Kethek, Kuliner Khas Kebumen dengan Rasa Tak Sejorok Namanya

Advertisement

Perkembangan wisata di Kebumen semakin maju dan mulai dilirik. Ada destinasi wisata kekinian ataupun juga yang menyuguhkan keindahan alam. Sejalan dengan berkembangnya pariwisata di Kebumen, banyak orang juga tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai berbagai kuliner khas yang disuguhkan. Salah satunya yakni yang disebut dengan nama kethek oleh warga Kebumen. Kethek khas Kebumen ini terbuat dari bahan yang tidak biasa.

Nama kethek sendiri sebenarnya sangat tidak lazim untuk makanan ya. Tapi memang seperti itulah penamaan yang diberikan oleh orang-orang di Kebumen. Tapi, rasa kethek ini cukup sedap dan memiliki banyak penggemar. Baik orang-orang Kebumen sendiri ataupun orang luar.

Kuliner Khas Kebumen

Isi kethek yang sedikit tapi begitu nikmat, Via Instagram wahyuwindasari
Isi kethek yang sedikit tapi begitu nikmat, Via Instagram wahyuwindasari

Kethek merupakakn kuliner khas Kebumen yang sudah ada sejak zaman dahulu. Ini merupakan kuliner yang hanya ada di Kebumen. Biasanya, kethek disantap dengan nasi hangat dan juga tempe goreng atau juga dengan getuk. Olahan unik yang memang hanya ada di kebumen. Tak hanya rasanya yang unik, penamaanya juga begitu tidak biasa. Kuliner satu ini dibungkus dengan daun pisang, menambah citarasa tradisional.

Sudah Mulai Langka

Kethek dan kuliner tradisional lainnya, Via instagram kakilangka
Kethek dan kuliner tradisional lainnya, Via instagram kakilangka

Bisa dibilang saat ini kethek sudah jarang ditemui di etalse jajanan ataupun juga pasar. Kuliner khas Kebumen satu ini sudah mulai langka atau tidak semudah dulu ditemui. Sepertinya tidak ada regenerasi yang baik para pembuat kethek. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada sama sekali, ada satu atau dua tempat uang masih menawarkan kethek sebagai menu yang dijual.

Bahan Baku Pembuat Kethek

Kethek dimakan bersama getuk, Via Instagram citrarizqinarianti
Kethek dimakan bersama getuk, Via Instagram citrarizqinarianti

Kethek dibuat dengan bahan dasar blondo atau perasan ampas pembuatan minyak kelapa yang dikukus kemudian diberi bumbu-bumbu seperti halnya cabe, garam, kencur, gula, bawang putih, bawang merah, daun salam dan juga lengkuas. Untuk semakin memperkaya citarasa dari kethek ini, biasanya ditambah dengan petai cina. Untuk warnannya sendiri ada yang putih ataupun hitam. Citarasa dari kethek adalah gurih dan lezat, bagi para pencintanya tidak kalah dengan menu-menu santap lainnya.

Cara Pembuatan Kethek

Pasangan yang serasi, getuk dan juga kethek, Via Instagram fairuzdarin
Pasangan yang serasi, getuk dan juga kethek, Via Instagram fairuzdarin

Sebenarnya cara pembuatan kethek ini cukup mudah, sehingga kamu tak perlu jauh-jauh berkeliling ke Kebumen untuk sekedar mencicipiny. Berikut ini tahapan membuat kethek,

? Haluskan blondo dengan cara diulek
? haluskan juga bumbu-bumbu kemudian campurkan ke blondo yang sudah diulek sebelumnya
? bungkus adonan tadi dengan daun pisang lalu dikukus
? tunggu beberapa menit, dan siap dicoba.

Pembuatanya sebenarnya sangat mudah tapi entah kenapa sekarang sudah mulai langka dan jarang ditemui. Buat sendiri memang bisa, tapi jika ingin merasakan kethek yang sangat khas Kebumen, kamu perlu berjelajah ke daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Walet ini.

Advertisement
Tags
Kebumen kethek kethek khas kebumen kuliner Indonesia
Share