Sebagai Negara Tropis, Ini Dia Pesona 7 Kawasan Bersuhu Dingin di Indonesia

Advertisement

Berada di 7 kawasan bersuhu dingin di Indonesia berikut ini, Teman Traveler bisa-bisa lupa sedang berada di negeri ini. Indonesia yang secara karakteristik masuk dalam kategori iklim tropis basah, memiliki suhu rata-rata 25 hingga 36 derajat celcius. Meski begitu, di beberapa daerah ini, suhu udara minimal bisa mencapai 9 derajat celcius lho. Jauh di bawah suhu rata-rata. Sudah terbayang dinginnya? Lalu, kawasan mana sajakah itu? Simak ulasan berikut yuk!

1. Kotamulia, Puncak Jaya – Papua

Lanskap Kotamulia yang Harus Dinikmati dengan Baju Hangat
Lanskap Kotamulia yang Harus Dinikmati dengan Baju Hangat via Instagram/gilangtriep

Satu dari 7 kawasan bersuhu dingin di Indonesia berikut ini ada di Tanah Cenderawasih. Ia merupakan distrik yang merupakan pusat pemerintahan. Curah hujan di kawasan ini terjadi hampir sepanjang tahun. Pada malam hari, suhu terendah Kotamulia dan daerah-daerah di Puncak Jaya bisa mencapai 9 derajat celcius. Sementara, siang harinya mencapai 15 derajat celcius. Suhu udara yang dingin ini disebabkan oleh letaknya yang berada di ketinggian 2.448 mdpl.

2. Waghete, Deiyai – Papua

Kebayang Dinginnya Waghete
Kebayang Dinginnya Waghete via Instagram/agoesvp

Weghete merupakan salah satu kota di Kabupaten Deiyai. Terletak di pinggir Danau Tigi, yang merupakan danau purba. Kawasan ini berada di ketinggian 1.700 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, suhu di kota ini rata-rata mencapai 15 derajat celcius di siang hari dan 10 derajat celcius di malam hari. Di sini, Teman Traveler setiap hari akan menghirup udara sejuk yang menyegarkan.

3. Berastagi, Karo – Sumatera Utara

Kecantikan Alami yang Dingin Milik Berastagi
Kecantikan Alami yang Dingin Milik Berastagi via Instagram/jimmycrimps

Sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini masuk dalam salah satu dari 7 kawasan bersuhu dingin di Indonesia. Berjarak 66 Km dari Kota Medan, Berastagi punya lanskap yang cantik. Kecamatan ini berada di ketinggian 1300 mdpl. Suhu di daerah ini bisa mencapai 16 derajat celcius.

4. Lembang, Bandung Barat

Orchid Forest di Lembang yang Bersuhu Dingin
Orchid Forest di Lembang yang Bersuhu Dingin via Instagram/hellotris_

Siapa yang betah sekali berlibur ke Lembang karena udaranya? Yap! Lembang di Bandung Barat memang punya udara rata-rata yang sejuk.

Sambil menikmati pemandangan yang cantik, mengunjungi aneka destinasi wisata yang menyenangkan, Teman Traveler akan terbuai dengan kesegarannya. Berada di kawasan 1300 – 2100 mdpl, suhu di Lembang bisa mencapai 17 derajat celcius.

5. Mamasa, Mamasa – Sulawesi Barat

Mamasa, Sulawesi Barat yang Dinginnya Bisa Belasan Derajat
Mamasa, Sulawesi Barat yang Dinginnya Bisa Belasan Derajat via Instagram/fery7899

Mamasa di Sulawesi Barat, masuk dalam 7 kawasan bersuhu dingin di Indonesia sebab punya suhu yang dapat mencapai angka 16 derajat celcius. Kabupaten Mamasa juga punya lanskap yang cantik. Terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Liburan ke sini, dijamin betah!

6. Ciwidey, Kabupaten Bandung

Dinginnya Rancaupas Ciwidey yang Bikin Betah
Dinginnya Rancaupas Ciwidey yang Bikin Betah via Instagram/chitraachiet

Selain Lembang, Ciwidey juga menjadi destinasi wisata di Bandung yang punya udara sejuk. Berlama-lama di kawasan ini, Teman Traveler akan betah karena suhunya bisa mencapai 16 derajat celcius. Lanskap Ciwidey, difungsikan sebagai sarana wisata yang dapat menarik banyak pengunjung. Teman Traveler yang pernah ke Ciwidey, pasti akan tahu seperti apa dinginnya kawasan ini.

7. Ruteng, Flores – NTT

Danau di Ruteng, Meski Dingin Banyak Dikunjungi
Danau di Ruteng, Meski Dingin Banyak Dikunjungi via Instagram/fettyprihastini

Pesona 7 kawasan bersuhu dingin di Indonesia yang satu ini berada di Kabupaten Manggarai, Flores. Berada di ketinggian 1.118 mdpl, suhu di Ruteng bisa mencapai 15 derajat celcius. Suhu dingin di kawasan ini, menjadi daya tarik selain seribu biara yang bisa Teman Traveler kunjungi.

Dari tujuh kawasan bersuhu dingin di Indonesia, mana yang menjadi favorit Teman Traveler? Jika sesekali bosan dengan suhu panas perkotaan, mereka bisa jadi pilihan terbaik!

Advertisement
Tags
Indonesia Papua tujuh kawasan bersuhu dingin di indonesia Wisata
Share