Ragam Kuliner Alpukat Unik, Mantap Buat Inspirasi Buka

Advertisement

Siapa tak kenal dengan alpukat, buah lezat berwarna hijau dengan kandungan gizi tinggi. Usut punya usut, buah dengan nama latin Persea Americana ternyata bisa diolah menjadi beragam hidangan tak terduga lho. Ada sejumlah ragam kuliner alpukat unik yang mungkin kita belum pernah tahu sebelumnya.

Mulai dari kombinasi dengan telur hingga roti, ada banyak sekali cara memanfaatkan alpukat dan menjadikannya sebagai hidangan mengunggah selera. Pastinya bisa dijadikan sebagai inspirasi membuat santapan berbuka. Berikut Travelingyuk sajikan daftar ragam kuliner alpukat unik yang dimaksud.

1. Egg & Avocado Toast

Egg and avocado toast
Egg and avocado toast via Instagram gardenofjade

Sesuai dengan namanya, kuliner alpukat unik ini menggunakan alpukat, telur, dan roti sebagai bahan utama. Dari bentuknya saja sudah kelihatan menggoda bukan? Pas sekali disantap sebagai hidangan pembuka. Jika tak sedang berpuas, cocok dijadikan sarapan.

Membuatnya juga tak terlalu sulit, cukup lapisi roti dengan mentega. Goreng telur untuk dijadikan isian. Tambahkan alpukat yang sudah diserut di pinggirannya, lalu panggang. Kenikmatannya sungguh luar biasa!

2. Deviled Avocado

Deviled Avocado
Deviled Avocado via Instagram disneylovingwineguy

Mungkin banyak yang tak pernah membayangkan bahwa alpukat ternyata bisa disandingkan dengan telur rebus. Well, masing-masing bahan bakunya punya rasa enak, ketika dikombinasikan rasanya menjadi lezat. Hal ini terbukti dengan hadirnya hidangan bertajuk deviled avocado.

Tertarik membuatnya di rumah? Siapkan telur rebus dan potong jadi dua bagian. Selanjutnya, siapkan adonan yang terdiri dari alpukat, jeruk nipis, garam, dan lada. Begitu semuanya tercampur, tambahkan di atas telur dan pastikan semua terlihat cantik sebelum disajikan.

3. Guacamole

Guacamole dicampur ayam
Guacamole dicampur ayam via Instagram at_bluefingers

Guacamole merupakan hidangan khas Meksiko dengan alpukat sebagai bahan utama. Makanan satu ini konon sudah ada sejak zaman kerajaan Aztec. Bahan lain yang biasanya ditambahkan antara lain jeruk nipis/lemon dan garam.

Guacamole juga bisa dijadikan sebagai isian roti. Warga Amerika Serikat tak jarang mencampurnya dengan potongan ayam. Pastinya cukup bikin kenyang jika disantap saat berbuka puasa.

4. Alpukat crispy

Alpukat crispy
Alpukat crispy via Instagram yipyuenyee

Dari namanya saja tentu sudah bisa ditebak bahwa hidangan ini merupakan alpukat yang dibalut tepung renyah. Mungkin banyak yang heran saat pertama melihatnya. Namun percayalah, selain rasanya lezat, makanan ini juga cukup mengenyangkan.

Bahan yang digunakan terbilang sederhana, mudah sekali bagi yang ingin mencoba membuatnya di rumah. Selain alpukat, kita hanya membutuhkan tepung roti, telur, dan garam. Jangan lupa siapkan oven, karena alpukat harus dipanggang terlebih dahulu.

5. Baked Avocado

Baked Avocado
Baked Avocado via Instagram superhumanbreakfast

Baked Avocado bisa jadi salah satu cara alternatif untuk menikmati alpukat, selain di-jus atau dijadikan minuman lainnya. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa hidangan ini adalah alpukat panggang. Pembuatannya sangat sederhana dan bisa dijadikan sebagai makanan buka maupun sarapan.

Potong alpukat menjadi dua dan keluarkan bijinya. Selanjutnya, masukkan telur mentah di bagian cekung dan jangan lupa taburkan garam dan merica. Panggang dalam oven selama kurang lebih 15 menit dan rasakan sendiri kelezatannya.

Itulah tadi sejumlah kuliner unik alpukat unik yang bisa dijadikan inspirasi hidangan buka puasa. Bagaimana, ada yang sudah memutuskan untuk coba membuatnya sendiri di rumah?

Advertisement
Tags
kuliner Wisata Kuliner
Share