KEREN BANGET! GoPro ini Merekam Luar Angkasa Selama DUA TAHUN

Advertisement

Kehadiran kamera sport GoPro membawa perubahan besar dalam dunia fotografi. Kegiatan ekstrim yang dulu hanya bisa dirasakan oleh pelakunya, kini bisa diabadikan oleh kamera mungil yang handal ini. Salah satu yang paling menakjubkan adalah gambaran permukaan bumi dari luar angkasa yang direkam oleh kamera GoPro. Yang spesial adalah, rekaman ini baru ditemukan setelah dua tahun!

Jika biasanya kamera GoPro digunakan untuk merekam hal-hal ekstrim yang kadang berujung pada maut, lain halnya dengan sekelompok mahasiswa dari Stanford University yang memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih heroik. Mereka membuat proyek menerbangkan GoPro menggunakan balon udara menuju luar angkasa.

Permukaan bumi direkam GoPro dari Luar Angkasa [image source]
Permukaan bumi direkam GoPro dari Luar Angkasa [image source]
Rencana tersebut kemudian direalisasikan pada bulan Juni 2013. Bryan Chan selaku salah satu penggagas ide gila ini bersama teman-temannya mengambil lokasi sekitar 35 km dari Grand Canyon. Saat itu dalam satu box berisi kamera GoPro ini disematkan pula smartphone yang terkoneksi dengan AT&T yang akan mereka gunakan untuk melakukan tracking lokasi ketika balon tersebut mendarat.

Pada awalnya semua berjalan sesuai dengan rencana, keberadaan balon udara beserta kamera yang dibawa masih terlacak. Balon udara terbang menuju stratosfer bumi yang berjarak 30,1 km dari permukaan dan pada titik itulah balon udara kehilangan kontak karena memang jarak tersebut berada di luar jangkauan koneksi mobile.

Bryan dan tim sudah putus asa dan merelakan kamera miliknya yang hilang di luar angkasa. Namun dua tahun kemudian secara tidak sengaja seorang petualang wanita bernama Pearl Tsosie yang sedang hiking di kawasan Colorado menemukan perangkat Gopro beserta smartphone miliknya. Secara kebetulan pula ia adalah pegawai AT&T.

Dari SIM card di smartphone tersebut kemudian diketahui siapa pemilik benda tersebut. Sebelumnya ia juga sempat membuka isi rekaman di kamera GoPro tersebut dan terkejut melihat hasil rekamannya. Ia tidak menyangka jika kamera sport tersebut pernah terbang hingga ke luar angkasa. Setelah itu Tsosie menghubungi Bryan dan mengembalikannya. Setelah dua tahun akhirnya terkuak rekaman keindahan bumi di kawasan Grand Canyon dari GoPro yang sempat hilang selama 2 tahun. Penasaran dengan isi videonya? Anda bisa melihatnya pada rekaman di atas.

Advertisement
Tags
GoPro Kemampuan Kamera GoPro Permukaan Bumi
Share