Picu Adrenalin, Jembatan Gantung Girpasang Klaten Bikin Deg Deg an

Advertisement

Klaten bakal memiliki wisata baru yang super keren. Meski obyek wisata dengan tujuan dikhususkan untuk warga, namun bakal banyak muda mudi yang ingin mencoba dan merasakan sensasinya. Meski belum rampung namun sorotan dari kaum traveler sudah mengincar sejak dibangunnya Jembatan gantung ini. Jembatan ini dengan nama Girpasang tepat di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Sekarang statusnya sudah memasuki tahap finishing. Jembatan itu dibangun untuk memudahkan mobilitas warga Girpasang dan bisa memangkas waktu tempuh mereka yang selama ini melintasi jalan setapak di tepian jurang.

Tampilan jemabatan Gantung Girpasang yang epik. Foto via solopos.com

Lokasinya yang sungguh mengerikan yaitu disisahkan dengan jurang yang dalam sehingga jembatan ini bakal terkesan eksotis. Melewati jembatan ini juga bukan hal yang mudah, terutama bagi yang takut ketinggian menjadi suatu hal seperti uji nyali. Namun tak perlu khawatir akan kekuatannya, jembatan memakan biaya 5,89 miliyar ini berjarak sekitar 5 km dari puncak Gunung Merapi menjadikan view latar belakang yang sangat indah.

Jembatan gantung Girpasang terbentang di atas jurang yang memisahkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin. Jembatan ini mulai dibangun pada Agustus 2021. Jembatan gantung itu membentang sepanjang 120 meter dan berada di ketinggian sekitar 150 meter dari dasar jurang. Lebar jembatan ini 1,8 meter dengan tinggi pagar dilengkapi jaring hampir 2 meter. Tower penahan beban atau pylon jembatan tingginya 12 meter.

Gondola menjadi sajian utama warga saat awal mula sebelum jembatan gantung Girpasang dibangun. Foto via solopos.com

Sebelum terbangunnya jembatan ini, memang tersedianya gondola yang menantang maut hingga tersedianya 1001 anak tangga menjadi akses utama yang wajib dituruni oleh warga yang ingin menyeberang jurang. Mereka harus menuruni dan menyusuri sungai Pakis dengan jarak yang jauh hingga menantang maut hingga warga berada dibibir jurang seberang. Namun adanya bangunan jembatan gantung ini, impian banyak warga selama puluhan taun terbayar lunas. Kemudahan dan persingkat waktu tepuh menuju seberang lebih efisien.

Warga tampak senang saat meliwati jembatan gantung girpasang. Foto via solopos.com

Jembatan dengan kapasitas 30 ton ini akan dibuka tepat di awal Januari 2022. Nantinya bakal dibuat peraturan pemakaian jembatan sesuai dengan peraturan daerah setempat karena jembatan ini lebih tepatnya dikhususkan bagi warga Girpasang. Sesuai kapasitasnya jembatan gantung ini dapat menopang beban maksimal 40 orang dalam keadaan berhenti di jembatan.

Advertisement
Tags
Akses Warga jembatan gantung Warga Girpasang Wisata Alam Klaten
Share