Selain Wisata, 4 Kedai Kopi di Bali ini Juga Patut Dicoba

Advertisement

Perjalanan kopi di Pulau Dewata telah melewati fase serta pasang surut yang panjang. Di tahun 1978, seluas 9.000 hektar area ditanami kopi oleh Dinas Perkebunan Bali. Hingga di tahun 1992 PT Perkebunan XXVI membuat pabrik pengolahan kopi di Desa Mengani.

Saat ini pabrik pengolahan kopi tersebut dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bangli dan bekerja sama dengan pihak swasta. Tak heran jika kopi arabika Kintamani juga memiliki reputasi yang diperhitungkan dalam dunia kopi. Melihat hal tersebut, Travelingyuk mengajakmu untuk mencoba empat kedai kopi yang ada di Pulau Bali.

1. Bhineka Djaja

Kedai kopi yang telah buka sejak tahun 1935 via instagram
Kedai kopi yang telah buka sejak tahun 1935 via instagram/@pmasadji

Sebelum membahas kedai kopi modern, mari kita tengok tetuanya terlebih dahulu. Bhineka Djaja adalah kedai kopi yang telah menyajikan aroma wangi sejak tahun 1935. Kedai yang terletak di Jalan Gajah Mada No.80, Denpasar, ini menyajikan berbagai macam varian kopi. Mulai dari kopi Kintamani, Toraja, Arabika, hingga Robusta. Penikmatnya tak hanya warga sekitar atau turis domestik. Tapi wisatawan mancanegara juga kerap memperbincangkan rasa kopi di tempat ini.

2. Kopitoko

Penyajian kopi di Kopitoko via instagram
Penyajian kopi di Kopitoko via instagram/@kopitokobali

Meskipun tempatnya tak terlalu besar, Kopitoko memiliki konsep yang unik. Ukuran ruangan yang tak terlalu besar, namun dengan penataan yang cantik. Untuk jenis kopi, Kopitoko menyediakan kopi house blend dari Kintamani dan Aceh Gayo. Pengolahan biji kopinya pun diroasting sendiri. Selain itu, kedai yang beralamat di  Jalan Pantai Sindu No.5 Sanur ini juga sedang menggiatkan program take away-nya.

3. Simply Brew

Pengunjung dapat meracik kopinya sendiri via instagram
Pengunjung dapat meracik kopinya sendiri via instagram/@thecoffeelifestyle

Simply Brew menawarkan konsep unik bagi pengunjungnya. Bukan hanya perihal konsep kafe atau interior, namun lebih ke cara penyajiannya. Kedai kopi yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai No 127A, Denpasar, ini memberikan kebebasan pelanggan untuk meracik kopi sendiri. Sehingga selera kopi dapat disesuaikan dengan penikmatnya masing-masing.

4. Sensa Koffie

Kopi yang sedang diracik oleh barista via instagram
Kopi yang sedang diracik oleh barista via instagram/@sensakoffie

Sensa Koffie memiliki ruang yang cukup luas. Di dalamnya berisi perpaduan warna putih dan coklat. Tempat yang berada di Jalan Dewi Sri, Kompleks Ruko Parwata, Blok 2-3, Kuta, ini menyajikan berbagai olahan kopi nusantara. Baik dalam bentuk siap minum maupun biji kopi pilihan. Tak hanya kopi, Sensa juga menyajikan berbagai macam pastry hingga main course.

Menikmati kopi di Bali juga dapat menjadi aktivitas yang menarik. Terlebih lagi dengan reputasi kopi arabika Kintamani yang cukup tersohor. Kalau kamu suka kopi apa?

Advertisement
Tags
Arabika Kintamani Bali Indonesia kopi kuliner
Share