AJAIB! Ada Laut Letaknya Berdampingan Dengan Gurun yang GERSANG

Advertisement

Ada sebuah gurun pasir di dunia yang dikenal luas karena keunikannya. Adalah La Guajira, gurun pasir di Kolombia yang memiliki laut, itulah letak keunikannya. Secara umum gurun berada jauh dari pantai sehingga kedua tempat ini bisa dikatakan saling bertolak belakang. Jikapun ada biasanya penampakan laut di gurun hanyalah sebuah fatamorgana. Tapi apa yang ada di Kolombia ini membuktikan sebaliknya.

La Guajira, namanya mulai ngetren belakangan ini. Keberadaan sebuah gurun yang terletak di Kolombia, Amerika Latin ini berdampingan dengan Laut Karibia sehingga banyak traveler yang menyebutnya sebagai Gurun Karibia. Pemandangan ini sangat langka dan mungkin satu-satunya di dunia dimana ada gurun yang berada berdampingan dengan laut.

Gurun La Guajira di Kolombia, via instagram
Gurun La Guajira di Kolombia, via instagram

Seperti dilansir Travelingyuk dari CNN, keunikan gurun tersebut mendapatkan perhatian dari para traveler dunia. Setelah foto-fotonya tersebut, tak sedikit traveler yang penasaran ingin melihatnya langsung dengan berkunjung ke lokasi. Tentu ini merupakan fenomena langka sebab selama ini hanya fatamorgana saja yang membawa laut bisa berada di gurun seperti itu.

Perkampungan nelayan Cabo de la Vela, via instagram
Perkampungan nelayan Cabo de la Vela, via instagram

Meskipun berupa gurun, namun ada suku asli yang tinggal di dalamnya. Namanya adalah Suku Wayuu, mereka telah menetap di sana dalam jangka waktu yang sangat lama dan dikenal sebagai penduduk asli Gurun La Guajira. Mereka tinggal pada sebuah perkampungan nelayan bernama Cabo de la Vela.

Bagi traveler yang datang ke gurun ini, mereka juga bisa datang ke perkampungan tersebut untuk bersantai. Mengingat kondisi di sekitar pantai sangat gersang tanpa satupun pepohonan yang bisa dijadikan peneduh. Traveler yang pernah berkunjung menyarankan agar traveler lain yang ingin datang ke kampung nelayan ini untuk membawa uang tunai dan permen untuk anak-anak suku Wayuu.

Gurun ini berdampingan dengan Laut Karibia, via instagram
Gurun ini berdampingan dengan Laut Karibia, via instagram

Seperti halnya gurun-gurun lainnya, medan untuk menuju ke sana cukup sulit dan umumnya berlumpur. Hanya ada dua pilihan untuk ke tempat ini, cara paling mudah adalah menggunakan kapal. Sedangkan untuk traveler yang suka tantangan bisa mencoba cara kedua dengan berkendara mobil jeep melibas medan gurun yang gersang dan menantang. Tertarik?

Advertisement
Tags
Kolombia La Guajira
Share