Serba Praktis dan Canggih, Korea Selatan Jadi Impian Para Traveler

Advertisement

Perkembangan teknologi di Korea Selatan memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari smartphone, alat-alat elektronik, hingga mobil tanpa awak. Yang lebih hebat lagi, kecanggihan teknologi ini tidak hanya diaplikasikan pada gadget dan barang-barang elektronik saja. Korea Selatan sering sekali selangkah lebih maju dari negara lainnya. Bahkan ibukotanya, Seoul, mendapatkan julukan ‘City Of Tomorrow’. Penasaran apa inovasi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Ini dia jawabannya!

1. Tak lagi membutuhkan saklar untuk menyalakan lampu. Dengan teknologi photocell atau sensor khusus yang terhubung dengan lampu, maka lampu akan menyala jika ada orang di dalam ruangan dan otomatis mati jika tidak dibutuhkan. Sensor ini dipasang di dekat pintu pada gedung atau apartemen, dan di tempat-tempat yang dibutuhkan. 

Ilustrasi lampu [image source]
Ilustrasi lampu [image source]
2. Sering melihat trolley yang berserakan di lapangan parkir ketika pergi ke supermarket? Pemandangan seperti itu tidak akan kamu temukan di Korea Selatan. Kamu harus memasukkan 100 won atau Rp1.180 untuk mendapatkan trolly yang kamu inginkan. Dan uangmu akan kembali ketika kamu mengembalikan ke temoat semula. Cerdas banget ya idenya!

Troli yang sering ditinggalkan pada lapangan parkir [image source]
Troli yang sering ditinggalkan pada lapangan parkir [image source]
3. Jika di Indonesia Wi-Fi belum dapat benar-benar dikatakan sebagai fasilitas publik, di Korea Selatan Wi-Fi dapat digunakan siapa saja dan dimana saja. Jaringan internetnya juga nggak ilang-ilang, karena tiang-tiang Wi-Fi tersebar di seluruh penjuru kota. Seru kan?

wi-fi untuk semua masyarakat [image source]
wi-fi untuk semua masyarakat [image source]
4. Membawa payung basah ke dalam kantor atau supermarket kadang bikin males kan? Hal ini tidak akan kamu temukan di Korea Selatan. Banyak tempat di Korea Selatan yang menyediakan sebuah dispenser yang berisi plastik. Sehingga ketika hujan tiba, pengguna payung dapat mengambil plastik tersebut untuk membungkus payungnya yang basah.

Alat penyedia plastik untuk payung basah [image source]
Alat penyedia plastik untuk payung basah [image source]
5. Pernah bertanya-tanya kenapa di beberapa sudut stasiun Korea Selatan kamu akan menemukan poster yang berpenampilan seperti display barang di swalayan? Jangan salah, ini bukan poster, tapi ini adalah sebuah tampilan untuk sebuah toko virtual. Jika ingin berbelanja, pembeli bisa langusng melakukan scan QR codes di dekat gambar produk yang ingin ditampilkan. Cocok banget ya untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Virtual store [image source]
Virtual store [image source]
6. Kebanyakan rumah atau apartemen yang berada di Korea Selatan tidak lagi menggunakan kunci untuk keamanan rumah. Tapi saat ini hampir semua rumah di Korea Selatan menggunakan kunci digital yang bisa diakses dengan memasukan password. Apabila kamu sering kali lupa menaruh kunci dan malas sekali membawa kunci, sepertinya ini adalah jawaban terbaik untuk kamu.

Kunci pintu digital [image source]
Kunci pintu digital [image source]
7. Kebanyakan kafe atau restoran di Korea Selatan tidak menyediakan banyak waiter dalam jumlah banyak seperti di Indonesia. Karena pelanggan telah bisa melakukan self service untuk pemesanan. Pelanggan akan mendapatkan alat pemesanan digital. Setelah melakukan pembayaran dan lampu dari alat ini akan menyala apabila pesanan telah selesai.

teknologi restaurant Self service [image source]
teknologi restaurant Self service [image source]
8. Benda ini juga merupakan hal umum yang akan banyak kamu temukan di Korea Selatan. Karena banyak kafe ataupun restoran yang mengadopsi metode self service. Tempat penyimpanan ini dilengkapi dengan sinar ultra violet untuk menjaga agar semua yang disimpan pada tempat ini tetap steril dan higienis.

Salah satu contoh alat penyeteril [image source]
Salah satu contoh alat penyeteril [image source]
Seru banget ya hidup di Korea Selatan. Semuanya serba canggih dan serba digital. Jangan sampai gaptek ya ketika memesan makanan!

Advertisement
Tags
inovasi Korea Korea Selatan
Share