Jenis-Jenis Tempat Menginap Murah di Korea Selatan, Baca Sebelum Memilih!

Advertisement

Untuk berlibur ke luar negeri, banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari fisik sehat, persyaratan administrasi yang lengkap, hingga memesan tempat menginap sejak jauh-jauh hari. Dalam memilih tempat bermalam, harus disesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Walau Korea Selatan termasuk sebagai negara dengan biaya hidup tinggi, di sini juga tersedia banyak akomodasi murah, lho. Berikut deretan jenis tempat menginap murah di Korea Selatan yang harus Teman Traveler ketahui lebih dahulu. Ada apa saja ya?

Youth Hostel

Youth Hostel
Youth Hostel via Instagram/hicodo_official

Youth hostel adalah jenis tempat menginap murah yang paling mudah dijumpai di berbagai penjuru Korsel. Bangunan dari hostel juga tampak seperi hotel biasa dan dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai mulai dari kafe, tempat untuk internet, dan ruangan yang luas.

Satu ruangan biasa dapat menampung sebanyak 10 orang. Kamar juga tampak bersih dan terawat. Selain itu, di setiap ruangan dilengkapi dengan kamar mandi pribadi yang bisa digunakan bersama-sama. Tarif per malamnya pun bermacam-macam, ada yang berkisar mulai dari Rp300 ribu.

Jimjilbang

Jimjilbang
Jimjilbang via Instagram/soju4two

Jenis tempat menginap murah di Korea Selatan lainnya datang dari Jimjilbang atau yang kerap disapa sauna. Menginap di sauna merupakan hal umum di Korsel. Beberapa jimjilbang yang populer di kalangan wisatawan adalah Siloam dan Dragonhill. Biasanya letak dari jimjilbang sendiri tak jauh dari pusat kota.

Beberapa tempat menginap ada yang menyediakan bunk bed atau selimut serta karpet untuk alas. Fasilitas yang dijumpai pun lengkap mulai dari restoran, loker yang besar, kolam untuk berendam, pusat kebugaran, salon, hingga meeting room. Biayanya pun berkisar mulai dari 6000KRW atau sekitar Rp77.000 per malamnya.

Minbak

Minbak
Minbak via Instagram/tokyo_minpak

Minbak adalah tempat menginap yang lebih murah dari hotel. Biasanya minbak dijalankan oleh keluarga. Menawarkan tempat menginap sederhana, beberapa minbak ada yang tidak menyediakan tempat tidur. Namun, biasanya lantai sudah dilengkapi dengan penghangat. Tamu pun juga dapat menggunakan fasilitas dapur bersama. Minbak juga akomodasi yang tepat untuk Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi menginap dengan suasana rumahan ala Korea. Harga per malamnya berkisar mulai dari Rp130 ribu.

Guest House

Guest House
Guest House via Instagram/mrcommaguesthouse

Hampir sama dengan Minbak, guest house di Korea juga dijalankan oleh keluarga. Terkadang ada beberapa tempat yang menawarkan sarapan bersama, tea time, dan ruang untuk bersosialisasi antar tamu dengan sang pemilik. Biasanya menyediakan tempat menginap yang nyaman dan homey biaya per malam di sini beragam dan berkisar mulai dari Rp250 ribu ke atas.

Beberapa guest house juga ada yang menyediakan private room atau dorm. Letaknya pun berada di distrik populer seperti Hongdae, Myeongdong, dan Insadong.

Yeogwan

Yeogwan
Yeogwan via Instagram/queencara

Jenis lainnya adalah Yeogwan yang juga umum di masyarakat Korsel, Yeogwans mudah ditemukan di mana-mana. Akomodasi ini menyediakan ruangan tanpa tempat tidur. Biasanya digunakan untuk rombongan dan mereka hanya menggunakan matras dengan lantai yang telah dihangatkan. Namun beberapa hal yang harus diperhatikan, bangunan Yeogwan biasanya sudah berusia cukup tua.

Kebersihan dan kenyamanannya pun sangat jauh dari hotel. Jika di guesthouse Teman Traveler harus melakukan pemesanan dan bertemu dengan pemiliknya lebih dulu, hal ini berbanding terbalik dengan Yeogwan karena mereka menerima tamu yang datang kapan saja.

Yeoinsuk

Yeoinsuk
Yeoinsuk via Instagram/flinn.jennifer

Yeoinsuk merupakan jenis tempat menginap yang lebih murah dari Yeogwan. Bedanya, Yeoinsuk biasanya dikelola oleh keluarga dan tamu yang menginap akan tidur di kasur lipat. Selain menyediakan tempat untuk bermalam, beberapa diantaranya juga menawarkan paket makan pagi beserta makan malam, Untuk kisaran biaya per malamnya berkisar mulai dari Rp130 ribu ke atas.

Itulah sekian jenis tempat menginap murah di Korea Selatan. Teman Traveler yang punya budget terbatas nggak perlu bingung lagi untuk mencari tempat bermalam. Sudah memutuskan untuk mencoba yang mana nih?

Advertisement
Tags
Akomodasi akomodasi korea selatan jenis tempat menginap di korea selatan Korea Selatan Luar negeri
Share