Serunya Berburu Kuliner Enak saat Imlek di Sekitar Pasar Semawis Semarang

Advertisement

Perayaan Tahun Baru Imlek selalu menghadirkan cerita seru. Apalagi jika liburan ke Kota Semarang. Selain berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong, kamu juga bisa menjajal kuliner enak di sekitar Pasar Semawis. Penasaran ada apa saja di sana? Simak ulasan selengkapnya yuk!

Pasar Bernuansa Tionghoa di Semarang

Pasar Semawis dengan Lampu Lampion
Pasar Semawis dengan Lampu Lampion [image source]
Pasar Semawis atau dikenal sebagai Waroeng Semawis merupakan pasar malam di kawasan Pecinan Kota Semarang. Hanya buka di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu malam, pasar ini muncul pertama kali pada tahun 2004 lalu lewat gagasan perkumpulan Kopi Semawis atau Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata. Menariknya, tempat ini dihiasi dengan ornamen Tionghoa yang didominasi dengan warna merah. Tak hanya saat Imlek, di hari biasa Pasar Semawis selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Pasar Semawis Semarang
Pasar Semawis Semarang [image source]

Jajanan Kaki Lima Khas Tionghoa

Pangsit di Pasar Semawis
Pangsit di Pasar Semawis [image source]
Pusat jajanan terpanjang di Semarang ini buka dari jam enam sore hingga tengah malam. Selain ornamen keren yang bikin betah, sajian kuliner di sini juga menggugah selera. Ada beragam kuliner chinese seperti steamboat, sate babi singapore, varian kue, hingga bubur. Selain itu, ada juga makanan nusantara seperti Soto Ayam Pak Bambang yang paling terkenal.

Seafood di Pasar Semawis
Seafood di Pasar Semawis [image source]

Coba Pisang Plenet Sekaligus Menikmati Pertunjukan Kesenian

Pisang Plenet Pasar Semawis
Pisang Plenet Pasar Semawis [image source]
Selain mencoba chinese food, jangan lupa pula mencoba kuliner khas Semarang yang terkenal di kawasan ini. Apalagi kalau bukan Pisang Plenet yang kini kehadirannya makin langka. Sembari mencoba jajanan pisang bertabur meses ini, jangan lupa untuk melihat pertunjukan kesenian dan kebudayaan Cina seperti barongsai, hingga opera klasik. Tentunya sangat menarik.

Pisang Plenet Semawis
Pisang Plenet Semawis [image source]

Lumpia Gang Lombok yang Populer

Lumpia Gang Lombok
Lumpia Gang Lombok [image source]
Sebelum jelajah kuliner di Pasar Semawis, luangkan waktumu untuk mencoba Lun Pia Gang Lombok. Jajanan ini dijual di Gang Lombok yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Semawis. Konon, keluarga pemilik toko ini adalah yang pertama membuat Lumpia Semarang. Bahkan, toko ini disebut-sebut paling tua di Semarang.

Lumpia Gang Lombok Semarang
Lumpia Gang Lombok Semarang [image source]
Kawasan Pasar Semawis bukan satu-satunya tempat menarik untuk dikunjungi saat Imlek. Ada banyak objek wisata sekaligus tempat makan enak yang tak kalah menarik di Semarang. Jadi, liburan ke mana di tahun baru Imlek tahun ini?

Advertisement
Tags
Imlek Indonesia Jawa Tengah semarang
Share