Kuliner Olahan Kambing Favorit di Jogja, Legendaris Semua!

Advertisement

Menyambut Hari Raya Idul Adha di tahun 2017 ini, apa saja sudah yang sudah kamu siapkan? Mau pulang kampung atau mau menjalankan ibadah ke kota lain? Nah, jika kamu berniat untuk traveling ke Jogja saat hari Idul Qurban, Travelingyuk punya rekomendasi warung makan dengan olahan serba kambing. Selain rasanya nendang, sajian makanan mereka juga cukup legendaris di kalangan pecinta kuliner Jogja. Penasaran di mana saja tempatnya kan? Berikut rangkumannya!

Sate Kambing Pak Syamsuri

Sate Kambing Pak Syamsuri
Sate Kambing Pak Syamsuri [image source]
Olahan kambing pertama yang dapat kamu coba saat liburan ke Jogja adalah Sate Kambing Pak Syamsuri. Kedai satu ini awalnya berdiri sebagai warung kaki lima di tepi jalan. Namun, saat ini telah berkembang dengan bangunan permanen. Tak hanya itu saja, pengunjung warung sate sederhana ini cukup banyak. Bagaimana tidak, sate buatan Pak Syamsuri ini memiliki keunikan sendiri berupa tekstur dagingnya yang empuk. Sementara rasanya tak kalah jauh dengan kuliner mewah lainnya. Tak percaya, yuk segara berkunjung, ke Kedai Pak Syamsuri. Ingat, warung Sate Kambing Pak Syamsuri akan tutup saat hari libur.

Sate Pak Syamsuri
Sate Pak Syamsuri [image source]
Nama : Sate Kambing Pak Syamsuri
Alamat: Jl. Anggrek, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 10.00-18.00
Harga : Rp20.000 (8 tusuk)

Tengkleng Gajah

Tengkleng dan Sate Gajah
Tengkleng dan Sate Gajah [image source]
Pecinta kuliner Jogja pasti tidak asing lagi dengan kedai dengan menu olahan kambing satu ini. Apalagi kalau bukan Tengkleng Gajah yang tulangnya masih dibalut dengan daging super empuk. Kedai tengkleng ini memang cukup populer di kalangan banyak orang, khususnya pecinta kuliner kambing. Bagaimana tidak, tak hanya enak, ptongan tulang kambing di sini cukup besar. Karena itu pula disebut Tengkleng Gajah. Nah, siapa nih yang suka dengan tengkleng? Jangan lupa mampir ke Jogja ya!

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah [image source]
Alamat: Jl. Kaliurang KM. 9.3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: 21.00 – 21.00
Telepon: 0812-2768-6809
Harga : Rp35.000

Sate Mbah So Kotagede

Sate di Warung Mbah So Kotagede
Sate di Warung Mbah So Kotagede [image source]
Selain Sate Kambing Pak Syamsuri, ada satu lagi sate khas Jogja yang cukup legendaris. Adalah Warung Sate dan Gulai Kambing Mbah So Kotagede yang kedainya terletak di Jl. R. Ronggo No 33. Kedai satu ini sangat populer lantaran rasa dari satenya yang bikin pengunjung ingin nambah lagi. Tak hanya sate saja, di warung ini juga terdapat menu sate goreng, gulai kambing, tengkleng hingga nasi goreng. Nah, soal harganya cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp20.000 per porsi.

Tengkleng Mbah So
Tengkleng Mbah So [image source]
Alamat : Jalan R Ronggo No.32, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta
Jam Buka : 09.00 – 16.00
Telepon : (0274) 7102909
Harga : Mulai dari Rp20.000

Warung Sate Kambing & Tongseng Pak Amat

Sate dan Tongseng Pak Amat
Sate dan Tongseng Pak Amat [image source]
Selain sate daging bisa juga dijadikan tongseng. Yap, tongseng ada jenis makanan khas Jogja sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. Tongseng terlezat memang banyak di Solo, namun di Jogja juga tidak sedikit warung yang menjual makanan lezat satu ini. Salah satunya Warung Sate Kambing & Tongseng Pak Amat yang letaknya tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Nah, usai jalan-jalan di pusat kota Jogja, paling asyik mengisi tenaga di sini nih!

Sate Kambing Pak Amat
Sate Kambing Pak Amat [image source]
Alamat: JL. Pekapalan No.5, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta
Jam Buka : 11.00 – 23.00
Telepon: (0274) 380723

Nasi Goreng Kambing Pak Beni

Nasi Goreng Kambing Pak Beni
Nasi Goreng Kambing Pak Beni [image source]
Sudah bosan dengan menu sate atau gulai saat Idul Adha? Nah, coba saja mampir ke Jl. Gejayan atau Affandi, Jogja. Yap, di jalan tersebut ada warung yang ternyata juga menggunakan olahan daging kambing. Menu utama yang wajib kamu coba adalah Nasi Goreng Kambing Pak Beni. Cita rasa dari nasi nya enak, sementara daging kambingnya lumayan mencuri perhatian. Selain menu nasi goreng kambing, di kedai sederhana ini juga menjual nasi goreng sapi yang juga tak kalah enak. Makin penasaran kan?

Nasi Goreng Pak Beni
Nasi Goreng Pak Beni [image source]
Alamat: Jl. Affandi No.33, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 18.00-24.00
Harga : Mulai dari Rp 15.000

Memang benar jika kota paling ramai saat idul adha adalah Madura. Namun, tidak ada salahnya jika menjelajah kota Jogja sekaligus berburu kuliner olahan kambing yang lezatnya minta ampun. Setuju kan?

Advertisement
Tags
Jogjakarta Kuliner di Jogja Sate di Jogja Sleman
Share