Viralnya Kuliner Kekinian Ice Smoke, Namun Waspadai Akan Bahayanya

Advertisement

Kuliner modern memang terkesan unik dan sangat menjual. Seperti hanya ice smoke, jajanan unik ini disajikan dengan kepulan asap yang dingin. Pastinya membuat anak kecil semakin penasaran dan ingin menikmatinya. Kuliner ini sangat sederhana, hanya sebiah ciki warna warni yang disemprot nitrogen cair sehingga menimbulkan kepulan asap. Keunikan inilah membuat jajanan ini ramai dikalangan masyarakat Indonesia.

Jajanan kekinian masa kini yang disiram dengan cairan nitrogen menimbulkan kepulan asap yang keren. Foto via ladiestory.com

Harganya pun murah meriah, cukup Rp. 15.000 saja kamu sudah bisa makan ciki sambil merasakan sensasi kepulan asap yang dingin. Diberbagai tempat kota besar ada juga lho yang menjual dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per porsi. Warna ciki yang begitu menggoda dan efek nitrogen cair membuat siapa saja bakal penasaran dibuatnya. Namun, tahukah traveler bahwa jajanan yang satu ini berisiko tinggi membahayakan kesehatan tubuh kamu jika mengonsumsinya.

Tidak lama juga jajanan ini menyebabkan seorang anak mengalami luka bakar. Bahaya mengonsumsi jajanan Ice Smoke ini dialami seorang bocah di Jawa Timur. Bocah lima tahun asal Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini menderita luka bakar di sekujur tubuhnya. Kejadian itu dialami usai dirinya membeli jajanan yang diberi nitrogen cair saat melihat pertunjukan Reog. Dilansir dari Detiknews.com (12/7/22).

Luka bakar akibat ice smoke yang diderita bocah dari Ponorogo Jawatimur. Foto via pikiranrakyat.com

Sebenarnya nitrogen cair tidak bisa menyebabkan kebakaran secara tiba tiba tanpa ada pemicu bahan kimia lainnya. Nitrogen cair ini memiliki titik didih -196 derajat selsius yang ridak bewarna dan berbau. Kelebihan dari nitrogen ini mampu memblock atau meredukai oksigen, kata Budiman, ahli toksikologi Universitas Indonesia.

Di sampaikan Budiawan, salah satu prinsip terjadinya api adalah harus ada bahan kimia yang mudah terbakar, dan ketersediaan oksigen (O2) yang cukup diudara, serta harus ada pemicu api tersebut seperti percikan listrik, api rokok dan sebagainya.

Salah satu efek dari nitrogen cair adalah frostbite yang kerap dialami oleh para penjual ice smoke. Foto via detik.com

Efek negatif lainnya dari nitrogen ini sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh. Konsumsi nitrogen cair bisa menyebabkan cold burn atau frostbite dalam artian sengatan kulit dengan es yang dingin. Kasus mengerikan bisa juga menyebabkan kerusakan organ internal. Nitrogen cair dalam suhu rendah sangat berefek merusak jaringan tubuh. Dinginnya nitrogen ini bahkan lebih rendah dari es beku yang bersuhu dibawah nol derajat selsius.

Jika nitrogen tertelan, dan melewati organ tenggorokan, lambung, dan usus akan menyebabkan jaringan organ tersebut membeku dan akan terasa sangat menyakitkan. Hal terburuk lainnya adalah organ jaringan yang telah mati.

Advertisement
Tags
info terbaru kesehatan Kuliner Kekinian
Share