Bersantap di Kook Saam Jogja, Sensasi Jadi Chef dengan Masak ala Resep Sendiri

Advertisement

Yogyakarta kembali menawarkan tempat makan baru yang seru. Jika di resto lain harus memesan dan menunggu makanan datang, di sini Teman Traveler yang akan masak sendiri. Namanya Kook Saam yang memberikan sensasi unik dan beda dengan memberikan kesempatan kita untuk menjadi seorang chef. Seperti apa keseruan makan di sini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri

Kedai Kook Saam di Sleman

Kook Saam (Annissa Saputri)
Kook Saam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Masih terbilang baru, Kook Saam menjadi alternatif untuk bersantap yang seru dan beda bersama teman atau keluarga. Beralamat di Jalan Mozes Gatotkaca B19/B20, Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, tempat ini mengusung konsep yang unik dengan taglineBe Your Own Chef’. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena tidak jauh dengan Nanamia Pizzeria. Buka mulai pukul 11.00 WIB, Kook Saam siap menjadikan kita seorang chef dengan racikan menu ala kita sendiri.

Masak ala Resep Sendiri

Masak dengan resep sendiri (Annissa Saputri)
Masak dengan resep sendiri (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Dengan warung dominasi warna merah, kompor di atas meja pun akan menyambut kita. Tidak ada pilihan makanan di daftar menu, melainkan kita akan ditawarkan bahan-bahan yang nantinya akan kita masak. Setelah menentukan memasak ala pan atau berkuah, kita bisa memilih bahan-bahan yang kita perlukan seperti mie, sayuran, atau daging.

Sauce station (Annissa Saputri)
Sauce station (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Langkah selanjutnya adalah memilih saus di sauce station yang nantinya digunakan untuk membumbui masakan kita. Ada banyak macam saus yang ditawarkan dari BBQ hingga Korean Sauce. Setelah beres, tugas kita adalah bereksperimen dengan bahan-bahan dan saus yang sudah kita pilih.

Pilihan Variasi Bahan dan Saus 

Pilihan bahan yang bervariasi (Annissa Saputri)
Pilihan bahan yang bervariasi (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada 20 lebih bahan yang ditawarkan di Kook Saam. Pilihan bahan utamanya adalah nasi, mie, dan fettuccine. Sedangkan bahan pelengkapnya sangat bervariasi seperti ayam, beef, bratwurst, telur, mix vegetables, gurita, udang, chikuwa, jamur, otak-otak, fish ball, crab stick, hingga mozarella.

Tiap bahan dibanderol dengan harga yang bervariasi, mulai dengan Rp2.500 per plate. Harga yang cukup terjangkau apalagi kita bisa menentukan bahan apa saja yang akan kita gunakan sebelum kita santap.

Saus untuk bumbu (Annissa Saputri)
Saus untuk bumbu (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain bahan, hal penting yang lain di sini adalah saus yang akan menjadi bumbu dan penentu rasa masakan kita. Ada total delapan saus yang ditawarkan di sauce station, meliputi American Pirates, Black Pepper, Kook BBQ, Korean Sauce, Spicy Herb, Garlic Chop, Sam Kook, dan Cheese Sauce. Setiap saus masing-masing memiliki cita rasa yang khas. Menariknya, saus-saus ini gratis dan kita pun bebas untuk refill sesuai selera kita.

Goreng atau Berkuah, Tergantung Selera

Bisa masak goreng atau kuah (Annissa Saputri)
Bisa masak goreng atau kuah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada dua macam yang bisa kita masak, goreng/kering dengan pan atau berkuah seperti suki. Jika ingin memasak dengan pan, kita juga akan disediakan minyak goreng untuk menumis dan alat yang cukup penting yakni spatula. Sedangkan untuk yang berkuah, kita sudah disediakan kuah dalam panci untuk kita masak bersama bahan-bahan atau bumbu sesuai selera. Cukup simple, karena kita tinggal memasukkan bahan dan saus bumbu ke dalam panci dan tunggu hingga matang.

Masak dengan pan (Annissa Saputri)
Masak dengan pan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain saus yang disajikan, kita juga bisa menggunakan bumbu tambahan seperti garam, merica, saus tomat, kecap, mayo, dan cabai rawit. Dan yang terpenting adalah baik masak dengan pan maupun berkuah, jangan lupa dicicip untuk menentukan rasa yang pas di lidah kita. Tak perlu khawatir jika kalian bingung menentukan rasa yang pas, karena pihak Kook Saam akan memberikan rekomendasi kombinasi saus yang pas buat dicoba.

Masak berkuah (Annissa Saputri)
Masak berkuah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bereksperimen dengan Berbagai Kreasi Masakan

Kreasi nasi goreng (Annissa Saputri)
Kreasi nasi goreng (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Dengan berbagai variasi bahan yang ditawarkan, akan ada banyak kemungkinan resep yang bisa kita masak. Dengan bahan utama nasi, pasta, dan mie tentu kita sudah bisa membayangkan masakan yang akan kita kreasikan. Untuk masakan berbahan nasi kita bisa mengolahnya menjadi nasi goreng yang dicampur dengan beef, sayuran, atau aneka bakso dengan saus BBQ, Spicy Herb, atau Garlic Chop.

Kreasi pasta (Annissa Saputri)
Kreasi pasta (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sementara untuk menu pasta, kita bisa masak fettuccine saus black pepper dan cheese sauce dengan pelengkap seperti gurita, beef, dan jamur. Untuk menu kuah, kita bisa memanfaatkan mie dengan campuran sayur, ayam, dan aneka bakso dengan saus American Pirates atau Korean Sauce. Kembali lagi, semua masakan yang tercipta adalah tergantung selera dan kreativitas kita. Apapun masakannya, jika hasil masakan sendiri pasti akan lebih puas, bukan?

Siap masak di Kook Saam? (Annissa Saputri)
Siap masak di Kook Saam? (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ke Kook Saam, sudah terbayang mau masak apa? Rasakan yuk keseruan menjadi chef dengan resep andalan ala kamu. Ajak teman kalian biar lebih seru karena di sini tak hanya makan bareng tapi juga masak bareng. Siap untuk menciptakan kreasi masakan kalian sendiri?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Sleman Sleman Travelingyuk Yogyakarta
Share