5 Makanan Khas Jepang yang Kepopulerannya Tak Terbantahkan

Advertisement

Kepopuleran thai tea hingga es kepal milo memang tak terbantahkan. Dua jenis makanan yang berasal dari luar negeri ini sukses menarik perhatian banyak kalangan. Namun, siapa sangka jika banyak kuliner lain yang namanya hits dan tetap tenar hingga saat ini. Beberapa di antaranya merupakan makanan khas Jepang. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut.

1. Sushi

Ilustrasi Sushi
Ilustrasi Sushi via instagram/@sushifansbogota

Makanan khas Jepang yang terdiri nasi dan lauk yang dibentuk. Lauknya beragam, mulai dari makanan laut, daging, hingga sayuran mentah. Untuk pas di lidah orang Indonesia, ada varian sushi yang menggunakan lauk matang. Rasanya nikmat, apalagi dicampur dengan cuka, garam dan gula. Jumlah rumah makan yang menawarkan menu ini juga banyak. Tinggal pilih mau di mana makannya.

Sushi
Sushi via instagram/@kobe.h.murakami

2. Okonomiyaki

Okonomiyaki Enak
Okonomiyaki Enak via instagram/@simplisiogroup

Pecinta kuliner Jepang pasti tak asing lagi dengan okonomiyaki. Jajanan ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan adonan yang berisi campuran air, sayuran, daging dan ikan. Adonan tersebut dipanggang di atas plat besi. Tak lupa tambahan saus di atasnya. Di Indonesia, okonomiyaki juga disajikan dengan siraman mayones. Rasanya istimewa dengan dominan daging yang nendang di lidah.

Okonomiyaki
Okonomiyaki via instagram/@loofytoons

3. Ramen

Ramen Hitam
Ramen Hitam via instagram/@foodnotestories

Satu menu lain yang tak kalah menyedot perhatian dan tetap difavoritkan hingga saat ini. Apalagi kalau bukan ramen, mie kuah Jepang yang berasal dari Cina. Rebusan mie ini biasa disajikan dalam mangkuk yang telah berisi kuah kaldu. Ada tambahan daun bawang agar membuatnya makin menggugah selera. Di Indonesia, kamu bisa menemukan makanan ini dibanyak tempat. Tak hanya berisi mie dan kuah, tapi ada tambahan telur, jamur, dan potongan daging. Teksturnya mienya juga lembut. Ada yang yang warna putih, kuning, bahkan hitam. Rasanya, tak jauh beda dengan aslinya.

Ramen
Ramen via instagram/@duniakulinerbdg

4. Takoyaki

Takoyaki Enak
Takoyaki Enak via instagram/@alvingunawann

Seperti okonomiyaki, sangat mudah menemukan takoyaki di Indonesia. Apalagi kota-kota besar. Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang berasal dari Osaka. Bentuknya seperti bola dengan diameter 3-5 cm yang terbuat dari adonan berisi potongan gurita. Tak hanya itu, ada campuran tepung tempura dan bawang yang dipanggang di atas teflon. Sajiannya juga menarik karena diolesi saus dan mayones. Kemudian ditaburi rumput laut dan ikan bonito kering.

Takoyaki
Takoyaki via instagram/@vincenttbudiman

5. Dorayaki

Dorayaki Enak
Dorayaki Enak via instagram/@japonshop_oficial

Pecinta kartun Doraemon pasti tak asing lagi dengan camilan satu ini. Yap, dorayaki merupakan makanan kesukaan Doraemon. Kemunculannya di kartun ini membuat banyak orang mengenalnya. Di tanah air, jajanan ini cukup mudah ditemukan. Sajiannya dibuat menarik yang pas dengan selera orang Indonesia. Apalagi kalau bukan berisi cokelat atau keju. Bagaimana, pasti pernah coba kue tradisional Jepang satu ini kan?

Dorayaki
Dorayaki via instagram/@foodbloggeritaliani

Nah, itulah makanan khas Jepang yang kepopulerannya tak terbantahkan. Jadi, mana nih yang menjadi favoritmu?

Advertisement
Tags
Indonesia jepang kuliner Jepang
Share