Deretan Makanan Khas Tanjung Selor Siap Manjakan Traveler, Ada Kepiting Soka Yang Paling Lezat!

Advertisement

Dimanapun berada, kuliner memang menu wajib ketika liburan. Tanpa kuliner, liburan akan terasa hambar bahkan tidak bergairah. Tanpa berfikir panjang, teman traveler pastinya menyusun jadwal liburan dengan menyisipkan wisata kuliner ditempat tujuan. Tidak hanya dikota besar, didaerah ujung nusantarapun akan menyuguhkan kelezatan kulinernya. Rasa yang khas dengan bumbu racik yang lezat memberikan traveler makin semangat melahapnya.

Nah, ketika kamu berkunjung ke Tanjung Selor, Bulungan, ada baiknya kamu mencicipi makanan khas yang menggugah selera. Ada apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut!

Tudai

Orang Kalimantan Utara memang lebih suka mengolah makanan berbahan dasar ikan laut. Wajar saja jika daerah pemukiman penduduk Kalimantan Utara lebih dominan berada dekat dengan pesisir pantai. Urusan kuliner ada menu populer dari Tanjung Selor yaitu Tudai. Tudai adalah sejenis kerang yang memiliki daging yang cukup tebal. Warna cangkang lebih kehitaman dan sedikit warna jingga. Kerang jenis ini banyak ditemukan didaerah Bulungan.

Tudai makanan khas Tanjung Selor
Tudai makanan khas Tanjung Selor. Foto via cookpad.com

Sajian Tudai biasanya cukup di rebus dan disantap langsung, namun ada banyak bumbu masakan untuk memasak Tudai seperti rica-rica, pedas manis, saus padang dan sebagainya.

Sate Ikan Pari

Sate adalah makanan populer dari nusantara, dan sangat familiar terbuat dari daging ayam ataupun kambing. Di Tanjung Selor, kamu akan menemukan sate berbahan dasar ikan pari. Sebelum dibakar, daging ikan pari ini akan dibaluri dengan bumbu rempah-rempah yang dicampur dengan kecap manis dan madu.

Sate ikan pari salah satu makanan khas Tanjung Selor yang paling dicari traveler
Sate ikan pari salah satu makanan khas Tanjung Selor yang paling dicari traveler. Foto via bosmeal.com

Sate ikan pari ini hanya dapat kamu temukan di Tanjung Selor saja, jadi selagi mampir ke kota ini sangat wajib mencicipi sate pari.

Lawa

Dari sejarahnya, Tanjung Selor terlahir dari kerajaan Bulungan. Dimana kerajaan ini selalu menghidangkan makanan Lawa untuk jamuan para raja. Hingga kini Lawa tetap menjadi makanan populer Tanjung Selor.

Lawa merupakan makanan khas Tanjung Selor yang turun temurun sejak Kerajaan Bulungan
Lawa merupakan makanan khas Tanjung Selor yang turun temurun sejak Kerajaan Bulungan. Foto via ngetren.com

Lawa merupakan jenis makanan yang berbahan dasar rumput laut yang disertai timun. Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dengan kelapa yang disangrai. Untuk menambah aroma dan cita rasa yang gurih, masyarakat Tanjung Selor menambahkan dengan udang-udangan ataupun kerang.

Nasi Subut

Nasi Subut menjadi berbeda dari nasi pada umumnya adalah warna yang keunguan. Selain bahan dari nasi, ada beberapa potongan jagung yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah khas Tanjung Selor. Dari bumbu inilah nasi Subut menjadi semakin lezat.

Nasi Subut dengan warna keunguan yang terbuat dari campuran ubi ungu
Nasi Subut dengan warna keunguan yang terbuat dari campuran ubi ungu. Foto via sonora.com

Biasanya warga Tanjung Selor menikmati nasi Subut dengan tambahan lauk seperti udang, sate ikan pari ataupun Tudai yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Tumis Kapah

Sesuai namanya, sajian masakan ini berbahan dasar kerang kapah. Kerang yang berbentuk pipih ini biasa didapatkan diperairan Kalimantan Utara. Daging yang empuk dan kenyal ini memberikan rasa terkesan juizy. Urusan bumbu, jangan khawatir, warga Tanjung Selor akan memberikan bumbu rempah pilihan yang paling lezat.

Tumis Kapah berbahan dasar kerang yang dimasak dengan bumbu ala seafood
Tumis Kapah berbahan dasar kerang yang dimasak dengan bumbu ala seafood. Foto via parasayu.net

Selain kerang kapah memiliki kandungan protein yang tinggi, kamu hanya dapat menemuinya di Tanjung Selor. Jadi, jangan sampai tidak mencicipi satu masakan ini ya ketika kamu melipir ke Ibu kota Kalimantan Utara.

Kepiting Soka

Siapa yang tidak suka makanan lezat satu ini yaitu Kepiting Soka. Kepiting ini biasanya dapat kamu temukan di restoran seafood kota kota besar di nusantara. Namun siapa sangka makanan lezat dan tergolong mahal ini menjadi makanan favorit banyak penduduk di Tanjung Selor.

Kepiting Soka menjadi sajian paling lezat dari makanan khas Tanjung Selor
Kepiting Soka menjadi sajian paling lezat dari makanan khas Tanjung Selor. Foto via pergikuliner.com

Bagi warga Tanjung Selor, Kepiting Soka memang sangat mudah didapatkan. Bagi pengunjung yang berpergian ke Tanjung Selor, menjadi riang gembira ketika menyantap Kepiting ini lantaran harga yang murah meriah dan dapat dengan mudah ditemukan. Olahan bumbu kepiting soka seperti saus tiram, pedas manis, saus padang, dan masih banyak bumbu khas daerah Tanjung Selor.

Banyak sekali resto-resto dan warung makanan yang menjajakan masakan satu ini. Kamu bisa mendapatkan untuk sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Jangan lupa suguhkan dengan minuman jeruk hangat ya!

Advertisement
Tags
kuliner Kalimantan Utara Kuliner Nusantara Kuliner Seafood Wisata Kuliner
Share