Mudik Idul Adha Sambil Traveling Tipis-tipis, Naik Kereta Api Saja!

Advertisement

Liburan sudah di depan mata, nih. Selain lebaran, Idul Adha juga merupakan hari raya umat muslim yang ingin dilewati bersama keluarga. Waktunya mudik lagi, deh. Bagi yang tak pulang kampung, ini adalah kesempatan untuk liburan karena long weekend terakhir yang ada di tahun 2017. Rugi banget kalau sampai tak kemana-kemana. Tak perlu khawatir kalau sudah kehabisan tiket pesawat. Kenapa tak naik kereta api saja?

Dilansir dari travel.kompas, penumpang kereta api meningkat tajam untuk pemesanan saat Idul Adha. Namun, jangan takut tak kebagian, karena PT Kereta Api menyiapkan lebih dari 7000 bangku tambahan. Penambahan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan sarana transportasi kereta api jelang libur panjang saat Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017.

Mudik dengan kereta api
Mudik dengan kereta api [image source]
Sekitar 7.444 tempat duduk dalam 15 gerbong tambahan ini akan diberangkatkan mulai tanggal 30 Agustus hingga 5 September 2017. Penambahan tersebut terdiri dari 12 kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan 3 kereta api yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Semua kereta api tambahan tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain: dua kereta api tujuan Solo, dua kereta api tujuan Yogyakarta, lima kereta api tujuan Bandung, satu kereta api tujuan Surabaya, serta lima kereta api tujuan Cirebon.

Pramugari di kereta api
Pramugari di kereta api [image source]
Gerbong-gerbong tambahan di antaranya ada KA Argo Lawu Fakultatif yang berangkat dari Gambir ke Solo Balapan berangkat pukul 21.55 dan tiba pukul 05.55 WIB. Disediakan persediaan kursi sebanyak 400 lagi. Dengan jurusan ini ada lagi KA Argo Dwipangga Fakultatif dengan jadwal berangkat lebih pagi, yaitu pukul 10 pagi. Sedang untuk tujuan Cirebon dari Gambir, ada 440 tambahan akan ada di kereta api Cirebon Express Fakultatif  dan di Argo Jati ada 300 bangku.

Kereta api
Kereta api [image source]
Tujuan Bandung, tempat duduk tambahan bisa dinikmati di Kereta Api Argo Parahyangan Premium dan tambahan dengan jadwal berangkat sore dan tengah malam. Ada lebih dari 500 tempat duduk tambahan di masing-masing kereta. Jangan takut kehabisan. Sedang tujuan Bandung dari Stasiun Senen, disediakan KA Fajar Utama Cirebon yang berangkat 05.45 WIB dan tiba pukul 08.45 WIB, menyediakan 512 kursi.  Nah, kalau begini kamu pasti kebagian dan jadi liburan, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia info terbaru jadwal kereta api long weekend idul adha
Share