Jajan Kuliner Jogja di Kafe-Kafe Instagram-able ini yuk!

Advertisement

Yogyakarta selain terkenal dengan beragam destinasi wisata alam, budaya, dan sejarah, kota ini juga disebut sebagai Kota Pelajar. Begitu banyak sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas serta perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berdiri disana.

Maka tak heran jika banyak anak muda dari berbagai kota yang mengenyam pendidikan di sana. Hal ini kemudian menjadi peluang usaha bagi sebagian orang yang tinggal di kota tersebut. Kuliner Jogja adalah salah satu peluang usaha yang menarik. Kebiasaan nongkrong yang saat ini sedang marak dikalangan anak muda, membuat usaha kuliner dengan konsep kafe kian berkembang. Beberapa diantaranya membuka kafe unik dan cantik dengan harga ekonomis yang dapat dijangkau kantong mahasiswa. Mau tau kafe apa saja? Yuk kita simak!

1. Raisin Resto & Kitchen

Salah satu sudut di Raisin resto & Kitchen [image source]

Raisin Resto & Kitchen baru dibuka pada bulan Maren 2016 lalu, namun meski belum genap setahun kafe satu ini sukses mencuri perhatian anak muda khususnya di wilayah Jogja karena mengusung konsep healty. So, buat kamu yang ingin nongkrong cantik tapi takut gemuk langsung datang saja ke Jalan Sagan III no 5, Yogyakarta. Disini kamu bisa mencoba berbagai kreasi menu smoothiebowl yang enak, bikin kenyang, dan tetap sehat tentunya.

Beberapa menu di Raisin Resto & Kitchen [image source]

Berbagai menu lain yang tak kalah menarik juga tersedia disini, seperti Raisin’s Javanese Salad, Chicken and Chips, Gyutandon, hingga Durian Sticky Rice. Tak ketinggalan aneka kopi siap memanjakan lidah para coffee lovers. Selain berhasil menarik pengunjung karena hidangannya yang menggoda selera, Raisin Resto & Kitchen memiliki desain interior dengan warna serba putih dan hijau yang tampak unik dan cantik. Dengan tanaman hijau yang diletakkan dibeberapa sudut ruangan menambah suasana nyaman saat nongkrong bersama kawan-kawan. Buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, cukup dengan Rp 15.000,- sampai Rp 45.000,- saja kamu sudah bisa menikmati makanan yang disajikan disini.

Lokasi : Jalan Sagan III no 5, Yogyakarta.

Phone: (0274) 2923797

2. Kedai Sruput Jogja

Salah satu sudut di Kedai Sruput [image source]

Pernah bayangin gimana jadinya kalo singkong goreng hangat empuk nan gurih dicocol ke dalam saus nutella atau disiram dengan madu manis nan legit? Kalau belum pernah, kamu bisa langsung datang ke Kedai Sruput Jogja yang terletak di Jalan Bumijo no. 1 Yogyakarta. Kedai ini menyajikan snack singkong premium dalam berbagai macam kreasi dan rasa sebagai menu andalannya. Selain itu, masih ada snack lain seperti roti dan pisang panggang nutella keju.

Mie ayam lada hitam, salah satu hidangan kreasi di Kedai Sruput Jogja [image source]

Kalau perut sedang keroncongan, ada beberapa pilihan menu utama yaitu chicken katsu, cumi-cumi saus hitam, chicken wing barbeque, hingga aneka kreasi indomie antara lain mie rebus ayam barbeque, lada hitam, indomie goreng chicken wing, dan masih banyak lagi. Tak perlu bayar mahal untuk dapat menikmati hidangan disini, karena menu di Kedai Sruput Jogja dibanderol dengan harga mulai Rp 4.000,- sampai Rp 20.000,- saja. Buka setiap hari Senin-Jumat pukul 3 sore hingga 10 malam dan Sabtu sampai pukul 11 petang.

Lokasi : Jalan Bumijo no. 1 Yogyakarta.

