Tol Macet Parah! PT KAI Tambah Jadwal Kereta Jakarta – Bandung

Advertisement

Jakarta dan Bandung sebenarnya tidak terpaut begitu jauh, dengan mobil bisa ditempuh selama 3,5 jam melalui tol. Namun nyatanya, banyak hal terutama proyek pembangunan membuat masyarakat mengeluh karena akses dari Ibukota ke Bandung jadi semakin lama karena macet. Bahkan bisa mencapai 6 jam, sama seperti jarak ke Pekalongan, Jawa Tengah.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) segera menyikapi masalah tersebut dengan menambah jadwal kereta Jakarta-Bandung. Dilansir dari tempo.co (8/8/2017) Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi II Bandung yaitu Joni Martinus mengatakan bahwa ada perubahan moda angkutan masyarakat ke kereta api karena lebih tepat waktu. “Sehingga berpengaruh pada perubahan moda angkutan masyarakat yang tadinya dari jalan raya menuju kereta api karena jaminan ketepatan waktunya,” kata Joni.

Kemacetan yang tak bisa dihindari [image source]
Kereta yang ditambah jam opersionalnya adalah Argo Parahyangan untuk rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya. “Kalau reaksinya positif, kemungkinan besar diperpanjang atau dipermanenkan,” tambah Joni. Pemberlakuannya dimulai tanggal 8 Agustus 2017.

Stasiun Padalarang Bandung [image source]
Gerbong yang digunakan termasuk yang premium. Meski begitu, penumpang tetap bisa menaikinya dengan tiket ekonomi seharga Rp80.000-Rp90.000. Jadi, akan ada fasilitas kelas eksekutif yang bisa kamu dapatkan saat menggunakannya.

Indahnya pemandangan yang dilalui kereta api Argo Parahyangan [image source]
Secara rinci ada 3 penambahan jadwal Kereta Argo Parahyangan Bandung-Jakarta. Dua di antaranya setiap hari yaitu pukul 04.00 WIB dan 14.05 WIB. Sedangkan satunya di awal pekan pukul 07.35. Untuk Jakarta ke Bandung ditambah 2 jadwal setiap harinya yaitu keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB dan 07.45 WIB.

Dengan jadwal yang banyak, maka para penumpang bisa melakukan perjalanan dengan Kereta Argo dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya hampir satu jam sekali. Daripada berlama-lama di jalan, tentu kereta api bisa diandalkan.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jakarta Jawa Barat Kereta api
Share