Asyik! Perjalanan Cilacap-Jogja Bakal Lebih Cepat Naik Kereta

Advertisement

Traveling di Indonesia makin menyenangkan. Pemerintah sangat agresif dalam memperbaiki sarana transportasi di segala bidang. Upaya pengembangan fasilitas transportasi publik ini juga tengah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia. Dalam waktu dekat, PT KAI akan segera mengoperasikan kereta api premium yang melayani rute Cilacap-Yogyakarta pergi-pulang (PP).

“Semula KA premium tersebut akan diluncurkan pada tanggal 1 September 2017. Namun karena bertepatan dengan hari raya Idul Adha, rencana peluncurannya kami jadwalkan ulang,” ujar Manajer Humas PT KAI DAOP V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko seperti dilansir dari Tempo (10/08/2017). Terhitung sejak tahun 2011 KA Feeder Cilacap-Kroya yang tidak lain adalah sambungan KA Logawa Purwokerto-Jember karena keterbatasan lokomotif. Rangkaian KA yang menggunakan lokomotif hidrolik Jerman pada tahun 1958 tersebut juga dinilai tidak layak jalan.

Kereta Api kelas premium tampak luar [image source]
Kereta Api kelas premium tampak luar [image source]
Setahun setelahnya, KA Maguwo Express dengan rute Purwokerto-Maguwo-Cilacap-Maguwo dioperasikan pada Agustus 2012. Tapi, rute awal Maguwo Ekspress ini tidak berumur panjang. Pada September 2012, rute perjalanan kereta ini dipangkas dan hanya menjadi Purwokerto-Maguwo PP. Sehingga kereta yang mulai beroperasi pada Agustus 2012 ini tidak lagi dapat melayani warga Cilacap yang hendak bepergian ke Yogyakarta.

Stasiun Cilacap [image source]
Stasiun Cilacap [image source]
Terhitung sampai detik ini, stasiun Cilacap hanya memiliki satu kereta penumpang KA Purwojaya rute Cilacap-Purwokerto-Gambir. Ixfan juga menjelaskan dengan adanya KA Premium jurusan Cilacap-Jogjakarta PP dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Cilacap akan transportasi publik yang sempat terhenti beberapa tahun yang lalu. Hingga saat ini, pihak  PT KAI DAOP V Purwokerto belum memberikan nama pasti kereta api premium yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini.

Benteng Pendem Cilacap [image source]
Benteng Pendem Cilacap, salah satu destinasi wisata di Cilacap [image source]
Pihaknya masih menunggu telegram yang masuk dari PT KAI pusat terkait nama dan tarif yang yang melayani daerah yang memiliki banyak wisata pantai di pulau Nusa Kambangan tersebut. Maka dari itu PT KAI Purwokerto mengusulkan nama Nusa Kambangan. Nah saat ini untuk kamu yang akan melakukan perjalanan menuju kota yang memiliki makanan khas bernama Brekecek, tidak perlu bingung lagi. Dalam waktu dekat kamu akan dapat segera menggunakan fasilitas kereta ini.

Advertisement
Tags
Cilacap Indonesia Jawa Tengah Jogja kereta api premium
Share