Ledre Pisang, Kuliner Khas Solo yang Konon Sudah Ada Sejak 1984

Advertisement

Salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal dari Solo dan banyak dibawa pulang adalah Serabi Notosuman. Kuliner asli Solo satu ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Rasa enak dan citarasanya yang tak berubah menjadikan serabi notosuman sebagai oleh-oleh andalan. Padahal, Solo tidak hanya punya itu saja yang memiliki citarasa nikmat. Ada lainnya yang bernama Ledre Pisang Laweyan atau bisa disebut dengan Ledre Laweyan saja.

Konon Sudah Ada sejak 1984

Ledre Pisang Raja, Via Instagram/infokuliner.solo
Ledre Pisang Raja, Via Instagram/infokuliner.solo

Bisa dibilang jika ledre pisang laweyan ini merupakan kuliner khas Solo yang legendaris. Keberadaanya konon sudah ada sejak tahun 1984 yang lalu. Sosok yang membuat ledre legendaris ini seorang ibu yang bernama Sri Martini yang tinggal di Laweyan, Solo. Karena pembuatannya pertama kali di daerah Leweyan inilah, kuliner legit satu ini disebut sebagai ledre laweyan.

Kuliner Hasil Modifikasi

Sering disebut dengan lepi (ledre pisang), Via Instagram/solonyaman
Sering disebut dengan lepi (ledre pisang), Via Instagram/solonyaman

Ternyata ledre yang ada sekarang ini merupakan hasil modifikasi. Dahulu, ternyata ledre dibuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan lalu ditambah degan santan. Setelah matang, pisang lalu ditambahkan sebagai topping. Kemudian untuk ledre pisang laweyan ini sendiri ternyata menggunakan ketan yang sudah matang untuk mempercepat waktu pembuatan. Selain lebih cepat, ledre dengan ketan matang ini memiliki tekstur yang lebih empuk dan lebih enak.

Cara Pembuatan Ledre Leweyan

Ledre pisang isi cokelat, Via Instagram solonyaman
Ledre pisang isi cokelat, Via Instagram/solonyaman

Cara pembuatan ledre leweyan ini tidaklah sulit. Bahan utamanya adalah beras ketan, santan dan juga pisang. Beras ketan yang telah direndam dimasak seperti nasi lalu diberi santan kental. Setelah matang dicampur dengan parutan kelapa muda. Ketan yang sudah matang tadi dibakar di atas loyang ataupun wajan sambil ditekan menjadi pipih, lalu diisi dengan pisang raja yang telah dihaluskan. Selain pisang raja, bisa diisi dengan ragam buah-buahan lain.

Lokasi Membeli Ledre Leweyan

Ledre pisang dengan beragam isian, Via Instatgram/makankeliling
Ledre pisang dengan beragam isian, Via Instatgram/makankeliling

Buat Teman Traveler yang sedang di Solo, bisa membelinya secara langsung di daerah Leweyan. Lokasi tepatnya berada di Jl. Setono RT 02, RW 02 Kampung Batik Leweyan, Solo. Atau bisa juga dijumpai di sekitaran pusat jajanan di Jl. Samanhudi, Leweyan, Solo.

Jangan lupa mencicipinya jika sedang berada di Solo ya Teman Traveler. Jika tidak sempat bisa membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa juga untuk menikmati berbagai kuliner Solo yang terkenal dengan kenikmatannya. Bagaimana, Teman Traveler tertarik mencobanya?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner ledre pisang laweyan ledre pisang solo Solo
Share