Alamak, Setelah Direnovasi Kastil di Turki Ini Malah Mirip SpongeBob

Advertisement

Mungkin arsitek yang bertanggung jawab atas renovasi sebuah situs bersejarah di Turki ini tidak akan menyangka jika hasil karyanya berakhir dengan cibiran para pengguna internet di seluruh dunia. Pasalnya sebuah kastil kuno yang mereka renovasi menghasilkan bangunan baru yang mirip dengan tokoh kartun SpongeBob. Tak ayal banyak netizen yang mengolok-oloknya.

Kastil kuno yang menjadi olok-olok di media sosial ini diketahui bernama Kastil Ocakli yang berlokasi di Kota Sile. Dilansir Travelingyuk dari BBC, kastil ini berasal dari abad ke-19 dan membutuhkan renovasi total setelah diketahui kondisinya dalam keadaan rusak parah. Pemugaran yang dilakukan selama tahunan itu memang menghasilkan bangunan baru yang lebih fresh sayang bentuknya yang dinilai mirip SpongeBob malah menjadi buah bibir banyak pengguna internet.

Kastil Ocakli mirip SpongeBob [image source]
Kastil Ocakli mirip SpongeBob [image source]
Sepintas bangunan kastil yang baru ini memang menyerupai SpongeBob hanya minus warna kuning saja. Pada satu sisi terdapat dua jendela besar berbentuk kotak dengan tambahan jendela berbentuk setengah lingkaran yang terlihat seperti mata lengkap dengan alisnya dan jendela lebih kecil di bawahnya yang mirip mulut makin membuat penampakan kastil seperti wajah tokoh kartun berwarna kuning itu.

Beberapa komentar pedaspun mulai bertebaran di mesia sosial. Salah satu akun Twitter bernama @aakifozz bahkan memberikan sindiran bahwa kastil yang baru itu tidak lebih seperti bangunan peringatan atas SpongeBob. Komentar lainnya juga dilontarkan oleh seorang jurnalis bernama Zeynep Gurcanli yang mengaku tertawa dengan hasil pemugaran tersebut dan menganggapya sebagai karya yang menyedihkan.

Bentuk asli Kastil Ocakli [image source]
Bentuk asli Kastil Ocakli [image source]
Meski demikian penanggung jawab proyek tidak serta merta diam begitu saja atas beragam ejekan yang dilontarkan orang-orang kepada hasil karyanya. Diketahui Prof Kemal Kutgun Eyupgiller sebagai penanggung jawab memberikan pembelaan dengan menganggap orang-orang tidak memahami proses pembuatannya yang memang sangat sulit karena mengembalikan bangunan yang sebelumnya rusak parah.

Proses Renovasi Kastil Ocakli [image source]
Proses Renovasi Kastil Ocakli [image source]
Apapun tanggapan negatif yang diberikan sebenarnya hasil ronovasi ini layak untuk diapresiasi. Pasalnya kondisi kastil sudah semakin memburuk setelah pertama kali dibangun pada ratusan tahun lalu. Dengan pemugaran ini traveler bisa melihat situs-situs kuno yang terdapat di Turki dan mendapatkan pelajaran banyak dari sejarah yang menaunginya.

Advertisement
Tags
Kastil Luar negeri Turki Wahana Wisata
Share