Albino Tapi Gak Putih! Inilah Kura-kura Kuning Pisang yang Langka

Advertisement

Kura-kura biasanya memiliki tempurung coklat kehijau-hijauan yang kerap ditemukan pada pesisir maupun bawah laut. Langka, kura-kura yang ditemukan di India ini justru berwarna kuning seperti pisang baik tempurung maupun kulitnya sehingga mengundang perhatian dari orang yang menemukannya.

Kura-kura Kuning Pisang via Odisha Forest Deaprtement

Basudev Mahapatra merupakan seorang petani di Desa Sujanpur, Distrik Adisha yang berada di India Timur. Basudev tidak sengaja menemukan kura-kura ini ketika sedang bekerja di ladang pertanian. Memiliki warna yang tidak biasa membuat Basudev memutuskan untuk membawa binatang bertempurung itu pulang.

Setelah dibawa pulang, Basudev kemudian berinisiatif untuk menyerahkan kura-kura tersebut kepada pihak berwenang. Siddharta Pati selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Konservasi Keanekaragaman Hayati mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali menemukan kura-kura dengan warna kuning seperti ini.

Siddharta juga menuturkan bahwa kura-kura tersebut mengalami kondisi albino namun tidak seperti manusia yang mengalami penurunan jumlah pigmen yang mempengaruhi mata, rambut dan kulit sehingga memunculkan warna putih. Kura-kura ini justru berwarna kuning, hal tersebut terjadi karena adanya mutasi dalam urutan gen dan bisa jadi juga disebabkan karena tidak adanya pigmen tirosin sehingga kura-kura tersebut mengalami kelainan bawaan.

Advertisement
Tags
Kura-kura Albino Kura-kura Albino di India Kura-kura Kuning Kura-kura yang Langka Spesies Kura-kura Langka
Share