Nggak Cuma Bangkok dan Phuket, Kuil di Chiang Rai Thailand Cantiknya Takkalah Memukau, Ada yang Sejak 1200-an

Advertisement

Berwisata ke negeri Gajah Putih, mengunjungi kuil-kuil di Thailand yang cantik serta megah, harus jadi agenda tersendiri! Bukan hanya Bangkok dan Phuket, kuil di Chiang Rai Thailand juga takkalah memukau. Dengan 85 jadwal penerbangan setiap harinya, akses dari Bangkok ke Chiang Rai cukup mudah. Dengan waktu terbang sekitar 1 jam 15 menit, Teman Traveler sudah bisa menikmati beberapa kuil-kuil yang luar biasa di kawasan ini. Salah satunya ada yang sudah berdiri sejak tahun 1200. Penasaran? Uraian di bawah akan menjawab pertanyaan Teman Traveler.

1. Wat Rong Khun

Bangunan Menakjubkan dari White Temple via Instagram/ leslie__yue

Kuil di Chiang Rai Thailand pertama yang dijamin bikin Teman Traveler terpana adalah Wat Rong Khun. Kuil ini disebut juga dengan nama White Temple. Warna putih mendominasi hampir di seluruh bagian candi. Ia bahkan terlihat berkilau karena ada pecahan kaca yang ikut ditempel pada bagian-bagian bangunan.

Detail di White Temple yang Menakjubkan via Instagram/ rachelalbi

Wat Rong Khun didesain oleh Chaloemchai Khositphiphat. Kuil ini menggabungkan seni tradisional dan kontemporer secara bersamaan. Detail pada bangunannya akan bikin siapa pun takjub. Jika tertarik untuk berkunjung, kuil ini berada di San Sai, Mueang Chiang Rai Distrik.

2. Wat Rong Sear Tean

Detail Menakjubkan yang Ada di Blue Temple via Instagram/ patrishiela

Jika kuil yang pertama didominasi warna putih, kuil Wat Rong Sear Tean lebih banyak menggunakan warna biru dan sedikit aksen berwarna emas. Dalam bahasa setempat, nama kuil ini berarti Kuil Harimau Menari. Secara keseluruhan, bangunan Wat Rong Sear Tean masih terus dalam tahap pembangunan. Meski demikian, gedung utama kuil ini sudah selesai pada 2016 lalu.

Sudah Terpesona dengan Kecantikannya? via Instagram/ robertapetetti

Dibandingkan White Temple, Blue Temple ini sedikit lebih sepi. Teman Traveler yang ingin eksplorasi dan berfoto tanpa terganggu banyak orang, bisa datang ke sini. Lokasinya berada di Distrik Rimkok. Lebih seru lagi karena untuk masuk ke temple ini, pengunjung tidak dikenakan biaya, alias gratis!

3. Wat Phra Kaew

Bagian Mengagumkan dari Wat Phra Kaew via Instagram/ she.just.left

Wat Phra Kaew merupakan salah satu kuil di Chiang Rai yang paling tua dan cukup dihormati. Pada 1434, pagoda yang ada di kuil ini konon patah oleh sambaran petir. Namun peristiwa ini justru mengungkapkan Emerald Buddha yang tersembunyi di bagian dalam. Selain itu, di kuil ini juga terdapat sebuah patung perunggu Phra Chao Lan Thong yang berusia sekitar 700 tahun.

4. Wat Phra That Doi Tung

Ke Wat Phra That Doi Tung Yuk! via Instagram/ benz_rattakeart

Deretan kuil di Chiang Rai yang memukau selanjutnya juga memiliki cerita menarik. Wat Phra That Doi Tung atau Doi Chom Thong merupakan situs spiritual yang cukup penting. Masyarakat sekitar percaya bahwa roh-roh lokal yang ada di sana, yang hidup sebelum agama Budha datang, saat ini hidup berdampingan di kawasan ini. Pagoda di bagian tengah candi merupakan campuran antara Lanna dan Bhu-Kam.

5. Wat Phra Sing

Wat Phra Singh yang Megah via Instagram/ bank.24oct

Wat Phra Sing juga merupakan salah satu kuil di Chiang Rai Thailand yang paling tua. Di sini, Teman Traveler akan melihat kapel yang berisi jejak kaki Budha. Banyak detail yang bisa dijelajahi saat mengunjungi Wat Phra Sing. Berdasarkan lokasi, kuil ini berada di Tambon Wiang, Amphoe Mueang, Chiang Rai.

6. Wat Phra That Chedi Luang

Wat Phra That Chedi Luang Sejak 1200 via Instagram/ shintarialiao

Wat Phra That Chedi Luang dibangun oleh Raja Saen Phu pada tahun 1290 lalu. Letaknya ada di sebelah Museum Nasional. Kuil ini bergaya Chiang Saen Traditional. Berada di sini Teman Traveler akan bertemu dengan pagoda setinggi 18 meter dan reruntuhan aula doa berukuran besar. Menarik!

7. Wat Phra That Doi Chom Thong

Pagoda di Wat Phra That Doi Chom Thong Sudah Sejak 940 M via Instagram/ redeyestoo

Kuil di Chiang Rai selanjutnya yang juga punya sejarah cukup tua adalah Wat Phra That Doi Chom Thong. Terutama pada bagian Pagoda berwarna emas yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 940. Pembangunan pagoda tersebut konon dilakukan Raja Mengrai untuk mengidentifikasi lokasi strategis saat membangun Chiang Rai. Kuil bersejarah ini berada di tepi Sungai Kok. Jadi bisa dibayangkan seperti apa pemandangannya?

Kuil di Chiang Rai Thailand, mulai dari White Temple hingga kuil berusia ratusan tahun, harus menjadi destinasi liburan Teman Traveler saat ke negeri Gajah Putih ini. Mereka unik beserta cerita-ceritanya. Tertarik? Mau mengunjungi yang mana dulu nih? White Temple atau Pagoda berusia ratusan tahun?

Advertisement
Tags
kuil di chiang rai Luar negeri Thailand Wisata wisata thailand
Share