Gampang Ditemui, Enam Kuliner Indonesia Ini Digilai Artis Luar Negeri

Advertisement

Bicara soal kuliner Indonesia tak bakal ada habisnya. Nusantara memiliki banyak hidangan dan masakan khas menggoda selera, dengan beragam varian mulai dari Sabang hingga Merauke. Menariknya, sejumlah kuliner Tanah Air ternyata juga berhasil menggoyang lidah para artis dan tokoh penting dari luar negeri.

Beberapa selebritis dan tokoh penting yang datang ke Indonesia kerap memanfaatkan kesempatan untuk menjajal masakan khas negeri ini. Tak dinyana, banyak di antara mereka ternyata merasa cocok dan jatuh cinta dengan kuliner Indonesia. Makanan apa saja yang dimaksud? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Nasi goreng

Nasi goreng via Instagram david_ricardo_glencross

Nasi goreng adalah salah satu makanan umum yang paling mudah ditemui di Indonesia. Masak sendiri atau membeli di restoran, rasanya sama-sama nikmat. Perpaduan nasi dan bumbu, dilengkapi dengan topping bawang goreng maupun suwiran ayam, membuat hidangan satu ini cocok sekali dimakan sebagai sarapan maupun makan malam.

Penampakan nasi goreng yang dilahap The Script saat berada di Jakarta via twitter.com/thescript

Sejumlah seleb dunia yang konon terpesona dengan nasi goreng antara lain Katy Perry dan Lee Min Ho. Keduanya dikabarkan langsung meminta disediakan hidangan tersebut ketika sedang punya jadwal pekerjaan di Indonesia. Band asal Jepang, L’Arc en Ciel, juga sempat antusias berbicara soal nasi goreng ketika menemui para wartawan Tanah Air. Sedangkan The Script tak lupa posting penampakan nasi goreng ketika mereka mendarat di Indonesia sembari memuji kelezatan kuliner Indonesia tersebut.

2. Nasi Uduk

Hidangan nasi uduk via Instagram christin_dl

Nasi uduk cocok sekali disantap sebagai sarapan maupun makan malam, tinggal memilih lauk pelengkap sesuai dengan selera. Dengan sate ayam atau daging sekalipun, citarasa gurih nasi uduk yang dimasak dengan santan akan terasa sangat nikmat.

Salah satu grup musik idola Korea Selatan, Big Bang, dikabarkan tergila-gila dengan nasi uduk ketika mengadakan konser di Jakarta beberapa saat lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak promotor ketika menemui media.

3. Gado-gado

Gado Gado via Instagram eka_camelia2018

Gado-gado bisa dibilang sebagai salad-nya Indonesia. Sayur, tempe, tahu, kentang, wortel, telur, dan pelengkap lain dipotong kecil-kecil sebelum kemudian disiram dengan saus kacang. Jangan lupa tambahkan krupuk dan emping agar makan terasa kian semarak.

Sejumlah seleb terkenal seperti penyanyi Lenka dan band Vertical Horizon secara terang-terangan amat mengaku menikmati gado-gado. Bahkan mantan Presiden AS, Barack Obama, juga mengatakan dirinya sangat senang dijamu dengan makanan tersebut ketika mengunjungi Indonesia.

4. Ayam Bakar

Ayam Bakar via Instagram enog_foodphotography

Ayam Bakar bisa jadi salah satu alternatif jika bosan dengan olahan ayam digoreng atau dengan kuah bersantan. Tekstur ayam yang sedikit crispy ditambah dengan bumbu khusus menciptakan perpaduan yang nikmat. Cocok sekali disantap sebagai hidangan makan malam.

Beyonce sendiri belum pernah mencoba langsung ayam bakar ala Indonesia. Namun ia pernah menjadi sorotan di banyak media usai menghabiskan 25 juta rupiah ketika dirinya dan krunya sedang makan di sebuah restoran ayam bakar di Inggris pada 2013 silam.

5. Sate Ayam

Hidangan Sate ayam via Instagram the.lucky.belly

Sate ayam sangat nikmat dinikmati di malam hari. Kelezatan potongan kecil ayam yang dibakar dengan cermat, dipadu dengan bumbu saus kacang, sungguh tiada duanya. Dinikmati dengan nasi maupun lontong, tetap sama-sama terasa lezat.

Siapa sangka jika kuliner yang mudah ditemui di kaki lima ini ternyata menjadi favorit grup musik idola Korea Selatan, Super Junior. Sebelum menggelar konser di Jakarta pada 2012 silam, grup bentukan SM Entertainment itu meminta pada promotor untuk menyediakan sate, nasi goreng, dan pisang.

6. Es Degan

Es Degan via Instagram nova_adi

Es degan cocok sekali dinikmati saat udara panas. Apalagi jika disajikan langsung beserta kelapanya, kita bisa mereguk nikmatnya air kelapa sembari menikmati degan yang masih menempel di bagian dalam. Dijamin bakal bikin ketagihan.

2012 silam, penyanyi terkenal Jason Mraz sempat mengadakan konser di Jakarta. Sebelum pertunjukan berlangsung, perwakilan sang artis sempat meminta pada promotor untuk menyediakan air kelapa segar. Sebab selain nikmat, air kelapa juga menyehatkan.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang ternyata digilai oleh para artis dan tokoh terkenal luar negeri. Jadi sudah sepatutnya jika kita merasa bangga dengan warisan kuliner Nusantara. Setuju?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Wisata Wisata Kuliner
Share