Meski Sudah Bayar, 6 Alasan ini Bisa Membuatmu Kehilangan Kursi di Pesawat

Advertisement

Dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, pesawat merupakan kendaraan mewah dengan berbagai fasilitas. Sayang, meski sepertinya enak dan nyaman, kamu perlu was-was ketika naik ke badan besi terbang ini. Mengapa demikian? Karena banyak sekali alasan yang dapat membuatmu kehilangan kursi, apalagi di maskapai penerbangan Amerika. Seperti di bawah ini!

1. Overbooking

ilustrasi pesawat penuh
ilustrasi pesawat penuh [image source]
Belakangan dunia penerbangan dihebohkan dengan video berdurasi pendek. Dalam video tersebut seorang dokter diseret secara paksa untuk turun dari pesawat United Airlines hingga wajahnya berdarah. Ternyata, akar dari masalah tersebut adalah Overbooking, kondisi di mana sebuah maskapai menjual tiket melebihi kapasitas penumpang pesawat. Saat ini, kasus overbooking sering terjadi di rute penerbangan Amerika.

Ilustrasi Penumpang Pesawat
Ilustrasi Penumpang Pesawat [image source]

2. Potensi Kecelakaan Pada Pesawat

Ilustrasi Ganti Pesawat
Ilustrasi Ganti Pesawat [image source]
Bukan hanya satu atau dua orang saja, kali ini sebagian penumpang bisa dikeluarkan dari kabin. Alasannya adalah pergantian pesawat yang dilakukan secara mendadak. Ada kalanya maskapai harus mengganti kapal terbang berbadan besar dengan yang lebih kecil. Hal ini terjadi karena urusan teknis, sehingga otomatis maskapai harus mengurangi jumlah penumpang.

Ilustrasi Ganti Pesawat
Ilustrasi Ganti Pesawat [image source]

3. Mengangkut Awak Kabin

Ilustrasi Awak Kabin Naik Pesawat
Ilustrasi Awak Kabin Naik Pesawat [image source]
Tidak hanya overbooking atau juga teknis pesawat yang menyebabkan penumpang ditendang dari pesawat. Ternyata tambahan awak kabin juga membuat siapapun harus rela menunda penerbangan meski mendapatkan kompensasi. Biasanya, pramugari atau pramugara tambahan tersebut ikut lantaran ditugaskan dalam penerbangan yang berangkat dari bandara tujuan.

Ilustrasi Awak Kabin
Ilustrasi Awak Kabin [image source]

4. Berperilaku Buruk di Dalam Pesawat

Ilustrasi Awak Kabin dan Penumpang
Ilustrasi Awak Kabin dan Penumpang [image source]
Tidak hanya karena faktor dari maskapai, ternyata seorang bisa didepak dari pesawat karena kelakuannya sendiri. Salah satu alasannya adalah perilaku buruk yang membuat penumpang lain bahkan awak pesawat terganggu. Pun demikian, semua maskapai memiliki peraturan sebelum mengeluarkan penyebab gaduh dalam kabin yang dimulai dari peringatan hingga penurunan paksa.

Ilustrasi Membuat Gaduh di Pesawat
Ilustrasi Membuat Gaduh di Pesawat [image source]

5. Tidak Mengenakan Alas Kaki

Telanjang Kaki Di Pesawat
Telanjang Kaki Di Pesawat [image source]
Alasan satu ini memang tampak konyol, tapi kamu bakalan sepaham dengan maskapai penerbangan yang menggunakan aturan satu ini. Pertama, karena tidak rapi dan bisa jadi bau. Kedua, untuk keselamatan penumpang sendiri. Ya, jika dalam keadaan darurat, awak pesawat ingin bisa meminta semua penumpang untuk cepat pindah ke tempat yang aman tanpa melukai diri sendiri. Nah, bisa dibayangkan dengan mereka yang tidak mengenakan alas kaki bukan?

Ilustrasi Lepas Sepatu
Ilustrasi Lepas Sepatu [image source]

6. Melahirkan di Dalam Pesawat

Bayi di Pesawat
Bayi di Pesawat [image source]
Wanita hamil memang dilarang untuk naik pesawat saat mendekati persalinan. Bahkan hamil muda pun juga butuh surat sehat dari dokter. Namun, tetap saja ada kasus persalinan di dalam pesawat, seperti di maskapai Turkish Airlines beberapa waktu lalu. Meski kapal terbang sudah meninggalkan bandara, tetap saja ibu yang telah melahirkan terpaksa di keluarkan dari kabin. Pilot melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat agar sang ibu dan bayinya mendapatkan perawatan setelah melahirkan.

Ilustrasi Bayi di kabin
Ilustrasi Bayi di kabin [image source]
Nah, itulah dia alasan seorang penumpang terpaksa dikeluarkan dari pesawat terbang. Meski korban dalam kasus kemarin penuh darah, tetapi banyak pengguna pesawat yang turun dengan keadaan baik-baik saja bahkan mendapatkan uang kompensasi. Wah.

Advertisement
Tags
Luar negeri PEsawat Transpotasi
Share