Jalan ABC, Surganya Bangunan Tua dan Barang Kuno di Bandung

Advertisement

Kota Bandung mempunyai beberapa kawasan tempo dulu di sejumlah sudutnya. Salah satunya Jalan ABC yang merupakan gudang dari segala barang-barang kuno. Uniknyta lagi, kalian di sana juga akan menemukan beberapa bangunan yang sudah ada sejak tahun 1910. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Jalan ABC

Jalan ABC
Panorama jalanan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Jalan ABC sejak tahun 1892 dikenal dengan nama ABC Straat dan sudah dipetakan dalam Map of Bandoeng: The Mountain City of Netherland India. Jalan ini merupakan tempat bermukimnya 3 etnis utama yaitu Arabieren (A), Boemipoetra (B) dan Chinezen (C). Oleh karenanya, kawasan ini diberi nama ABC.

Populer dengan Lokasi Penjualan Barang Antik

jalan abc
Suasana jalan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Jalan ini dikenal dengan aktivitas jual beli barang-barang elektronik dengan harga murah. Kemudian menjadi salah satu pusat penjualan dan service jam tangan/dinding, kacamata prelove serta kamera analog di Kota Bandung. Tak hanya itu, di sini kalian juga bisa menemukan pedagang street food di sisi jalan, aktivitas musisi jalanan, hingga becak yang kerap lalu lalang menjadi identitas utama jalan ABC.

Berburu Jam Tangan Prelove dengan Harga Murah

jalan abc
Beragam jam tangan ayng dijual (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Berkunjung ke jalan ini, Teman Traveler akan menemukan banyak pedagang jam tangan vintage dan prelove branded yang tersebar di sepanjang sisi jalan. Kebanyakan para penjual jam tangan ini sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Tidak hanya berjualan, beberapa gerai etalase kaca di sisi jalan ini juga menerima jasa service jam tangan. Ongkos jasa perbaikan bergantung pada tingkat kerusakan.

Bisa Berburu Kacamata Prelove

kolase_service_kacamata_dan_jual_branded_xiM.jpg
Beragam kacamata yang dijual (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selain jam tangan, Teman Traveler juga akan menemukan pedagang kacamata. Bila sedang beruntung, model kacamata unik dan ikonik yang pernah menjadi trend di tahun tertentu dapat kita temukan.

Di sini, kalian juga bisa membawa kacamata yang sudah dalam kondisi rusak, karena beberapa gerai di sisi jalan ini juga melayani jasa perbaikan kacamata. Mulai dari ganti frame, penyangga hingga kaca.

Surganya Kamera Analog

kolase_kamera_analog_K3S.jpg
Kamera analog (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selain jam tangan dan kacamata, Jalan ABC juga menjadi salah satu destinasi untuk para penggemar fotografi analog. Ini dikarenakan sejumlah gerai di Jalan ABC juga menjual kamera analog dari berbagai merk. Bahkan, lensa-lensa kamera yang sudah jarang ditemukan, akan kalian dapatkan di sana.

Jadi, kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke Jalan ABC. Tak harus membeli, kalian bisa melihat-lihat bangunan tua yang berjajar di jalanan tersebut. Aktivitas tersebut juga akan semakin menarik apabila ditambah dengan memotret segala kegiatan yang ada di sana.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jalan ABC Jawa Barat kontributor Wisata
Share