Phone:(0274) 560745

3. Kedai Juyo

Kedai Juyo Yogyakarta [image source]

Mendengar namanya yang menggunakan kata “kedai”, mungkin banyak yang mengira tempat ini sangatlah sederhana dengan menu kuliner Jogja yang standart saja. Tapi jangan salah kaprah, tampilan bangunan Kedai Juyo dan hidangan yang ditawarkan disana sekelas dengan kafe. Jika penasaran, kamu bisa langsung datang ke Jalan Melon No.8B Mundusaren atau Jalan Pandeyan Umbulharjo karena sudah ada dua cabang yang buka di Yogyakarta. Well, ini juga membuktikan kalau tempat makan ini memang ramai dan patut untuk dicoba.

Salah satu menu di kedai Juyo [image source]

Menu utama mulai dari makanan tradisional seperti Nasi Goreng dan Kenikir Chicken Balinese hingga hidangan mancanegara yaitu British Fish and chip serta Ramen Kare Udon bisa kamu temukan di Kedai Juyo. Bagi para coffee lovers, jangan khawatir! Disini juga menyediakan berbagai jenis kopi yang dijamin asli! Menu dibanderol dengan harga mulai Rp 4.000,- sampai Rp 36.000,- saja, so tak perlu takut kantong bolong kalau nongkrong disini. Kafe ini buka pukul 11 siang hingga 12 malam dilengkapi dengan free WiFi dan tempat duduk yang cozy banget.

Lokasi :  Jalan Melon No.8B Mundusaren, Yogyakarta

Phone: 0818-0581-2666

4. Djogan Mangkuyudan

Suasana di Djogan Mangkuyudan [image source]

Djogan Mangkuyudan, sebuah kafe sederhana yang terletak di Jalan Mangkuyudan 46, Yogyakarta. Bertempat di ruangan semi terbuka dengan menggunakan furniture serba kayu menghadirkan suasana segar dan nyaman bagi para pelanggan yang berkunjung kemari. Meski terlihat sederhana, namun sebenarnya kafe ini bisa dibilang surga bagi para pecinta kopi berkantong pas-pasan, karena menu yang tersedia disini dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat.

Salah satu menu yang ada di Djogan Mangkuyudan [image source]

Beberapa menu yang tersedia di Djogan Mangkuyudan antara lain, Sotang alias sosis yang dipadu dengan kentang, mie rebus dan goreng huh-hah dengan rasa yang bisa membuat lidahmu terpana, risoles cokelat, dan masih banyak lagi. Kalau soal kopi, jangan tanya lagi semua bisa kamu temukan disini. Staff yang sedang meracik minuman menjadi pemandangan menarik tersendiri yang bisa kamu saksikan langsung disini. Buka setiap hari Selasa sampai minggu pukul 18.00 hingga 00.00.

Lokasi : Jalan Mangkuyudan 46, Yogyakarta.

Phone : 0813-5767-6888

5. Makan Minum Bistro

Makan Minum Bistro dengan interiornya yang unik dan cantik [image source]

Makan Minum Bistro terletak di Jalan Taman Siswa No.156 Yogyakarta atau tepatnya di sebelah utara Fakultas Hukum UII. Kafe ini menyajikan aneka Chinese Food terutama hidangan mie. Istimewanya lagi disini kamu bisa menikmati hidangan mie terbang alias Flying Noodle dengan berbagai rasa mulai dari original, ayam, hingga mozarella. So, buat kamu yang ngaku sebagai noodle lovers, kafe yang satu ini wajib pake banget untuk masuk daftar kunjunganmu.

Flying noodle, menu andalan di Makan Minum Bistro Yogyakarta [image source]

Kafe dengan interior bergaya meksiko yang colorful dan instagramable ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 22.00. Mungkin memang menu yang ditawarkan disini begitu berkelas, apalagi mienya yang terbang-terbang itu lho! Tapi jangan salah, makan di kafe ini tidak membuat kantong bolong kok karena menunya dibanderol dengan harga Rp 8.000,- hingga Rp 26.000,- an saja. Nggak percaya? Coba buktikan sendiri, yuk!

