Tips Bayar Biaya Liburan Untuk Mahasiswa Dengan Uang Saku Minim

Advertisement

Banyak orang yang gagal jalan-jalan karena beralasan tidak memiliki dana yang cukup. Hal yang serupa juga menjadi keluhan anak kuliahan. Jika Anda salah satu dari mereka namun ingin tetap bisa traveling maka yang harus kamu lakukan adalah duduk manis dan baca dahulu tips berikut ini.

Manfaatkan masa kuliahmu dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Bukan hanya pendidikan formal namun juga menambah wawasanmu dengan melihat dunia luar yang begitu indah. Mumpung masih muda juga, traveling adalah hal yang wajib dilakukan. Berikut tips traveling buat anak kuliahan.

1. Kumpulkan Dana Melalui Cara Menabung

Mulai sekarang catat semua pengeluaran dan pemasukanmu, dengan begitu kalian akan tahun pos-pos mana saja yang bisa dipangkas anggarannya sehingga uang bisa kalian hemat. Uang saku yang diberikan orang tua tiap bulan jangan sampai dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting.

Kadang, Terlalu Banyak Menyombongkan Diri Bikin Orang Lain Malas Lho
Menabung dan Salah Satu Cara Hemat: Kerja Kelompok di Kampus atau Rumah Teman saja!

Usahakan memiliki rekening bank, sehingga setiap ada kelebihan uang langsung saja simpan di sana. Minimalisir membawa uang tunai karena cenderung membuatmu ingin menghabiskannya. Jika bisa jangan menaruh kartu ATM di dompet karena ini juga bisa membuatmu ingin menarik uang terus. Dengan begitu dana akan terkumpul dengan sendirinya.

2. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memangkas pengeluaran. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memilih kos-kosan biasa yang murah. Tidak usah memilih yang mahal yang penting nyaman untuk ditinggali. Ingat tujuan kamu untuk belajar bukan pindah rumah.

Libur Dulu Jajan Mewahnya, Gantikan Dengan Kaki Lima yang Tak Kalah Lezat! [via instagram]
Kebiasaan jajan di kafe, merokok, nonton bioskop, belanja, makan di restoran adalah sebagian kebiasaan yang membuat pengeluaranmu menggunung. Kurangi sikap konsumtif seperti itu dijamin dana yang harusnya buat kegiatan tadi bisa kalian tabung untuk traveling.

3. Pilih Kuliah di Luar Kota

Alasan untuk memilih kuliah di luar kota adalah agar kamu lebih bebas. Tapi perlu kalian ingat bahwa bebas itu harus bertanggung jawab. Kalian tetap belajar yang rajin dan berperilaku yang baik karena jika itu tidak kalian lakukan, tidak dijamin orang tuamu akan mengijinkan kamu kuliah di luar.

di Bandung Banyak Hotel yang Instagram-able dan Murah!
Ngekos Membuatmu Belajar Mengatur Keuangan

Keuntungan lain dengan kuliah di luar kota adalah kamu bisa saja jalan-jalan mengeksplor kota tempat kamu kuliah. Apalagi tempat kuliahmu adalah daerah yang memiliki tempat wisata yang terkenal. Cara ini bisa menghemat pengeluaranmu dibanding harus berangkat dari kota asalmu terlebih dahulu.

4. Cari Kerja Sampingan

Sebagai mahasiswa tentu kalian memiliki pemikiran yang jauh lebih dewasa ketimbang anak sekolahan. Jika tidak memiliki uang sudah sedikit malu kalau harus meminta orang tua terus. Caranya adalah dengan mencari kerja sampingan.

Kan Prinsipnya, Bersakit-Sakit Dahulu Baru Bersenang-Senang kan?

Banyak perusahaan atau rumah makan di kota-kota besar yang menyediakan lowongan kerja paruh waktu yang bisa kalian ambil namun tidak mengganggu jadwal kuliah. Dari sini pundi-pundi rupiah bisa terkumpul. Tidak perlu malu jika harus menjadi pelayan restoran, yang penting pengalamannya dulu.

5. Rencanakan Tempat Tujuan Dengan Cermat

Jadwal masuk kuliah tidak sepadat waktu di SMA, kadang dalam seminggu hanya masuk lima hari saja. Sisanya bisa kalian gunakan untuk jalan-jalan, tidak usah terlalu ambisius ke luar negeri dulu deh, tempat di Indonesia juga banyak yang belum kalian kunjungi dan viewnya tak kalah keren dari luar negeri.

Gunung Atau Pantai? [via Instagram]
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merencanakan tempat tujuan. Caranya tinggal googling saja, cari tempat wisata yang sesuai dengan dana yang sudah terkumpul. Jika masih tidak punya uang juga, ikut saja temanmu yang pulang kampung dan menginap di sana. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya dan bisa diajak jalan-jalan sama temanmu ke tempat wisata di daerahnya.

Kuliah tetap nomor satu tapi jalan-jalan juga penting. Percaya atau tidak waktu terbaik untuk traveling adalah saat kalian kuliah sebab jika sudah bekerja kalian akan lebih sulit lagi mencari waktu luang.

Advertisement
Tags
Road Trip Pakai Motor traveling naik motor
Share