Indahnya Medana Bay Marina Lombok yang Kini Jadi Pelabuhan Yacht Internasional

Advertisement

Industri pariwisata Lombok, khususnya di area Utara, dipastikan bakal semakin berkembang di masa mendatang. Selain punya banyak objek wisata alam menarik, akses menuju sana kini kian mudah. Menteri Perhubungan baru saja menetapkan Medana Bay Marina Lombok sebagai pelabuhan yacht berlevel Internasional.

Itu artinya Medana Bay Marine menjadi satu-satunya pelabuhan laut di NTB yang mendapat hak melakukan proses keluar masuk turis, mulai dari urusan keimigrasian, bea cukai, hingga menjadi port master. Sebelumnya, yacht atau kapal pesiar yang ingin mengunjungi Lombok harus masuk dulu lewat Maluku, NTT, atau Bali.

Biasa Jadi Tempat Singgah Yacht

Barisan yacht di Medana Bay Marina
Barisan yacht di Medana Bay Marina via Instagram medanabaymarina

Medana Bay Marina mulai berdiri sejak 2009 dan memiliki luas sekitar 6 ribu meter persegi. Masih ada kemungkinan besar untuk mengembangkannya di masa mendatang, karena tempat ini masih memiliki tanah cadangan dengan luas mencapai lima hektar.

Meski awalnya belum dikukuhkan sebagai pelabuhan yacht Internasional, Medana Bay sudah biasa menjadi tempat persinggahan untuk sejumlah kapal wisata yang ingin menuju Australia maupun Selandia Baru. Menurut sejumlah sumber, mereka rata-rata menampung sekitar 90 yacht tiap tahunnya.

Suasana di sekitar Medana Bay Marina
Suasana di sekitar Medana Bay Marina via Instagram sahrulaviz24

Pada 2012 silam, pemerintah Indonesia sempat mengadakan event Sail Morotai yang diikuti oleh 133 yacht dari 18 negara berbeda. Medana Bay Marina menjadi lokasi persinggahan ratusan kapal tersebut dan sekaligus membawa tak kurang dari 300 wisatawan berkunjung ke Lombok Utara.

Akomodasi Nyaman Untuk Turis

Resort di sekitar Medana Bay Marina
Resort di sekitar Medana Bay Marina via Instagram antung_rj

Keberadaan Medana Bay Marina hampir bisa dipastikan bakal semakin menggairahkan geliat pariwisata di Lombok. Tak hanya sekedar menyediakan lokasi ‘parkir’ untuk yacht, mereka juga punya fasilitas akomodasi nyaman untuk para turis. Tarif yang dikenakan per malamnya berkisar antara 450 hingga 650 ribu rupiah.

Para tamu akan mendapatkan fasilitas seperti akses Internet WiFi gratis, sarapan, laundry, pemesanan taksi, dan juga tiket. Bagi yang tertarik mencoba hidangan khas Indonesia, bisa langsung meluncur ke Sailfish Cafe. Selain hidangan lezat, pemandangan yang ditawarkan juga indah karena kafe menghadap ke arah laut.

Banyak Kegiatan Menarik

Pemandangan Medana Bay Marina dari udara
Pemandangan Medana Bay Marina dari udara via Instagram martin_hardiono

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Medana Bay Marina. Salah satunya adalah menyewa sepeda untuk mengeksplor air terjun Gangga, yang letaknya cukup dekat dari sini. Biaya sewanya hanya sekitar 50 ribu rupiah per hari.

Bagi yang menyukai petualangan bahari, bisa menjajal beberapa spot snorkeling di sekitar sini. Jika ingin menjelajah lebih jauh, bisa menyewa speed boat dengan biaya 100 ribu per orang. Kapal dari hotel siap mengantarkan pengunjung ke spot snorkeling manapun yang diinginkan.

Lokasi Pas Hasilkan Foto Menawan

Pengunjung berfoto di Medana Bay Marina
Pengunjung berfoto di Medana Bay Marina via Instagram lombokboy

Meskipun tak memiliki yacht atau sedang tak menginap di Medana Bay Marina, biasanya tetap saja ada turis yang mengunjungi tempat ini. Mereka rata-rata ingin melihat langsung deretan yacht sedang diparkir. Rata-rata ada juga yang langsung menuju ke dermaga untuk mengambil beberapa foto.

Pemandangan di sekitar Medana Bay Marina memang indah. Pemandangan hamparan lautan dan gunung begitu memanjakan mata. Apalagi ketika matahari terbenam, sungguh membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Dan pastinya, bakal mudah menghasilkan foto mengesankan untuk diunggah di media sosial.

Itulah tadi sekilas mengenai kabar gembira yang baru saja datang dari Medana Bay Marina. Bagi yang sedang mencari akomodasi unik atau haus akan spot foto menarik di Lombok Utara, jangan ragu untuk datang ke lokasi satu ini.

Advertisement
Tags
Lombok Nusa Tenggara Barat Wisata
Share