Traveling ke 5 Negara ini, Kamu Bisa Menikmati Indahnya Kebun Tulip

Advertisement

Sejak dulu, hamparan luas yang ditumbuhi berbagai macam bunga warna-warni selalu berhasil menarik hati pengunjung untuk mendekat dan berdiam lama-lama. Di Indonesia sendiri wisata jenis ini sudah banyak yang ramai dibanjiri wisatawan, sebut saja Taman Bunga Nusantara di Cianjur, juga Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng. Yang belum ada di tanah air adalah kebun bunga Tulip yang sangat indah itu. Di mana saja ya adanya?

Belanda

Keukenhof Tulips Festival - Holland
Keukenhof Tulips Festival – Holland [image source]
Sudah bukan rahasia, yang pertama teringat saat berbincang tentang tanaman yang satu ini adalah Belanda. Bahkan tulip menjadi salah satu maskot dari negara ini. Ketika berkunjung, wajib hukumnya untuk menginjakkan kaki di Keukenhof, taman bunga terbesar di dunia. Di sini kamu akan melihat hamparan luas yang penuh dengan tulip berbagai warna dan jenis yang memanjakan mata. Betah dan tak ingin pulang, deh. Untuk menikmati musim ini silakan datang sekitaran bulan April – Mei. Bisa menginap di Hotel de Duif Lisse – Schiphol yang bertarif mulai 400 ribuan rupiah saja. Ke taman hanya jalan kaki.

Keukenhof Tulips Festival Belanda
Keukenhof Tulips Festival Belanda [image source]
Keukenhof Park

Lokasi:  2160 AB, Stationsweg 166, 2161 AM Lisse, Belanda

Turki

Emirgan Park, Istanbul
Emirgan Park, Istanbul [image source]
Meski dikenal tanaman cantik yang berasal dari Belanda, Tulip sebenarnya tumbuh lebih dulu di Turki. Namanya pun berasal dari bahasa negara ini yang berarti ‘turban’ yang biasa digunakan oleh masyarakat Turki. Namun, bukan berarti Turki tak bisa unjuk diri sebagai asal dari bunga cantik tersebut. Tempat yang paling indah untuk menyaksikan sendiri surga warna-warni ini adalah di Taman Emirgan, Istabul, apalagi saat festival yang digelar sekitar bulan April – Mei. Akan ada jutaan bibit tulip yang mekar dengan sangat menawannya.

Tulip Istanbul
Tulip Istanbul [image source]
Emirgan Park

Lokasi: Huzur Mahallesi, 34396 ?i?li, ?stanbul, Turki

Srinagar, India

Indira Gandhi Garden
Indira Gandhi Garden [image source]
Tak kalah dengan Turki, India juga mempunyai lapangan luas yang ditumbuhi bunga bernama ilmiah Tulipa. Lokasinya sangat strategis, yaitu berada di kaki bukit Zabarwan. Gugusan bukit sepanjang 32 kilometer yang membentang dan menghiasi panorama kota Srinagar. Terbayang kan, taman bunga saja sudah indah, apalagi jika pegunungan yang menjadi panorama latar belakangnya? Wah! Indira Gandhi Memorial Tulip Garden ini disebut-sebut sebagai yang paling besar di ASIA, lho. Yakin tak ingin kesini? Naik bajaj dari kota Srinagar cuma 20 menitan, lho dengan tiket masuknya seharga 10 ribuan rupiah.

Indira Garden Memorial - Srinagar
Indira Garden Memorial – Srinagar [image source]
Indira Garden Memorial

Lokasi:

Jepang

Tanomi Tulip Fair, Jepang
Tonami Tulip Fair, Jepang [image source]
Negara di Asia lainnya yang memiliki kebun bunga tulip, yaitu Tonami Tulip Fair. Di sini juga akan ada museum tulip yang memamerkan berbagai jenis langka dari tanaman ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba terbang dengan balon udara dan menikmati panorama taman dari ketiinggian. Tiket masuk ke taman ini ssekitar 35 ribu rupiah. Untuk bisa sampai di sini, kamu bisa menaiki kereta JR Johana Line dari Stasiun Takaoka ke Stasiun Tonami dengan harga 28 ribu rupiah saja. Dari sini kamu cukup berjalan kaki selama kurang lebih lima menit ke arah timur.

The Tonami Tulip Fair, Jepang
The Tonami Tulip Fair, Jepang [image source]
The Tonami Tulip Fair

Lokasi: 1-32 Hanazonomachi, Tonami City, Toyama Prefecture, Jepang

Shanghai, China

Shanghai Flower Port, China
Shanghai Flower Port, China [image source]
China juga dikenal memiliki banyak taman bunga-bunga yang sangat cantik. Setiap bulan Maret hingga April, Shanghai Flower Port berubah menjadi rasa Belanda karena ratusan macam tulip akan bermekaran dengan warna-warni cantik. Biasanya pameran bunga ini bisa dinikmati sejak bulan Maret hingga April. Lokasinya cukup jauh dari kota, namun destinasi ini wajib dikunjungi agar tidak menyesal di kemudian hari. Hotel di sekitaran, seperti Holiday Inn Express Nanhuizui yang semalamnya bertarif mulai 400 ribuan rupiah.

Shanghai Flower Port
Shanghai Flower Port [image source]
Shanhai Flower Port

Lokasi: Huqingping Hwy, Minhang Qu, Shanghai Shi, Republik Rakyat Tiongkok, 201105

Nah, dicatat nih bulan-bulan waktu bunga ini bersemi. Bisa untuk rencana liburan tahun depan, kan. Ajak sahabat atau keluarga untuk menikmati suasana musim indah ini. Setuju?

Advertisement
Tags
kebun tulip di dunia
Share