Kuburan Pesawat di Dasar Laut Hawaii Jadi Spot Menyelam Populer

Advertisement

Jika kamu penyuka olahraga menyelam dan punya tabungan yang cukup ada baiknya mencoba mencari tantangan baru dengan menyelami laut di Hawaii. Di sana ada spot menyelam khusus para profesional yang menawarkan safari laut melihat dari dekat bangkai pesawat terbang zaman Perang Dunia II plus belut laut raksasa.

Menyelam adalah salah satu kegiatan menarik yang biasa dilakukan di laut. Berbeda dengan snorkeling yang menggunakan perairan dangkal dan tidak perlu skill khusus. Diving butuh pelatihan bahkan ada semacam SIM untuk menyelam. Kamu bisa masuk puluhan meter di dalam air dan menemukan biota laut yang lebih beragam.

Puing-puing pesawat tempur F4U Corsair di perairan Oahu [image source]
Puing-puing pesawat tempur F4U Corsair di perairan Oahu [image source]
Salah satu spot diving yang tengah hits di dunia saat ini adalah di Oahu, Hawaii, Amerika Serikat. Di dalam laut pulau ini terdapat serakan bangkai kapal perang yang sebagian besar memang sengaja ditenggelamkan di sana setelah perang usai. Namun ada satu jenis pesawat yang memang jatuh secara alami, yaitu pesawat tempur F4U Corsair. Pesawat ini dikabarkan mengalami gagal mesin sebelum akhirnya jatuh ke laut di tahun 1948. Bangkainya bisa kamu lihat lewat tayangan video di bawah ini.

Dari berbagai sumber yang dikumpulkan Travelingyuk, bangkai pesawat ini tenggelam di kedalaman 32 meter di dalam perairan yang memiliki arus yang sangat kuat. Itulah kenapa hanya penyelam profesional saja yang diijinkan untuk melakukan diving ke sana. Setiap penyelam yang akan ke lokasi tenggelamnya pesawat ini masih harus berpegangan tali jangkar agar tidak terbawa arus. Dan durasi yang diperbolehkan untuk menyelam hanya 16 menit saja.

Pemandangan menakjubkan langsung terlihat saat berada di lokasi tenggelamnya pesawat zaman Perang Dunia II ini. Saking lamanya kerangka pesawat sebagian besar telah ditumbuhi terumbu karang. Bagian dalamnya juga telah disulap menjadi rumah bagi aneka binatang laut salah satunya adalah belut laut dengan berbagai ukuran.

Penyelaman di Oahu, Hawaii [image source]
Penyelaman di Oahu, Hawaii [image source]
Ini pula yang menarik perhatian penyelam untuk datang ke sana. Di samping mereka ingin melihat bangkai pesawat legendaris, mereka juga ingin melihat langsung belut laut raksasa jenis moray yang konon tinggal di bagian kokpit pesawat. Penyelam dilarang melihat belut dari dekat karena agresif dan bisa menyerang. Spot diving di Oahu ini juga menjadi destinasi fotografi bawah laut favorit para penyelam. Tertarik ke sana?

Advertisement
Tags
Amerika Serikat Hawaii menyelam Oahu Pesawat Terbang PD II
Share