Tradisi Aneh di Cina, Melukis di Tubuh Kerbau!

Advertisement

Melukis dengan media tubuh manusia atau biasa disebut dengan body painting sudah biasa dipertontonkan namun di Cina terdapat sebuah tradisi yang unik, yaitu melukis di tubuh kerbau. Tradisi unik dan aneh ini merupakan acara tahunan yang di adakan di Jiangcheng County.

Setiap bulan Mei, di Jiangcheng county, Cina mengadakan sebuah kompetisi melukis di tubuh kerbau. Kompetisi ini bertaraf internasional, pada tahun lalu kegiatan ini diikuti oleh seniman dari delapan negara. Kota yang menjadi tuan rumah acara tahunan ini adalah kota Pu’er.

Kompetisi Bodypainting Kerbau (c) ChinaDaily
Kompetisi Bodypainting Kerbau (c) ChinaDaily

Selama tiga tahun terakhir kota ini mengadakan kompetisi body painting ternak dan kebetulan acara terakhir pada tahun 2014 lalu bertepatan dengan peringatan 60 tahun berdirinya Jiangcheng County.

Setiap tim yang terdiri dari 3 sampai 7 seniman diwajibkan untuk melukis sembarang gambar di tubuh kerbau. Hadiah yang diperebutkan lumayan besar yaitu sekitar $16.042 atau sekitar 200 juta rupiah. Sapi-sapi yang dilukis paling indahlah yang akan jadi pemenangnya.

Kompetisi melukis tubuh kerbau ini diadakan setiap tahun di Jiangcheng county, Cina (c) ChinaDaily
Kompetisi melukis tubuh kerbau ini diadakan setiap tahun di Jiangcheng county, Cina (c) ChinaDaily

Lukisan pada kerbau ini sebenarnya adalah tradisi kuno di Jiancheng. Tradisi ini bermula dari kisah sebuah legenda yang hidup di masyarakat setempat. Legenda itu menceritakan bahwa pada zaman dahulu ada sekelompok kerbau yang diserang oleh harimau besar saat mereka sedang merumput di ladang.

Harimau berhasil menangkap satu kerbau sedangkan sisanya melarikan diri dan bersembunyi di kubangan berlumpur dekat lapangan. Banteng yang tubuhnya dipenuhi lumpur menjadi terlihat sangat menakutkan sehingga membuat harimau takut dan melarikan diri.

Body painting di binatang ternak sudah ada sejak dahulu di wilayah Jiangcheng county (c) China Daily
Body painting di binatang ternak sudah ada sejak dahulu di wilayah Jiangcheng county (c) ChinaDaily

Sejak saat itulah para penduduk setempat mulai melukis tubuh binatang ternak mereka untuk menjaganya dari predator. Tradisi ini kemudian berkembang dan menjadi festival populer yang diadakan setiap tahun untuk merayakan panen dan menghormati ternak.

Advertisement
Tags
Budaya China Luar negeri
Share