplore dari wilayah yang satu ini. Ini dia salah satunya.

Peninggalan Bersejarah yang Fotogenic

Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan [image source]
Wisata yang satu ini tak bisa dibilang baru, namun keindahan bangunan dan pemandangannya membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Adalah Mercusuar Sembilangan, sebuah peninggalan jaman Belanda yang sudah berdiri selama kurang lebih 137 tahun lamanya. Tak hanya indah dipandang, mercusuar ini juga masih berguna sesuai fungsinya, yaitu memberi penerangan dan navigasi bagi kapal-kapal yang berlayar di selat Madura.

Spot wisata fotogenic, Mercusuar Sembilangan
Spot wisata fotogenic, Mercusuar Sembilangan [image source]

Pemandangan Laut dari Ketinggian

Pemandangan dari puncak Mercusuar
Pemandangan dari puncak Mercusuar [image source]
Mercusuar ini terdiri dari 17 lantai, di mana lampu besar terdapat di tingkat tertingginya. Menaiki tangga hingga sampai tingkat 16 memang sangat melelahkan, namun pemandangan yang akan disajikan di atas akan membuatmu terpana dan melupakan linu-linu di kaki. Ada jendela yang menghadap luar di setiap lantai. Kamu bisa berhenti kapan saja dan menikmati pemandangan Selat Jawa dan sekitarnya dari ketinggian. Jangan mengunjungi wisata ini saat malam hari. Konon, ada banyak cerita horor yang terjadi di sini, lho.

Pemandangan dari ketinggan Mercusuar Sembilangan
Pemandangan dari ketinggan Mercusuar Sembilangan [image source]

Akses Mudah dan Murah Meriah

Sekitar mercusuar Sembilangan
Sekitar mercusuar Sembilangan [image source]
Mercusuar ini berada di Jalan Sembilangan, Socah, Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Lokasinya berada sekitar 6 KM dari Kota Bangkalan. Tak perlu khawatir, jalur ini sudah bagus dan ramai sehingga nyaman untuk dilewati. Tidak ada tarif yang ditetapkan sebagai tiket masuk. Cukup bayar parkir sekitar 3 ribu rupiah, kamu sudah bisa puas menikmati pemandangan sekitar yang membuat terpana dan foto-foto di setiap sudutnya. Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkunjung. Kamu juga bisa menyaksikan langit sunset berwarna oranye yang seksi. Bahkan jalanannya pun sangat eksotis dan mendorongmu untuk berpose. Murah dan indah, bukan?

Jalanan menuju Mercusuar Sembilangan
Jalanan menuju Mercusuar Sembilangan [image source]

Kuliner Bangkalan yang Mantap

Tajin Sobih khas Bangkalan
Tajin Sobih khas Bangkalan [image source]
Jalan-jalan sambil makan-makan itu wajib hukumnya. Di Madura, kuliner yang paling dikenal adalah bebek Sinjay. Namun, selain itu ada banyak makanan khas Bangkalan yang bisa dicicipi dan mungkin tidak ditemukan di daerah lainnya. Salah satunya adalah Tajin Sobih yang bisa dicoba di Jl. RE. Martadinata 24, Bangkalan. Seporsinya kisarannya hanya kisaran 4 ribu rupiah, lho. Selain itu, ada juga Kaldu Kokot, yaitu sop kikil yang dilengkapi dengan kacang hijau. Kamu bisa mencicipi ini di JalanArif Rahman No. 13, Bangkalan.

Kaldu Kokot khas Bangkalan
Kaldu Kokot khas Bangkalan [image source]

Wisata Sekitar Terjangkau Lainnya

Bukit Jaddih Bangkalan
Bukit Jaddih Bangkalan [image source]
Acara hunting foto memang sangat menyenangkan dan rasanya tak cukup di satu tempat saja. Setelah puas jepret-jepret di Mercusuar Sembilangan, bisa langsung menuju salah satu wisata paling hits di Madura saat ini, yaitu Bukit Jaddih yang masih berlokasi di Soceh, Bangkalan. Jangan lupakan juga untuk mampir dan menyaksikan keindahan Masijd Agung Bangkalan Raya yang megah dan tentu saja, fotogenic.

Masjid Agung Bangkalan
Masjid Agung Bangkalan [image source]
Nah, percaya kan kalau Madura juga termasuk pulau eksotis yang wajib masuk daftar destinasi liburanmu? Bagaimana, siapa nih yang sudah berkunjung ke tempat-tempat indah di atas?

Advertisement
Tags
Bangkalan Indonesia Jawa Timur Madura Spot Foto
Share