Kebun Raya Kuningan, Pesona Taman Wisata Terluas di Indonesia Suguhkan Kesegaran Khas Kaki Gunung Ciremai

Advertisement

Kebun Raya Kuningan, dibangun atas dasar kesadaran konservasi Kabupaten Kuningan untuk menangkap peluang dalam pemanfaatan sumber daya hayati. Pembangunan taman wisata ini terinspirasi dari keberhasilan Kebun Raya Bogor sebagai lembaga konservasi sekaligus pariwisata. Berada di kaki Gunung Ciremai, kawasan ini miliki ‘nilai’ yang strategis. Selain itu, ia juga merupakan taman wisata terbesar di Indonesia. Penasaran? Atau sudah terpikir mau mengunjunginya? Simak lebih dulu artikel berikut ini!

1. Taman Wisata Terluas

Taman Wisata Lebih Luas dari Kebun Raya Bogor via Instagram/ melawdy02

Kebun Raya Kuningan merupakan taman wisata terluas di Indonesia. Luasnya yaitu 146 hektar. Sementara itu, sebagai bayangan, luas Kebun Raya Bogor adalah 87 hektar. Di lahan seluas ini, Teman Traveler dapat menemukan setidaknya 93 jenis tumbuhan. Menarik ya? Terutama untuk pengunjung yang sangat menyukai aneka tanaman.

2. Berada di Kaki Gunung Ciremai

Kebun Raya Kuningan
Kebun Raya Kuningan via Instagram/@iinnina_ 

Taman wisata kebangaan masyarakat Kuningan ini berada di kawasan kaki Gunung Ciremai. Hal tersebut membuat cuaca di kawasan ini sejuk sekali. Topografi Kebun Raya Kuningan adalah berbukit-bukit dengan ketinggian bervariasi; mulai dari 490 – 870 mdpl. Berada di ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut, Teman Traveler akan betah dengan sejuk dan kesegarannya. Tempat ini cocok untuk siapa pun yang sedang butuh dengan kesegaran dari pegunungan tetapi tidak ingin mendaki.

3. Terbagi dalam Zona Tematik

Taman Tematik di Kebun Raya Kuningan via Instagram/ sugi_retnosari

Kebun Raya Kuningan pertama kali buka pada 2014. Beberapa tahun kemudian, lokasi ini sempat buka dan tutup. Pasalnya, pihak pengelola KRK masih terus melakukan pengembangan. Pada awal 2018, taman wisata ini bisa kembali dinikmati. KRK terbagi menjadi beberapa zona tematik. Seperti Tema Tumbuhan Endemik Ciremai, Taman Tematik Mangga dan Taman Tematik Bunga Begonia. Di sini juga terdapat batuan vulkanik yang instagenic. Meski masih terus dalam pengembangan, taman wisata ini sudah banyak dikunjungi.

4. Lokasi dan Tiket Masuk

Salah Satu Spot Instagenic di KRK via Instagram/ _agungsusanto_

Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan. Dari pusat Kota Kuningan, jaraknya sekitar 20 menit menggunakan kendaraan. Sementara itu, bila Teman Traveler datang dari arah Cirebon, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam. Untuk masuk kawasan, Teman Traveler cukup membayar sekitar Rp 10 ribu.

Setelah jalan-jalan di Kebun Raya Kuningan, Teman Traveler bisa melanjutkan liburan ke Telaga Remis, Curug Landung atau Cadas Gantung. Jangan lupa juga cicipi kulinernya yang terkenal seperti Hucap, Nasi Kasreg, Rujak Kangkung, Golono, Ketempling, Tahu Kopeci atau Papais. Menyenangkan ya? Tertarik? Yuk ajak keluarga dan beberapa teman ke sini! Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat kebun raya kuningan Kuningan Wisata wisata kuningan
Share