Lumens Kopi Masjid, Punya Aturan Dilarang Pacaran!

Advertisement

Bandung memang tidak ada habisnya membawa kebaruan. Di kota ini tepatnya di dalam kawasan Masjid Salman ITB berdiri sebuah kedai kopi bernama Lumens Kopi Masjid. Dari namanya saja sudah membuat penasaran. Lantas, bagaimana bagian dalamnya ya? Simak ulasan berikut.

Berada di Dalam Kawasan Masjid Salman ITB

lumens kopi masjid
Pelanggan kafe (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lumens Kopi Masjid sejatinya sudah berdiri sejak tahun 2017, namun ketika itu masih berupa booth kecil dilengkapi dengan dua buah meja. Barulah sekitar bulan September 2019, Lumens bekerjasama dengan Wakaf Corner diberikan izin menggunakan area di dalam kawasan masjid Salman ITB dengan desain yang manis.

Faidhan Noe’man pemilik kedai ini menuturkan, “Saya rasa kedai dengan kualitas kopi yang sudah disajikan dengan menggunakan mesin espresso dan berada di dalam kawasan masjid masih Lumens Kopi satu-satunya di Indonesia”. 

Terinspirasi dari Blue Mosque Turki

lumens kopi masjid
Bagian luar kedai kopi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Faidhan mengungkapkan mengenai tujuan dirinya mendirikan Lumens Kopi Masjid. Menurutnya dari zaman Rasullah, Masjid berfungsi sebagai titik temu. Ini karena tempat tersebut ramai dengan aktivitas perdagangan, tempat bertemunya orang-orang, tempat berbagi ilmu pengetahuan dan mengembangkan pendidikan. 

Faidhan pun melanjutkan lagi, “Lumens Kopi Masjid terinpirasi dari Blue Mosque yang ada di Turki, saya membayangkan kedai ini akan menghidupkan suasana di kawasan Masjid Salam ITB dengan berdatangannya para pelanggan. Masjid tidak sebatas berfungsi sebagai tempat beribadah”. 

Lokasi Kedai Kopi

lumens kopi masjid
Bagian dalam kedai kopi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lumens Kopi Masjid berada di dalam kawasan Masjid ITB, tepatnya di Jl. Gelap Nyawang No.4, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Teman Traveler akan sangat mudah menemukan lokasi kedai kopi ini. Berada di lokasi yang strategis, Lumens Kopi Masjid berupaya menjangkau mahasiswa-mahasiswa kampus ITB, memfasilitasi mahasiswa tempat yang nyaman untuk belajar, saling bertukar ilmu ataupun berorganisasi.

Tidak Boleh Merokok dan Pacaran di Kawasan Masjid

n_pelanggan_lumens_kopi_masjid_c47.jpg
Suasana di dalam kedai kopi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada aturan yang otomatis terbentuk ketika Teman Traveler berkunjung ke Lumens Kopi Masjid. Dikarenakan kedai kopi ini berada di dalam kawasan masjid, pelanggan tidak diperbolehkan untuk merokok dan pacaran. Jadi, bisa dibilang kedai kopi ini suasananya sangat kondusif.

Ada Menu Unik

hojicha_latte_dan_lumpur_surga_rwb.jpg
Lumpur Surga dan Hojicha Latte (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Setiap kedai kopi berlomba-lomba menyajikan menu yang tidak ada di tempat lainnya. Begitupula dengan tempat ini, selain menyajikan kopi dan es kopi pada umumnya, di kedai ini kita akan dimanjakan dengan sajian unik bernama Hojicha Latte dan Lumpur Surga.

Hojicha Latte berbahan dasar Matcha yang sudah di roasting yang bahannya ini dikirim langsung dari Jepang. Menu ini dibanderol dengan harga Rp23.000. Sedangkan Lumpur Surga merupakan kue tradisional khas Banjarmasin. Untuk harganya dibanderol Rp19.000.

Menu Lain yang Tak Kalah Menggoyang Lidah

spaghetti_black_paper_chese_499.jpg
Spaghetti Tuna Cheese Blackpapper (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selain sajian Kopi dan Non Coffee, tempat ini juga menyediakan sajian Pasta & Sandwiches. Salah satu menu yang memanjakan lidah adalah Spaghetti Tuna Cheese Blackpapper dengan harga terjangkau Rp35.000.

n_full_menu_lumens_kopi_masjid_UHu.jpg
Semua sajian menarik di kedai kopi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Itulah sejumlah info tentang Lumens Kopi Masjid. Untuk Teman Traveler yang sedang berada di kawasan Dago, Taman Sari dan sekitaran Kampus ITB bisa singgah di kedai kopi ini. Setelah beribadah kita bisa nongkrong dan menikmati menu yang ada di kedai kopi ini.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor kuliner lumens kopi masjid
Share