Lokasi Diving Terbaik di Kepulauan Banda Maluku, Keindahan Salah Satunya Pernah Ditukar dengan Manhattan!

Lokasi diving terbaik di Kepulauan Banda benar-benar surga bagi para pecinta keindahan alam bawah laut. Jumlah spesies bawah laut seperti ikan dan terumbu karang yang ada di Kepulauan Banda bahkan merupakan salah satu yang terkaya. Dari jumlah 700 jenis karang yang ada di dunia, sebanyak 432 jenis karang ada di Kepulauan Banda lho! Luar biasa? Terang saja!

Nah! Berikut adalah lokasi-lokasi terbaik bagi Teman Traveler yang ingin menikmati kekayaan karang-karang tersebut. Disimak ya! Lalu agendakan untuk mengunjunginya!

1. Pulau Hatta

Keberadaan Penyu Hijau di Bawah Laut Pulau Hatta via Instagram/ rahmadlarae24

Berada sekitar 25 Km ke arah timur dari Kepulauan Banda, alam bawah laut Pulau Hatta istimewa! Di spot Atol Skaru, terdapat koral-koral tempat tinggal dari berbagai spesies ikan yang cantik. Seperti Unicornfish, Ikan Jack dan Rainbow Runners, Whitetip Sharks yang punya panjang hampir dua meter, Kura-kura Sisik, Dogtooth Tuna, dan Napoleon Wrasse. Selain pemandangan alam bawah lautnya yang luar biasa, di sini Teman Traveler juga bisa menikmati sunsetnya. Bikin takjub!

2. Pulau Ai

Menakjubkannya Bawah Laut Pulau Ai via Instagram/ restless_traveler80

Pantai bagian barat daya dan utara Pulau Ai memiliki alam bawah laut yang tak kalah cantik. Kedua kawasan tersebut dikelilingi tembok karang yang penuh gua, benar-benar sempurna sebagai habitat dari Ikan Harbor Fish, Hiu Martil, Ikan Pelagis dan Manta Ray yang berukuran di atas rata-rata. Menyelam di bawah permukaan laut Pulau Ai, Teman Traveler akan mengarungi lautan yang dalam dan dinding karang yang menjulur jauh ke dasar laut dengan arus yang deras. Jadi, pastikan sudah mempersiapkan segalanya dengan baik ya.

3. Pulau Syahrir

Pulau Syahrir atau Pulau Pisang yang Memesona via Instagram/ anoo_13

Lokasi diving terbaik di Kepulauan Banda selanjutnya adalah Pulau Syahrir atau Batu Kapal atau Pulau Pisang. Di sini terdapat banyak sekali karang dan ikan dengan keanekaragamannya yang tinggi, seperti karang lunak atau sponge dengan ukuran besar.

Lokasi Diving Terbaik Pulau Banda
Lokasi Diving Terbaik Pulau Banda via Travelingyuk/Andre Fauzy

Banyak penyelam melakukan diving atau snorkeling di pagi dan sore hari. Setelah menyelam, lanjutkan liburan dengan menikmati pemandangan di sekitar pulau deh! Seru!

4. Pulau Keraka

Keanekaragaman Spesies di Bawah Laut Kepulauan Banda via Instagram/ alexandre_tan

Pulau Keraka punya jarak yang dekat dengan pintu masuk utara antara Banda Neira dan Gunung Api. Hanya butuh beberapa menit saja untuk sampai. Sesampainya di sini, menyelamlah sejauh 18 meter ke bawah permukaan laut, maka Teman Traveler akan menemukan dinding kecil yang ditutupi dengan banyak Tunicates raksasa berwarna cerah. Sementara itu, di bagian timur pulau, Teman Traveler akan mendapati beragam Ikan Karang dan Barracuda berukuran panjang hampir setengah meter.

5.. Pulau Run

Kecantikan Alam Bawah Laut Pulau Run via Instagram/ fuadrumadankilwo

Pulau Rhun atau Run, memiliki keistimewaan alam yang luar biasa. Bahkan ratusan tahun lalu pernah ditukar dengan Manhattan lho. Salah satu titik penyelaman terbaik di Pulau Run berada di Tanjung Noret. Di kawasan ini terdapat banyak sekali ikan jenis Neon Fusilier hingga Redtooth Triggerfish. Ditambah hamparan karang-karang yang cantik dan menarik. Lengkap!

6. Pulau Lontar

Keindahan Seperti Ini yang Akan Didapat Saat Menyelam di Kepulauan Banda via Instagram/ alexandre_tan

Pulau Lontar adalah bagian dari tepi kaldera cekung yang siap menyuguhkan beberapa lokasi penyelaman terbaik. Menyelam di lokasi ini, Teman Traveler akan kenyang dengan berbagai suguhan kerang dan ikan yang unik. Dijamin piknik mata!

7. Batu Belanda

Siap-siap untuk Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Batu Belanda via Instagram/ alexandre_tan

Lokasi diving terbaik di Kepulauan Banda yang nggak akan bikin kecewa adalah Batu Belanda. Di sini, siap-siap saja bertemu dengan beraneka jenis karang dan ikan. Di antaranya Snappers, Ikan Kaisar berukuran besar, ikan Gridled Angel Fish Biru, Ikan Bersirip Besar dan Ikan Banner Fish.

Beberapa pilihan lokasi diving terbaik di Kepulauan Banda memiliki keindahan karang dan aneka spesies ikan yang tidak ada habisnya. Ajak beberapa teman untuk liburan ke sini ya! Diving bersama pasti akan lebih menyenangkan! Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya ya, terutama kesehatan!

Tags
Indonesia Kepulauan Banda lokasi diving di kepulauan banda Wisata wisata banda wisata maluku
Share