Jembatan Gantung Dengan View Sekeren Ini, Hanya Bisa Kamu Temui di Boyolali

Advertisement

Kawasan barat Kabupaten Boyolali memiliki view lain dari pada yang lain utamanya di wilayah kecamatan Selo yang diapit dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Merbabu. Hasilnya topografi desa-desa yang ada di sana lebih mirip dengan kawasan di Selandia Baru maka tidak heran jika sejak zaman Belanda, Boyolali dijuluki sebagai New Zealand van Java. Masih di kecamatan Selo, traveler bisa menemukan jembatan gantung dengan pemandangan paling indah se-Indonesia.

Jembatan Gantung Selo dibangun untuk kepentingan evakuasi warga di lereng Gunung Merapi khususnya warga Dukuh Salaran Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Jembatan ini mulai dibangun pasca erupsi hebat di tahun 2010 dan diikuti banjir lahar dingin yang menghancurkan sejumlah jembatan penghubung desa dan bendungan. Posisi keberadaan jembatan gantung ini relatif aman dari terjangan banjir.

Gunung Merapi dilihat dari Jembatan Gantung, via instagram
Gunung Merapi dilihat dari Jembatan Gantung Salaran, via instagram

Berselang beberapa tahun Jembatan Gantung Selo menjelma bukan hanya sebagai jalur evakuasi namun juga menjadi tempat rekreasi muda mudi. Hal ini didukung oleh konstruksi jembatan yang unik serta dibumbui dengan pemandangan cantik dari dua gunung eksotis yakni Merapi dan Merbabu. Mungkin inilah jembatan gantung dengan view paling keren yang dimiliki Indonesia.

Praktis dari jembatan gantung ini traveler bukan hanya disuguhi dua sosok gunung eksotis dalam diri Merapi dan Merbabu saja. Jika menoleh ke arah barat maka samar-samar terlihat sosok gunung lain yaitu gunung Sindoro dan Sumbing. Di sekitar jembatan ini terlihat pula hamparan kebun sayur milik warga yang makin membuat mata segar memandangnya.

Fungsi utama jembatan ini adalah untuk jalur evakuasi warga yang berada di lereng Merapi, via instagram
Fungsi utama jembatan ini adalah untuk jalur evakuasi warga yang berada di lereng Merapi, via instagram

Setiap hari ada saja traveler yang berkunjung ke jembatan gantung Selo terlebih di akhir pekan jumlahnya bisa meningkat beberapa kali lipat. Warga sekitar menyebut jembatan gantung ini dengan nama Jembatan Gantung Salaran. Ada tiga keuntungan yang diperoleh traveler dengan berkunjung ke sana yaitu melihat pemandangan alam dan lahan pertanian warga serta menikmati udara segar bebas polusi khas daerah pegunungan.

Baca Juga: Walau Boleh Tak Pakai Baju, Tapi Pantai Nudis Juga Punya Aturan yang WOW BANGET

Jembatan Gantung Salaran memiliki view Gunung Merapi yang indah, via instagram
Jembatan Gantung Salaran memiliki view Gunung Merapi yang indah, via instagram

Jembatan Gantung Salaran di Kecamatan Selo ini wajib kamu kunjungi jika bervakansi di Boyolali. Selain view alamnya luar biasa indah, untuk menikmatinya traveler tidak perlu keluar biaya. Hanya ada biaya parkir kendaraan yang dipatok Rp.1 rb per kendaraan. Kamu bisa bersantai dan berfoto-foto dengan latar belakang super keren sepuasnya.

Advertisement
Tags
Boyolali Gunung Indonesia Jawa Tengah Jembatan
Share