Jajanan Pinggir Jalan di Palembang, dari Tradisional Sampai Kekinian

Advertisement

Jembatan Ampera sebagai ikon terbesar Kota Palembang, magnet kuat bagi para wisatawan untuk berkunjung. Namun, ikon besar tersebut tidak lengkap tanpa kulineran. Iya, kan? Nah! Kalau Teman Traveler memilih jalan kaki untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sini, ada beragam jajanan pinggir jalan di Palembang yang dicoba lho. Lumayan untuk ganjal sebelum kenyang dengan Pempek dan teman-temannya. Apa saja memangnya? Yakin mau tahu? Nanti ngiler.

 

1. Kue Gandus

Kue Gandus yang Gurih Karena Santan dan Ebi
Kue Gandus yang Gurih Karena Santan dan Ebi via Instagram/sorayaanzela

Jajanan pinggir jalan di Palembang yang khas ini, biasanya banyak dijual saat Bulan Ramadan. Ia dipilih sebagai hidangan berbuka sebab cukup ringan sehingga tidak terlalu mengenyangkan. Kue tradisional berwarna putih ini terbuat dari tepung beras, santan dan pandan. Bagian atasnya diberi taburan ebi, cabai atau potongan seledri. Kue Gandus berbentuk seperti mangkuk, ukurannya kecil-kecil, pas untuk satu hingga dua kali gigit. Gurih dan nagih!

2. Lenggang

Terbayang Sudah Gurihnya Lenggang
Terbayang Sudah Gurihnya Lenggang via Instagram/noelkelen

Lenggang merupakan salah satu varian Pempek Palembang yang diolah dengan cara dibakar. Dicampur dengan telur dan dibungkus dalam daun pisang yang dibentuk seperti wadah, aroma Lenggang saat dipanggang tercium di jalan-jalan Palembang. Jajanan pinggir jalan di Palembang satu ini lebih nikmat saat dikonsumsi dengan saus cuko.

3. Ragit Jala

Ragit Jala yang Semakin Lezat Disajikan dengan Saus Kari
Ragit Jala yang Semakin Lezat Disajikan dengan Saus Kari via Instagram/dianssaaa

Ragit Jala, mirip dengan Roti Cane. Bentuk kudapan ini cukup unik sebab berbentuk seperti jala, berjaring-jaring. Untuk menikmati Ragit Jalan, Teman Traveler harus mencelupkannya atau mencampurnya dengan kuah kari. Bahan utama salah satu jajanan pinggir jalan di Palembang ini adalah tepung terigu, telur, minyak goreng, garam dan air. Meski sederhana, rasanya tidak. Terutama karena kuah kari yang mendampinginya.

4. Sate Cumi Sosis

Sate Cumi Sosis yang Patut Dicoba
Sate Cumi Sosis yang Patut Dicoba via Instagram/houseofmerich

Jajanan pinggir jalan Kota Palembang yang satu ini terinspirasi dari jajanan seafood yang ada di Thailand. Saat ini, Sate Cumi Sosis cukup hits di kalangan “Wong Kito” terutama generasi mudanya. Dalam seporsi sate, Teman Traveler akan mendapatkan cumi dan sosis sekaligus. Sosis diiris seukuran dua ruas jari, kemudian dimasukkan ke cumi yang juga sudah diiris lebih dulu. Setelah itu, sate dipanggang dengan bumbu khas.

5. Mangga Cantik

Segarnya Mangga Cantik Pas untuk Cuaca Panas
Segarnya Mangga Cantik Pas untuk Cuaca Panas via Instagram/palembangricek

Khusus Teman Traveler yang suka sekali dengan makanan manis, Macan atau Mangga Cantik juga bisa dicoba lho. Camilan ini bisa didapatkan di salah satu kedai jajanan kekinian di Kota Palembang. Tampilan Mangga Cantik ini memang benar-benar cantik. Buah berwarna kuning diiris sedemikian rupa, membentuk seperti bunga. Bagian atasnya biasa diberi buah strawberry atau es krim. Segar!

Sudah mulai ngiler? Jajanan pinggir jalan di Palembang jelas tidak kalah enak dengan yang ada di Thailand, ya. Sempatkan untuk mencobanya ya. Kapan nih mau ke Palembang?

Advertisement
Tags
Indonesia jajanan pinggir jalan kota palembang kuliner Palembang Sumatera Selatan
Share