Lembah Asri Purbalingga, Agrowisata Kece di Lereng Gunung Slamet

Advertisement

Purbalingga merupakan sebuah kabupaten di sisi barat Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 165 kilometer dari Jogja. Jika Teman Traveler melongok ke lereng timur Gunung Slamet, ada sebuah destinasi alam murah meriah dengan suguhan pesona luar biasa. Akhir pekan ini, cobalah berkunjung ke Agrowisata Lembah Asri.

Lembah Asri via instagram.com/aam_riyanto

Wisata Alam Murah Meriah

Keindahan alam Lembah Asri Purbalingga (c) Outbond Wisata

Cukup membayar Rp5.000 sekali masuk, Teman Traveler bakal kenyang menikmati suguhan panorama alam sekitar Lembah Asri, lengkap dengan latar gagahnya Gunung Slamet. Kalian juga bebas menggunakan fasilitas seperti tempat makan, area parkir, musala, serta toilet.

Namun untuk bisa menikmati wahana lain di tempat wisata yang buka sejak 2010 ini, Teman Traveler harus membayar biaya tambahan. Beberapa permainan yang bisa kalian coba antara lain Taman Labirin, ATV bike, sky bike, high rope, dan flying fox.

Usung Konsep Agrowisata

Bisa petik stroberi sepuasnya via Instagram.com/dlas_serang

Mengusung konsep agrowisata, Teman Traveler bisa menjajal serunya memetik buah stroberi. Dulunya bibit stroberi dibawa langsung Sugito, Kepala Desa Serang, dari Ciwidey, Bandung. Sesuai dugaan beliau, buah tersebut ternyata bisa dibudidayakan di Serang karena iklimnya mirip dengan Bumi Parahyangan.

Selain mencoba memetik stroberi langsung dari kebunnya, Teman Traveler juga bisa menjajal memanen tanaman lain. Kalian bisa mengunjungi perkebunan kubis, sawi, kentang, wortel, cabai, daun bawang, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membeli beragam bibit pohon bunga untuk ditanam di rumah.

Agrowisata di Lembah Asri ini juga menawarkan wisata Agro Kids yang khusus untuk rombongan anak. Paket ini biasanya cocok rombongan murid sekolah, maupun grup keluarga.

Arena Bermain Anak Lengkap

Anak-anak bermain kereta mini (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Wisata Lembah Asri memang dirancang sebagai wisata nyaman untuk piknik keluarga, termasuk anak-anak. Ketika buah hati sudah bosan bermain di area perkebunan, pengunjung bisa mengajak mereka menikmati sederet wahana permainan. Selain kereta mini, ada juga odong-odong, skuter, dan ayunan.

Pemandangan Cantik Danau Buatan

Panorama Danau Buatan kala cuaca cerah via Instagram.com/sds_puput

Di sisi barat taman agrowisata, Teman Traveler bisa menemukan sebuah embung alias danau buatan. Pemandangan di sekitar sini cukup menarik, apalagi jika cuaca sedang cerah. Kalian bisa lebih leluasa melihat kemegahan Gunung Slamet, sekaligus berkeliling sambil naik perahu kayuh.

Hutan Pinus di Sisi Timur

Kawasan Hutan Pinus (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Wisata alam di daerah pegunungan tentu takkan terasa lengkap tanpa kawasan hutan pinus. Jangan khawatir, Teman Traveler bisa menemukannya di Lembah Asri Purbalingga. Meski kawasannya tidak terlalu luas, di hutan rindang ini kalian bisa santai sejenak. Menikmati semilir angin sembari menyantap bekal makanan. Oh ya, kalian juga bisa menyewa hammock di sini.

Tawarkan Banyak Spot Foto Keren

Taman bunga indah via Instagram.com/yohana.permatasari

Deretan spot foto instagenic jadi daya tarik lain Desa Wisata Serang. Apalagi Teman Traveler tak perlu membayar untuk mengabadikan momen di sana. Cukup siapkan kesabaran untuk mengantre, terutama bila spot-spot foto tersebut sedang ramai pengunjung.

Pilihan tempat berfoto di sini juga lumayan beragam. Mulai dari gardu pandang, lambang cinta, sayap burung, sayap kupu-kupu, taman bunga, lorong cinta, dan masih banyak lagi.

Sewa Kuda untuk Mengitari Taman

Foto pre-wedding di sekitar kompleks wisata via Instagram.com/dlas_serang

Seperti destinasi agrowisata kebanyakan, Lembah Asri juga menyediakan penyewaan kuda untuk pengunjung. Teman Traveler bisa merasakan sensasi naik kuda dengan membayar biaya sewa sebesar Rp15.000 saja.

Tak hanya untuk mengitari komplek agrowisata, beberapa kuda juga kerap disewa untuk melengkapi konsep foto pre-wedding. Cukup rogoh kocek Rp150.000, Teman Traveler sudah bisa memfoto kuda sepuasnya. Wah, seru!

Ada Homestay dan Villa

Dijamin betah berlama-lama di sini via Instagram.com/tiffaniclaraa

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, ada sekitar 10 kamar di tepi jalan desa dan 40 kamar di dalam desa disewakan sebagai homestay. Bila Teman Traveler datang dalam rombongan, bisa juga menginap di villa.

Kuliner dan Oleh-oleh Khas Serang

Mendoan stroberi via Instagram.com/imansyah_378

Satu menu khas desa Serang yang wajib Teman Traveler cicipi adalah mendoan stroberi. Bila umumnya mendoan terbuat dari tempe dan digoreng dalam balutan tepung, di sini bahan utamanya justru menggunakan buah stroberi.

Rasa asam buah stroberi berpadu nikmat dengan asin dari adonan tepung. Ciptakan kombinasi yang tak terduga, namun cukup memanjakan lidah. Akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal kecap.

Selain mencicipi kuliner, Teman Traveler jangan sampai lupa membeli oleh-oleh khas Desa Serang. Selain kripik daun stroberi, ada juga puding stroberi, gethuk stroberi, sirup stroberi, dan winberry (sejenis minuman dari stroberi yang telah difermentasi).

Menyuguhkan panorama memesona, berpadu dengan lengkapnya fasilitas yang ada, tak salah jika agrowisata Lembah Asri disebut sebagai destinasi potensial di Purbalingga. Bagaimana Teman Traveler, penasaran ingin liburan ke sini?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor Purbalingga Travelingyuk Wisata
Share