Berada di Ujung Indonesia, Ini Aktivitas Seru Saat di Pulau Weh

Advertisement

Membentang dari Sabang sampai ke Merauke, Indonesia dianugerahi pesona alam yang luar biasa indah. Bahkan, keindahan negeri ini sudah diakui oleh dunia internasional. Tak heran jika banyak turis asing yang rela merogoh kocek dalam untuk bisa datang dan menikmati keindahan alam Indonesia. Nah, salah satu destinasi wisata yang lagi jadi perbincangan hangat para traveler adalah Pulau Weh.

Perlu Anda tahu bahwa Weh adalah sebuah pulau vulkanik kecil yang berada di ujung Barat Indonesia. Pulau tersebut tepatnya berada di barat laut Pulau Sumatra. Nah, daya tarik dari pulau ini sebenarnya terletak pada ekosistemnya. Itulah kenapa pemerintah kemudian menetapkan Pulau Weh sebagai suaka alam. Di pulau ini, Anda bisa menemukan habitat katak langka dengan status terancam punah, yakni Bufo valhallae (genus Bufo).

Ditambah lagi, para traveler bisa menikmati pesona bawah laut Pulau Weh yang sangat menakjubkan. Apalagi pantai-pantai di Weh masih “perawan” alias masih jarang terjamah manusia. Tentunya, itu akan membuat momen traveling Anda semakin menyenangkan. Dan berikut kami sajikan beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pulau Weh. Yuk simak selengkapnya!

1. Mengunjungi Pantai Anoi Itam

Pulau Weh terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan berpasir putih. Sementara Pantai Anoi Itam berbeda dari yang lain, karena pantai ini satu-satunya yang berpasir hitam. Arti Anoi Itam sendiri memang pasir hitam. Untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda bisa mencoba jalan-jalan dengan bertelanjang kaki di sepanjang garis pantai. Selain bisa merelaksasi tubuh dan pikiran, Anda juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan Gunung Seulawah yang menjulang di daratan Aceh.

Mengunjungi Pantai Anoi Itam [via Instagram]
Mengunjungi Pantai Anoi Itam [via Instagram]

Untuk rute menuju Pantai Anoi Itam, naiklah kapal fery dari Aceh ke Pulau Weh. Perjalanan itu akan memakan waktu sekitar 50 menit. Pantai ini terletak sekitar 15 menit dari Kota Sabang. Jadi, Anda bisa menjangkaunya dengan melewati rute sisi timur. Jalur itu juga akan membawa Anda melalui Pantai Sumur Tiga. Bila Anda ingin berhenti dulu di Pantai Sumur Tiga, itu juga ide yang oke lho.

2. Menikmati Keindahan Pulau Iboih

Pulau Weh memiliki sekitar 20 lokasi penyelaman, dan tentunya kehidupan bawah lautnya sangat spektakuler. Salah satu spot yang paling keren ada di Iboih. Di pulau itu, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dari atas dengan naik perahu milik penduduk setempat. Sebaiknya pilih perahu besar karena umumnya dilengkapi jendela kaca yang menghadap ke dasar laut.

Menikmati Keindahan Pulau Iboih [via Instagram]
Menikmati Keindahan Pulau Iboih [via Instagram]

Tentu saja, itu bukan cara paling afdol untuk menikmati keindahan surga laut Iboih. Anda lebih disarankan untuk mencoba snorkeling atau diving. Alat snorkling bisa disewa dengan harga cukup miring, yakni Rp 40.000 per orang. Pesona alam Iboih juga cukup terkenal di kalangan turis asing lho. Bahkan, banyak turis asing yang tinggal di sekitar pantai ini selama berminggu-minggu saat musim liburan.

3. Mengikuti Tur Sepeda

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan saat mampir di Pulau Weh adalah mengikuti tur sepeda. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Anda bisa mengikuti tur sepeda yang menawarkan hadiah menarik sembari menikmati pesona alam Sabang yang tak ada duanya. Usut punya usut, Pulau Weh Bike 2015 sendiri memang merupakan program tahunan Disbudpar Aceh dalam rangka memperkenalkan wisata adventure melalui sepeda.

Mengikuti Tur Sepeda [via Instagram]
Mengikuti Tur Sepeda [via Instagram]

Aktivitas seru itu kabarnya sudah tiga kali dilaksanakan lho. Sebelumnya, tur sepeda itu digelar di Banda Aceh dan Takengon, Aceh Tengah. Peserta tur sepeda ini juga datang dari berbagai penjuru Indonesia, khususnya Provinsi Sumatra Utara dan Aceh. Namun, beberapa peserta dari negara tetangga juga diketahui ikut ambil bagian dalam tur tersebut.

4. Menjelajahi Pesona Pantai Gapang

Selain Iboih, rumah karang di Pantai Gapang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Di sana, Anda bisa menjumpai spesies-spesies langka seperti Frog Fish, Star Gazers dan Gurnards. Anda juga bisa menemukan Mantas, hiu paus dan Mola Mola, dan mencoba memberi makan mereka.  Namun, kegiatan itu juga hanya bisa dilakukan pada musim tertentu, maka sebaiknya cari informasi terlebih dulu tentang kapan waktu terbaik untuk melakukannya.

Menjelajahi Pesona Pantai Gapang [via Instagram]
Menjelajahi Pesona Pantai Gapang [via Instagram]

Nama pantai ini memang cukup menarik. Usut punya usut, nama Pantai Gapang berasal dari nama pohon yang banyak tumbuh di sekitar pantai ini, yaitu pohon Gapang. Dibanding Pantai Iboih, Gapang punya ombak yang lebih keras sebab langsung berhadapan dengan laut lepas. Ini tentunya berbeda dengan Pantai Iboih yang letaknya terhalang Pulau Rubiah. Untuk menikmati pesona alam Pantai Gapang, Anda bisa menginap di resort-resort yang tersebar di sekitar pantai. Biasanya, banyak turis asing asal Eropa yang tinggal di resort sekitar Pantai Gapang.

5. Taman Laut Pulau Rubiah

Ingin melepas penat dengan menginap di tempat yang damai dan indah? Pulau Rubiah adalah jawabannya. Di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai Rubiah yang masih “perawan” dan belum banyak terjamah manusia. Fasilitas di pulau ini juga terbilang cukup minim. Bahkan, hanya ada satu warung makan kecil yang buka di pulau ini. Warung itu hanya buka pada pagi hingga malam hari saja.

Taman Laut Pulau Rubiah [via Instagram]
Taman Laut Pulau Rubiah [via Instagram]

Meski begitu, Anda tetap bisa menyewa peralatan selam yang bisa dipakai untuk menjelajahi keindahan taman laut Rubiah. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Rubiah untuk waktu yang lebih lama, cobalah menginap di cottage atau penginapan di sekitar Pulau Rubiah. Harganya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 80.000 sampai Rp 200.000. Jika Anda menginap untuk waktu yang lama, harganya akan jadi lebih murah. Biasanya, spot wisata ini dipadati turis Eropa yang memilih untuk tinggal lama di sekitar pantai.

Pulau Weh memang asyik untuk dijadikan tujuan wisata buat Anda yang suka mantai dan menyelam. Jadi, nggak perlu ragu lagi untuk berlibur ke pulau indah ini.

Advertisement
Tags
Aceh Indonesia pantai Pulau Weh
Share