Lokasi : Taman Siswa No.156 Yogyakarta

Phone:0812-1309-8094

6. TOM’S Milk

Beberapa pengunjung yang sedang asyik mengabadikan momen nongkrongnya di Tom’s Milk [image source]

Tom’s Milk, kafe yang terletak di Jalan Kledokan Raya Gang Garuni II. Seturan dan di Jalan Kaliurang KM 14, Yogyakarta ini bisa dibilang surga bagi para pecinta susu. Karena disini kalian bisa nongkrong seru bareng teman-teman sambil menikmati 40 variasi menu kuliner Jogja berbahan dasar susu segar. Tapi tenang saja, buat kamu yang keroncongan ada juga berbagai hidangan makanan lezat seperti roti bakar, ayam geprek, nasi goreng, hingga aneka kreasi indomie.

Aneka hidangan menggugah selera di Tom’s Milk [image source]

Jika kamu tidak suka susu, tenang saja karena masih ada squash, teh, dan kopi yang bisa temani nongkrong serumu. Tom’s milk buka mulai pukul 12 siang sampai 12 malam. tak lupa dilengkapi free WiFi dengan kecepatan 40 mbps. Harga yang ditawarkan di kafe ini pun sangat bersahabat di kantong, yaitu mulai Rp 4.000,- sampai Rp 24.000,- saja. Gimana, menarik kan? Makanya segera ajak teman-temanmu nongkrong atau mengerjakan tugas disini.

Lokasi : Jalan Kaliurang KM 14, Yogyakarta

Phone: (0274) 4534567

7. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu di Yogyakarta [image source]

Sedang mencari tempat nongkrong dengan suasana tenang, asri, nyaman dan instagramable plus menyediakan menu kuliner Jogja? Langsung saja datang ke Joglo Pari Sewu yang terletak di Bromonilan Purwomartani Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Kafe ini menyediakan menu utama aneka hidangan khas Indonesia seperti Ayam Gepuk Kemangi, Pecel, Ayam Woku, dan masih banyak lagi dengan rasa yang menggoda selera. Selain itu juga ada berbagai snack seperti pisang green tea dan red velvet, french fries, serta omelet spesial yang akan menemani nongkrong cantikmu bersama teman-teman.

Pecel, salah satu hidangan di Joglo Pari Sewu [image source]

Sedang rindu masa kecil? Tenang, disini juga tersedia lapak khusus yang menjajakan berbagai jajanan yang sering kamu makan saat masih sekolah dulu seperti snack kenji, permen kaki, hingga permen coklat dengan bungkusnya yang berbentuk kacamata. Nostalgiamu semakin seru ditemani dengan aneka boneka seperti teddy bear berukuran besar yang juga bisa kamu ajak berfoto. Sayup-sayup suara gemericik air dan pepohonan hijau yang bergoyang diterpa angin semakin menambah syahdu suasana. Kafe ini buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Dengan kisaran harga menu mula Rp 5.000,- sampai Rp 27.000,- saja, dijamin nggak bikin kantong kering.

Lokasi : Bromonilan Purwomartani Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Phone: 0813-4790-6126

8. Pizzalicious

Salah satu sudut di kafe Pizzalicious [image source]

Jika kamu mencari kafe dengan sajian aneka pizza yang murah meriah, langsung saja datang ke Pizzalicious yang berada di Jalan Prof. H. Yohanes No. 170, Sagan, Yogyakarta persis di sebelah Bank Panin. Aneka varian pizza yang menggoda seperti cheese mushroom, hawaiian chicken, supremelicious, dan lainnya dibanderol dengan harga Rp 35.000,- hingga Rp 38.000,- saja.

Beberapa menu di Pizzalicious [image source]

Selain itu berbagai sajian Calzone mulai dari mac n’ cheese hingga rendang bisa kamu nikmati mulai dari Rp 18.000,- sampai Rp 26.000,- saja. Buat kamu penggemar dessert, ada gelato beraneka rasa seperti strawberry hingga cadbury dan snickers, yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kafe ini buka setiap hari Minggu sampai Kamis pukul 10.00-22.00 dan Jumat hingga Sabtu jam 11.00-23.00. Segera ajak teman-temanmu kemari, karena kapan lagi bisa makan pizza semurah ini!

