Viral Nanfangao Bridge Ambruk, Ini Jembatan di Asia yang Alami Hal Serupa

Advertisement

Kabar duka kini tengah menyelimuti kawasan Taiwan. Ini dikarenakan Nanfangao Bridge yang merupakan jembatan ikonik di Taiwan mengalami keruntuhan. Hal ini pun disambut tangisan sedih oleh semua orang di dunia karena kejadian tersebut menelan banyak korban.

Namun, peristiwa semacam itu pernah terjadi di beberapa tempat dengan alasan yang berbeda-beda. Inilah jembatan yang dimaksud dan beberapa di antaranya ada di Indonesia. 

Nanfangao Bridge 

nanfangao bridge
Nanfangao Bridge via instagram/tbdsocialmedia

Peristiwa ambruknya jembatan yang tengah jadi perbincangan akhir-akhir ini adalah Nanfangao Bridge. Akibat kejadian tersebut, banyak korban yang terluka hingga meninggal dunia.

Bahkan, dikabarkan oleh CNN Indonesia, bahwa ada tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korbannya. Namun sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab dari runtuhnya jembatan tersebut. Semua masih fokus dengan penyelamatan para korban. 

Jembatan Kuning “Ponulele” 

nanfangao bridge
Jembatan Kuning via instagram/muslihmuse

Teman Traveler tentu masih ingat dengan peristiwa tsunami yang terjadi pada September 2018 lalu. Ternyata, bencana tersebut telah merusak Jembatan Kuning “Ponulele” yang menjadi ikon dari Kota Palu. Kondisi jembatan sudah tak berbentuk dan tiang-tiang penyangga yang awalnya kokoh, kini terlihat hancur. Tapi, pemerintah setempat sekarang berusaha untuk membangun kembali jembatan tersebut. 

Kolkata Bridge  

Kolkata Bridge via instagram/thewisegender

Di India juga pernah mengalami kejadian jembatan runtuh. Tepatnya pada tahun 2016 lalu yang mengakibatkan banyak korban. Mulai dari orang terluka, fasilitas rusak, kendaraan ringsek sampai banyak masyarakat yang meninggal dunia. Dari kejadian Kolkata Bridge runtuh ini, para polisi setempat menangkap 5 pejabat perusahaan konstruksi yang membangun jembatan tersebut. 

Jembatan Widang-Babat 

Jembatan Widang – Babat via instagram/aguscwid 

Ada lagi peristiwa jembatan ambruk yang terjadi di Indonesia. Adalah robohnya Jembatan Widang – Babat yang menghubungkan Kabupaten Tuban dan Lamongan.

Kecelakaan ini disebabkan adanya tiga truk yang melewati jembatan tersebut. Nah, karena ada satu truk yang ingin menyalip, jembatan pun patah dan menjatuhkan semua kendaraan yang sedang berada di atasnya. Tidak ada korban meninggal dunia pada peristiwa yang terjadi pada tahun 2018 ini. Tapi, hampir semuanya mengalami luka ringan sampai parah. 

Itulah kejadian-kejadian jembatan ambruk yang ada di Asia. Runtuhnya jembatan memiliki penyebab masing-masing, mulai dari hantaman tsunami hingga keberatan beban. Nah, untuk peristiwa Nanfangao Bridge kita doakan saja semoga korban tidak bertambah banyak dan cepat terungkap alasan di balik keruntuhan jembatan. 

Advertisement
Tags
China India Indonesia Jawa Timur kabupaten tuban Kolkata nanfangao bridge news Palu Sulawesi Tengah Taiwan
Share