Keindahan Kepulauan Togean yang Sayang Untuk Dilewatkan

Advertisement

Kepulauan Togean merupakan salah satu taman nasional milik Indonesia yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Tepatnya berada di sekitar Teluk Tomini. Sejak tahun 2004 tempat ini telah resmi menjadi taman nasional dengan kekayaan bahari yang luar biasa. Maka itu banyak yang datang ke sini untuk melakukan snorkeling juga diving. Empat tempat yang akan disebutkan di bawah ini adalah destinasi yang harus dikunjungi saat ke Taman Nasional Kepulauan Togean.

Bomber Wreck Point

Diver yang sedang berenang di sekitar B-24 Liberator via instagram
Diver yang sedang berenang di sekitar B-24 Liberator via instagram/@wanor_wm

Tak hanya melakukan penyelaman dengan pemandangan terumbu karang dan biota laut. Di titik ini kamu dapat menyelam sekaligus melihat bangkai pesawat perang yang tenggelam di sini. Bangkai B-24-Liberator yang merupakan pesawat pengebom milik Amerika Serikat dapat ditemukan di kedalaman 20 meter. Bagian interior pesawat ini masih terlihat jelas, seperti dashboard, kokpit, juga ujung-ujung senapannya.

Batu Lemboto

Gugusan karang yang berada di Batu Lemboto via instagram
Gugusan karang yang berada di Batu Lemboto via instagram/@fahrilamasinae

Kekayaan bawah laut Kepulauan Togean cukup memukau. Berbagai macam karang dan biota laut hidup di dalamnya. Tempat ini juga memiliki empat macam jenis terumbu karang. Seperti karang benteng, karang tepi, karang tompok, dan atol. Salah satu yang paling terkenal di titik Batu Lemboto adalah gugusan karang dengan bentuk menyerupai penyu raksasa yang berenang di bawah laut.

Pulau Taipi

Foto aerial dari Pulau Taipi via instagram
Foto aerial dari Pulau Taipi via instagram/@im.owan

Jarak Pulau Taipi berada tak jauh dari Pulau Kadidiri. Biasanya pelancong datang ke tempat ini setelah dari Pulau Kadidiri. Pemandangan bawah lautnya tak kalah indah. Di sini kamu dapat snorkeling dan melihat beberapa pemandangan karang yang memesona.

Pulau Kadidiri

Salah satu resort yang berada di Pulau Kadidiri via instagram
Salah satu resort yang berada di Pulau Kadidiri via instagram/@topan_permana

Di kalangan traveler, Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau dengan keindahan yang tersembunyi. Tempat yang cukup dikenal oleh traveler mancanegara ini memiliki banyak biota laut yang indah. Bahkan, terdapat beberapa wisatawan asing yang memilih menetap di sini dan berprofesi sebagai dive master. Sehingga tepat sekali untuk didatangi para pecinta diving atau snorkeling.

Keindahan bahari yang dimiliki oleh Indonesia memang tersebar di seluruh sudutnya. Karena itu menyelami keindahan bawah lautnya menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Titik diving atau snorkeling mana yang paling kamu kenang keindahannya?

Advertisement
Tags
Indonesia Kepulauan Togean Sulawesi Tengah Wisata
Share