Lokasi : Jalan Prof. H. Yohanes No. 170, Sagan, Yogyakarta

Phone: 0878-3877-2777

9. Living Space Cafe

Salah satu sudut di Living Space Cafe [image source]

Beralamat di Jalan Demangan Baru No. 1B atau tepatnya di sebelah barat SMA DeBrito. Living Space Cafe merupakan tempat nongkrong kekinian yang berada di ruang semi terbuka. Dengan meja dan kursi serba kayu serta beberapa tanaman hijau membuat suasana terasa nyaman dan segar. Menu yang disajikan di kafe ini tergolong sederhana dan ramah di kantong, seperti nasi goreng, mie rebus, dan mie goreng dengan rasa kari.

Beberapa menu yang ada di Living Space Cafe [image source]

Selain makanan utama, tersedia juga aneka snack seperti pizza mie meat lover, oreo ice cream fried banana, french fries, dan masih banyak lagi. Minuman mulai dari kopi hingga sop buah bisa kamu nikmati disini. Buka setiap hari mulai pukul 4 sore hingga 12 malam setiap weekday dan sampai pukul 1 pagi saat weekend. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk nongkrong disini karena harga menunya berkisar Rp 3.000,- sampai Rp 20.000,- sudah termasuk fasilitas free WiFi.

Lokasi : Jalan Demangan Baru No. 1B, Yogyakarta

Phone:0858-7022-5108

10. Lazy Park

Salah satu sudut di Lazy Park [image source]

Mencari tempat untuk bermalas-malasan di akhir pekan bersama teman? Datang saja ke Lazy Park di Ringroad Utara no 6, Condong Catur tepatnya di sebelah Barat Hartono Mall. Bertempat di ruangan semi terbuka dengan interior serba kayu dan desain yang unik. Suasananya pun terasa cozy, di beberapa sudut yang tampak menarik cocok dijadikan tempat selfie bersama teman-teman.

Salah satu menu yang ada di Lazy Park [image source]

Lazy Park menyediakan beraneka menu utama yang menggoda selera seperti Chicken Cordon Bleu, LP Chicken Burger, Spaghetti Carbonara, dan masih banyak lainnya. Snack seperti churros, roti panggang, dan pilok alias pisang dicolok turut meramaikan daftar menu yang ditawarkan disini. Lazy Park buka mulai pukul 10 pagi hingga 12 malam. Kisaran harga yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 32.500,- sudah termasuk fasilitas free WiFi.

Lokasi : Ringroad Utara no 6, Condong Catur, Yogyakarta

Phone: 0878-3822-7886

11. Secret Garden Coffe

Secret Garden [image source]

Jogja juga ramah untuk para pasangan yang sedang dimabuk cinta. Coba saja tengak tempat-tempat romantis seperti Secret Garden Coffe. Kamu pasti merasa seperti orang paling bahagia di dunia. Gemerlap lampu dan suasana taman di area cafe ini sungguh menawan. Secret Garden adalah destinasi kuliner Jogja  yang wajib kamu datangi.  Konsepnya outdoor dengan memadukan unsur modern dan klasik.

Secret Garden [image source]

Untuk menu-menunya tentu beragam dan semuanya enak-enak. Contohnya adalah secret coffe, secret garden, secret purple, secret nutella roll dan masih banyak lainnya. Meski interiornya terlihat mentereng, namun harga nggak terlalu bikin dompet kosong.Untuk seporsi nasi goreng keju, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 22 ribu saja, murah bukan?

Lokasi :  Jl. Amri Yahya No. 2, Gampingan, Wirobrajan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta,

Telepon : (0274) 5122522

Ini dia 10 kafe cantik di pelengkap destinasi kuliner Jogja dengan harga bersahabat bagi kantong mahasiswa. Mulai sekarang tak perlu lagi pikir panjang untuk nongkrong bersama teman.

Advertisement
Tags
cafe Indonesia Jajanan kuliner Yogyakarta
Share