Begini Kuliner yang Disantap oleh Pilot di Pesawat

Advertisement

Kokpit sudah seperti sebuah tempat rahasia di pesawat. Meski para penumpang dihadapkan pada berbagai hal di kabin, mereka tidak tahu menahu tentang apa yang terjadi di dalam kokpit. Ada banyak aturan yang diberlakukan demi keselamatan seluruh awak. Termasuk dalam hal makanan yang disantap oleh pilot dan co-pilot. Seperti apa penjelasannya? Simak ulasan berikut.

1. Menu-menu yang Dihindari oleh Pilot

Pilot sedang menyantap makananannya
Pilot sedang menyantap makananannya via Reddit

Menu dan bahan pembuatan makanan benar-benar disiapkan dengan baik dan sesuai dengan kondisi tubuh para pilot. Menu yang bisa menyebabkan sakit perut seperti hidangan mentah, pedas juga dihindari. Ada juga maskapai yang menyediakan menu makanan kelas satu untuk pilot. Sedangkan co-pilot mendapatkan jatah makanan kelas bisnis.

2. Pilot dan Co-Pilot Memakan Menu yang Berbeda

pilot dan Co-Pilot
pilot dan Co-Pilot via Time

Sebagian maskapai penerbangan memiliki aturan sendiri-sendiri terkait kuliner apa yang boleh dimakan oleh pilot dan co-pilot sewaktu berada di dalam pesawat. Salah satunya adalah menu yang berbeda antara pilot dan co-pilot. Hal itu diterapkan juga untuk alasan keselamatan. Jika ada yang salah dengan bahan makanannya sehingga menyebabkan keracunan, maka tidak semuanya berada dalam bahaya. Masih ada pilot atau co-pilot yang mampu mengambil alih penerbangan dan meminta bantuan.

3. Kasus Pilot Keracunan Makanan

Menu makanan untuk pilot
Menu makanan untuk pilot via blog.klm.com

Peristiwa pilot keracunan makanan selama ini jarang terjadi karena memang aturannya ketat. Namun di tahun di tahun 1982 ada awak pesawat mulai dari pilot, co-pilot, hingga pramugari yang jumlahnya mencapai 12 orang keracunan bersamaan setelah menyantap makanan. Saat itu mereka sedang terbang dari Boston ke Lisbon. Kemudian kasus serupa terjadi lagi pada tahun 2010 dengan dua pilot asal Inggris menjadi korban keracunan dalam penerbangan mereka.

4. Aturan yang Sama untuk Awak Pesawat Lainnya

Menu yang berbeda untuk awak pesawat dan penumpang
Menu yang berbeda untuk awak pesawat dan penumpang via The Independent

Aturan yang sama juga diterapkan untuk para awak pesawat. Menu makanan yang mereka santap berbeda dengan hidangan untuk penumpang. Tujuannya untuk menghindari keracunan masal dalam pesawat. Sebuah kasus terkait hal itu terjadi pada Februari 1975. Saat itu ada 196 penumpang pesawat Japan Airlines yang terbang dari Tokyo ke Paris jatuh sakit. Mereka mengalami keracunan setelah memakan omelet yang terkontaminasi bakteri. Pada saat itu pilot yang tidak memakan menu tersebut berhasil selamat dan dapat mendaratkan pesawat dengan aman

Itulah beberapa informasi terkait aturan makanan yang diterapkan oleh maskapai penerbangan kebanyakan. Kamu sudah tidak penasaran lagi kan pada santapan para pilot di dalam kokpit pesawat?

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia PEsawat
Share